SOAL MID SEMESTER 1 IPA BIOLOGI FISIKA KELAS 7
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
1
|
2
|
3
|
Gejala
alam biotik dan abiotik (kerja Ilmiah)
|
Siswa
dapat membedakan gejala alam
biotik dan aboitik
|
1
|
Mikroskop
|
Siswa
dapat menyebutkan jenis mikroskop
berdasarkan ciri-cirinya
|
2
|
Siswa dapat menyebutkan fungsi
dari bagian mikroskop
|
3
|
|
Siswa dapat
menyebutkan bagian optic
mikroskop
|
4
|
|
Siswa
dapat menentukan perbesaran yang digunakan jika ditentukan perbesaran lensa
okuler dan perbesaran lensa objektif
|
5
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat
ditinjau dari daya tahan
preparat
|
6
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis preparat
ditinjau dari cara pembuatan preparat
|
7
|
|
Keselamatan kerja
|
Siswa dapat menyebutkan
fungsi alat yang terdapat di
laboratorium
|
8
|
Siswa dapat menjelaskan makna
simbol-simbol dalam bahan kimia dalam laboratorium berdasarkan gambar
yang disajikan
|
9
|
|
Siswa dapat
menyebutkan nama bahan
kimia berdasarkan
Ciri-ciri yang
disebutkan
|
10
|
|
Siswa dapat menyebutkan
alat pemadam yang tepat
sesuai jenis kebakarannya
|
11
|
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian unsur
|
12
|
|
Siswa dapat memberikan
contoh unsur non
logam
|
13
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh molekul
unsur
|
14
|
|
Di
sajikan suatu senyawa
siswa dapat menghitung jumlah atom yang
terdapat dalam senyawa
tersebut
|
15
|
|
Unsur senyawa dan campuran
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian campuran homogen
|
16
|
Siswa dapat membedakan pelarut
dan zat terlarut
|
17
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh
koloid
|
18
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh
campuran heterogen
|
19
|
|
Siswa dapat menuliskan
rumus senyawa yang sering digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
|
20
|
|
Bahan -bahan
kimia yang sering
digunakan
|
Siswa dapat
menyebutkan nama bahan
kimia yang sering
digunakan di laboratorium berdasarkan ciri-ciri dan fungsinya
|
1
|
Gejala alam
biotik dan abiotik
|
Siswa dapat
menyebutkan gejala alam
sesuai data yang diberikan
|
2
|
Simbolkeselamatan kerja dan cara memperlakukanya
|
Siswa dapat
menjelaskan cara memperlakukan bahan
kimia tertentu sesuai jenisnya
|
3
|
Unsur logam
dan nonlogam
|
Siswa dapat
menjelaskan nama unsur
antara unsur logam dan
non logam
|
4
|
Siswa dapat
menyebutkan unsure logam dan
nonlogam berdasar ciri-ciri yang ada
|
5
|
|
Besaran dan Satuan
|
Disajikan
tabel besaran - besaran fisika dalam
kehidupan sehari - hari, satuan (dalam SI) dan alat ukurnya, siswa dapat mengelompokkan
ke dalam besaran pokok dan besaran turunan secara tepat
|
21
|
Siswa
dapat menyebutkan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan
|
22
|
|
Siswa
dapat membedakan jenis – jenis alat ukur dasar besaran pokok dan besaran
turunan
|
23
|
|
Siswa
dapat menyebutkan kegunaan alat ukur dasar besaran pokok dan besaran turunan
|
24
|
|
Siswa
dapat menyebutkan perbedaan satuan baku dan tak baku
|
25
|
|
Siswa
dapat mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa dan waktu secara
sederhana
|
26
|
|
Siswa
dapat mengkonversi satuan besaran turunan secara sederhana
|
27
|
|
Siswa
dapat menyebutkan macam – macam besaran turunan dan satuan dalam sistem SI
|
28
|
|
Alat-alat
ukur besaran pokok (panjang, massa dan waktu) dan besaran turunan
|
Disajikan
sebuah data dan peristiwa, siswa dapat menerapkan konsep pengukuran dengan
berbagai alat ukur besaran pokok dan besaran turunan untuk memecahkan masalah
yang relevan dalam kehidupan sehari - hari
|
29
30
|
Siswa
dapat menyebutkan tingkat ketelitian alat – alat ukur besaran pokok panjang
|
31
|
|
Disajikan
sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat
ukur besaran pokok dengan benar
|
32
33
34
|
|
Disajikan
sebuah data dan/ gambar, siswa dapat menyebutkan hasil pengukuran dengan alat
ukur besaran turunan dengan benar
|
6
|
|
Suhu dan Pengukurannya
|
Siswa
dapat menyebutkan definisi dan alat ukur suhu dengan benar
|
35
36
|
Siswa
dapat menyebutkan prinsip dasar pembuatan termometer
|
7
|
SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
6.Memahami keaneka
ragaman makhluk hidup
|
6.1.Mengidentifikasi cirri-
cirri makhlik hidup
6.2.Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki.
6.3.Mendiskripsikan keragaman
pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism.
6.2.Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki.
6.3.Mendiskripsikan
keragaman pada sistem 0rganisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
|
Ciri-ciri makhluk hidup
Klasifikasi makhluk hidup
Organisasi kehidupan
Klasifikasi makhluk hidup
Organisasi kehidupan
|
1.Di sajikan gambar daur
hidup katak, siswa dapat menjelaskan cirri makhluk tersebut.
2. Disajikan cerita tentang
peristiwa makhluk hidup ,siswa dapat menjelaskan cirri tersebut
3. siswa dapat menyebutkan
tujuan perkembang biakan pada makhluk hidup
4. siswa dapat menjelaskan
arti dari autotrop
5. Siswa dapat membedakan
gerak pada tumbuhan dan gerak pada hewan
6. siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup
7. Disajikan cerita, siswa
dapat menyebutkan cirri ekskresi
8. siswa dapat mengurutkan
tason dari tingkatan tinggi ke tingkatan rendah
9. Siswa dapat menjelaskan
nama ilmiah dan dapat menyebutkan nama genus/marga
10. disajikan data
cirri-ciri hewan ,siswa dapat menjelaskan hewan tersebut.
11. disajikan gambar
berbagai macam hewan ,siswa dapat mengelompokkan jenis hewan gastropoda
12. Siswa dapat menjelaskan
tujuan klasifikasi makhluk hidup.
13. Siswa dapat menjelaskan
cara penulisan nama ilmiah
14. Di sajikan data tentang
ciri hewan,siswa dapat menyebutkan jenis hewan berdasarkan cirri tersebut.
15. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian bagian sel.
16. Siswa dapat mengurutkan
organisasi kehidupan mulai dari sel sampai organisme.
17. Siswa dapat menjelaskan
arti dari jaringan
18. Disajikan gambar sel ,
siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
19. Siswa dapat menyebutkan
fungsi organ pada tumbuhan
20. disajikan data, siswa
dapat menyebutkan bagian bagian sel hewan.
2. Siswa dapat menyebutkan
klasifikasi makhluk hidup menurut
whittaker
3. siswa dapat membedakan
antara sel hewan dengan sel tumbuhan
|
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
Pilgan
uraian
uraian
|
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
4
5
|
No comments:
Post a Comment