Monday, December 21, 2015

KISI KISI SOAL IPA BIOLOGI KELAS 7

SOAL MID SEMESTER 1 IPA BIOLOGI FISIKA KELAS 7

MATERI
INDIKATOR
NO SOAL
1
2
3
Gejala alam biotik dan abiotik (kerja Ilmiah)
Siswa dapat  membedakan gejala alam biotik  dan aboitik
1

Mikroskop
Siswa dapat menyebutkan  jenis  mikroskop  berdasarkan  ciri-cirinya
2


Siswa dapat menyebutkan  fungsi  dari  bagian  mikroskop
3

Siswa  dapat   menyebutkan  bagian  optic  mikroskop
4

Siswa dapat menentukan perbesaran yang digunakan jika ditentukan perbesaran lensa okuler dan perbesaran lensa objektif
5

Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat ditinjau dari  daya  tahan  preparat
6

Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat ditinjau dari cara pembuatan preparat
7
Keselamatan kerja
Siswa dapat  menyebutkan  fungsi alat  yang terdapat  di  laboratorium
8

Siswa dapat menjelaskan makna  simbol-simbol dalam bahan kimia dalam laboratorium berdasarkan gambar yang disajikan
9

Siswa dapat  menyebutkan  nama  bahan  kimia  berdasarkan
Ciri-ciri  yang  disebutkan 
10

Siswa dapat menyebutkan  alat  pemadam  yang tepat  sesuai  jenis  kebakarannya
11

Siswa dapat menjelaskan  pengertian  unsur  

12

Siswa dapat memberikan  contoh  unsur  non  logam

13

Siswa dapat memberikan  contoh  molekul  unsur

14

Di sajikan  suatu  senyawa  siswa  dapat  menghitung jumlah atom  yang  terdapat  dalam  senyawa  tersebut
15
Unsur senyawa dan campuran
Siswa dapat  menjelaskan  pengertian  campuran  homogen
16

Siswa dapat membedakan  pelarut  dan  zat  terlarut
17

Siswa dapat  memberikan   contoh  koloid
18

Siswa dapat  memberikan  contoh  campuran  heterogen
19

Siswa dapat menuliskan  rumus  senyawa  yang sering digunakan  dalam  kehidupan sehari-hari
20
Bahan  -bahan  kimia  yang  sering  digunakan
Siswa  dapat  menyebutkan  nama  bahan  kimia  yang  sering  digunakan  di  laboratorium  berdasarkan ciri-ciri dan fungsinya
1
Gejala  alam  biotik dan abiotik
Siswa  dapat  menyebutkan  gejala  alam  sesuai  data  yang diberikan
2
Simbolkeselamatan  kerja dan cara memperlakukanya
Siswa  dapat  menjelaskan  cara  memperlakukan  bahan  kimia  tertentu  sesuai jenisnya
3
Unsur  logam  dan  nonlogam
Siswa  dapat  menjelaskan nama unsur  antara  unsur  logam dan  non logam
4

Siswa  dapat  menyebutkan  unsure logam dan nonlogam berdasar ciri-ciri yang  ada
5
Besaran dan Satuan
Disajikan tabel besaran - besaran fisika  dalam kehidupan sehari - hari, satuan (dalam SI) dan alat ukurnya, siswa dapat mengelompokkan ke dalam besaran pokok dan besaran turunan secara tepat
21

Siswa dapat menyebutkan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan
22

Siswa dapat membedakan jenis – jenis alat ukur dasar besaran pokok dan besaran turunan
23

Siswa dapat menyebutkan kegunaan alat ukur dasar besaran pokok dan besaran turunan
24

Siswa dapat menyebutkan perbedaan satuan baku dan tak baku
25

Siswa dapat mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa dan waktu secara sederhana
26

Siswa dapat mengkonversi satuan besaran turunan secara sederhana
27

Siswa dapat menyebutkan macam – macam besaran turunan dan satuan dalam sistem SI
28
Alat-alat ukur besaran pokok (panjang, massa dan waktu) dan besaran turunan
Disajikan sebuah data dan peristiwa, siswa dapat menerapkan konsep pengukuran dengan berbagai alat ukur besaran pokok dan besaran turunan untuk memecahkan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari - hari
29

30

Siswa dapat menyebutkan tingkat ketelitian alat – alat ukur besaran pokok panjang
31

Disajikan sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat ukur besaran pokok dengan benar
32

33
34

Disajikan sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat ukur besaran turunan dengan benar
6
Suhu dan Pengukurannya
Siswa dapat menyebutkan definisi dan alat ukur suhu dengan benar
35

36

Siswa dapat menyebutkan prinsip dasar pembuatan termometer
7













SEMESTER 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO SOAL
6.Memahami keaneka ragaman    makhluk hidup
































6.1.Mengidentifikasi cirri- cirri makhlik hidup
































6.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki.



































6.3.Mendiskripsikan keragaman pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism.





















6.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki.

6.3.Mendiskripsikan keragaman pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

Ciri-ciri makhluk hidup
































Klasifikasi makhluk hidup





































Organisasi kehidupan



























Klasifikasi makhluk hidup



Organisasi kehidupan


1.Di sajikan gambar daur hidup katak, siswa dapat menjelaskan cirri makhluk tersebut.

2. Disajikan cerita tentang peristiwa makhluk hidup ,siswa dapat menjelaskan cirri tersebut

3. siswa dapat menyebutkan tujuan perkembang biakan pada makhluk hidup

4. siswa dapat menjelaskan arti dari autotrop

5. Siswa dapat membedakan gerak pada tumbuhan dan gerak pada hewan

6. siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup

7. Disajikan cerita, siswa dapat menyebutkan cirri  ekskresi

8. siswa dapat mengurutkan tason dari tingkatan tinggi ke tingkatan rendah

9. Siswa dapat menjelaskan nama ilmiah dan dapat menyebutkan nama genus/marga

10. disajikan data cirri-ciri hewan ,siswa dapat menjelaskan hewan tersebut.

11. disajikan gambar berbagai macam hewan ,siswa dapat mengelompokkan jenis hewan gastropoda

12. Siswa dapat menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.

13. Siswa dapat menjelaskan cara penulisan nama ilmiah

14. Di sajikan data tentang ciri hewan,siswa dapat menyebutkan jenis hewan berdasarkan cirri tersebut.


15. Siswa dapat  menjelaskan fungsi dari bagian bagian sel.

16. Siswa dapat mengurutkan organisasi kehidupan mulai dari sel sampai organisme.

17. Siswa dapat menjelaskan arti dari jaringan

18. Disajikan gambar sel , siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk

19. Siswa dapat menyebutkan fungsi organ pada tumbuhan


20. disajikan data, siswa dapat menyebutkan bagian bagian sel hewan.

2. Siswa dapat menyebutkan klasifikasi makhluk hidup  menurut whittaker

3. siswa dapat membedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan





Pilgan





Pilgan





Pilgan




Pilgan



Pilgan




Pilgan



Pilgan




Pilgan




Pilgan





Pilgan




       Pilgan






Pilgan




Pilgan



Pilgan








Pilgan


Pilgan





Pilgan



Pilgan




Pilgan




Pilgan




      

      uraian





uraian
21





22





       23




      24



25




26



27




28




29





30




31






32




33



34








35


36





37



38




39




40




      

4





5
JL

Saturday, December 19, 2015

SEMANGAT DESEMBER - MOVE ON


"Stitches"

I thought that I'd been hurt before
But no one's ever left me quite this sore
Your words cut deeper than a knife
Now I need someone to breathe me back to life

Got a feeling that I'm going under
But I know that I'll make it out alive
If I quit calling you my lover
Move on

You watch me bleed until I can't breathe
Shaking, falling onto my knees
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches
Tripping over myself
Aching, begging you to come help
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches


Just like a moth drawn to a flame
Oh, you lured me in, I couldn't sense the pain
Your bitter heart cold to the touch
Now I'm gonna reap what I sow
I'm left seeing red on my own

Got a feeling that I'm going under
But I know that I'll make it out alive
If I quit calling you my lover
Move on

You watch me bleed until I can't breathe
Shaking, falling onto my knees
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches
Tripping over myself,
Aching, begging you to come help
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches
[x3:]

Needle and the thread,
Gotta get you out of my head
Needle and the thread,
Gonna wind up dead

Needle and the thread,
Gotta get you out of my head, get you out of my head

You watch me bleed until I can't breathe
Shaking, falling onto my knees (falling on my knees)
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches (and I'll be needing stitches)
Tripping over myself,
Aching, begging you to come help (begging, "Baby, please.")
And now that I'm without your kisses
I'll be needing stitches


(And now that)
I'm without your kisses
I'll be needing stitches
(And now that)
I'm without your kisses
I'll be needing stitches

Friday, December 18, 2015

KENAPA RAKUS

Apakah anda masih kurang bersyukur?

Namanya Samsul, usianya 10 tahun dan duduk di kelas 4 SD, di Desa Bumijawa Kabupaten Tegal . 

Yang membedakannya dengan anak-anak lain seusianya, sepulang sekolah, Samsul dan adiknya Zindan tidak pergi bermain, tapi mencari nafkah dengan berjualan bakso cilok.
Berkeliling kampung, pundaknya yang masih rapuh itu dibebani pikulannya. Kalau beruntung, dia bisa membawa pulang Rp12 ribu, bisa membantu orang tuanya menafkahi tiga adiknya dan biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit.

Support web ini

BEST ARTIKEL