Saturday, January 15, 2011

DRAFT SOAL BAKTERI PROTIISTA JAMUR

Makhluk hidup berdasarkan sifat inti selnya dibedakan menjadi dua, yaitu prokariot yang artinya…………..(1)dan eukariot yang artinya……………….. (2). Salah satu struktur dari bakteri adalah memiliki dinding sel yang tersusun dari……………(3).Dapat dibedakan menjadi dua yaitu………………..(4) yang memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis dan ……………..(5) yang memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal. Eubacteria memiliki bentuk sel beraneka ragam tetapi dilihat dari bentuk dasarnya dapat dibedakan menjadi bentuk …………….(6),………………(7),………………(8) .
Bentuk bakteri lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan secara bergerombol seperti buah anggur disebut……………..(9) sedangkan bentuk dari beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai disebut…………(10). Bakteri berbentuk bakteri dan spiral umumnya memiliki alat gerak berupa…………..(11)dan berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi 5, yaitu yang berjumlah satu disebut……………(12), yang berjumlah satu atau banyak di kedua ujung disebut…………….(13), yang berjumlah banyak di satu sisi disebut…………….(14), yang tidak mempunyai alat gerak disebut……………(15), dan yang tersebar di seluruh permukaan sel disebut………………. (16).
Dilihat dari kebutuhan oksigennya, bakteri dibedakan menjadi 2 yaitu……………(17) dan………(18) .Sedangkan dilihat dari cara memperoleh makanan dibedakan menjadi……(19) yang dapat melakukan……… (20) dan……(21)serta………………..(22)yang dapat hidup secara…………..(23) dan……………..(24). Bakteri dapat bereproduksi secara aseksual dengan cara……………(25) dan secara seksual dengan cara……………………(26)yang dapat berlangsung dengan 3 cara, yaitu………………(27), ………………..(28), ………………(29) .
Archaeobacteria merupakan prokariot yang dapat hidup di lingkungan yang ekstrim, misalnya bakteri metanogen dapat menghasilkan……………..(30), bakteri halofil dapat hidup di……………… (31)dan bakteri termoasidofil dapat hidup di………………. (32). Bakteri dapat dijumpai hampir di semua tempat di permukaan bumi sehingga sangat berperan bagi manusia. Peran yang menguntungkan misalnya untuk………………………..(33)yang dihasilkan oleh bakteri………………….(34)dan peran yang merugikan misalnya ………………. (35)yang dihasilkan oleh bakteri………………(36).
Protista memiliki ciri antara lain : dilihat dari inti selnya bersifat………………(37), dilihat dari banyaknya sel bersifat………….(38)atau…………(39)dapat bergerak aktif seperti ………….(40)dapat melakukan fotosintesis dan mempunyai klorofil seperti…………(41)serta mempunyai siklus hidup dan reproduksi seperti……………….(42) .
Protista yang menyerupai jamur memiliki ciri…………………(43) dan terdiri dari dua filum yaitu………….(44)dan……..….(45) . Protista yang menyerupai hewan (Protozoa) memiliki ciri……………(46)dan dibedakan menjadi empat kelas berdasarkan alat gerak yang dimiliki yaitu, kelas………….(47)memiliki alat gerak…………..(48), contohnya……….(49), kelas……………(50)memiliki alat gerak………………..(51)contohnya…………………(52), kelas…………..(53)memiliki alat gerak………………(54)contohnya……………….(55), dan kelas………………(56)yang tidak mempunyai alat gerak, contohnya………………… (57).
Protozoa ada yang merugikan antara lain dapat menyebabkan penyakit tidur yang disebabkan oleh…………(58), penyakit disentri disebabkan oleh……………….(59) dan penyakit malaria disebabkan oleh……..……(60) Sedangkan protozoa menguntungkan antara lain kerangkanya digunakan sebagai petunjuk minyak bumi, gas alam yaitu………………(61). Dan kerangkanya digunakan sebagai bahan penggosok yaitu…………………….(62)
Protista yang menyerupai tumbuhan (ganggang/alga) memiliki ciri…………(63), yang dapat digolongkan menjadi 6 filum, yaitu filum………(64)yang dapat dikatakan mirip tumbuhan dan hewan, filum Chrysophyta yang memiliki pigmen dominan…………(65), filum…… …(66) yang salah satu spesiesnya dapat memancarkan cahaya (bioluminesensi), filum…………..(67) yang memiliki pigmen dominan klorofil, filum Phaeophyta yang memiliki pigmen dominan ..………. (68), dan filum……………(69)yang memiliki pigmen dominan fikoeritrin. Salah satu manfaat ganggang yang digunakan untuk pembuatan agar-agar yaitu……………. . (70)
Fungi (Jamur) adalah kingdom yang anggotanya memiliki ciri : inti selnya bersifat………….(71), memiliki dinding sel yang tersusun atas……………(72), belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun sejati sehingga disebut………….. (73). Jamur ada yang bersifat uniseluler dan multiseluler. Jamur multiseluler tubuhnya tersusun atas benang-benang halus yng disebut………….(74). Benang-benang ini membentuk anyaman dan berjalinan yang dinamakan………………(75). Untuk mendapat makanan, jamur dapat hidup dengan cara……………………(76), yaitu memperoleh makanan dengan cara……………….(77).
Jamur diklasifikasikan menjadi 4 divisi berdasarkan……….(78), yaitu divisi……..(79) yang bereproduksi seksual dengan…………(80), divisi………..(81) yang bereproduksi seksual dengan…………(82), divisi………….(83)yang bereproduksi seksual dengan………..(84) serta divisi ………..(85)yang belum diketahui cara reproduksi seksualnya sehingga disebut…….. (86).
Jamur dapat membentuk hubungan simbiosis dengan…………(87)membentuk /disebut………..(88)dan dengan……………..(89)membentuk/disebut……………….(90).
Jamur mempunyai peran menguntungkan maupun merugikan. Jamur yang menguntungkan antara lain digunakan untuk pembuatan tempe adalah………….. (91), jamur yang digunakan untuk menghasilkan kecap adalah……………..(92), Jamur yang dimanfaatkan orang dalam pembuatan tape,alkohol dan roti adalah……………….(93) Jamur yang digunakan sebagai penghasil antibiotik penisilin antara lain………………(94) dan…………….(95) . Jamur yang dapat/enak dimakan adalah…………….(96), …………….(97).
Sedangkan jamur yang merugikan antara lain menyebabkan penyakit panu yaitu……(98), parasit pada tanaman sayur-sayuran, kentang yaitu……………….(99).dan menyebabkan penyakit kulit kaki atlit adalah………………………(100).

PILIHLAH


1. Sel bakteri dan Arkhaebakteria disebut sebagai sel prokariotik, sebab …
A.      tidak mempunyai sitoplasma
B.      selnya amat kecil dan transparan
C.      selaput selnya terlalu tipis
D.      tidak memiliki selaput inti sel
E.       sering menimbulkan penyakit
2. Berikut ini merupakan persamaan struktur Arkhaea dan bakteri :
A.      RNA ribosomnya
B.      dinding selnya
C.      membran selnya
D.      tidak memiliki membran inti sel
E.       habitatnya
3. Kelompok Arkhaebakteria yang hidup di daerah gunung berapi disebut …
A.      metanogenik
B.      halofilik
C.      ekstrim termofilik
D.      alkalik
E.       mesofilik
4. Pasangan bakteri dan tempat hidupnya yang benar adalah …
A.      Escherechia coli → lumpur dasar kolam
B.      Methanobacterium ruminantium → dasar sungai atau danau
C.      Thermoproteus → laut dengan kadar garam tinggi
D.      Diplococcus pneumonia → usus besar manusia
E.       Rhizobium leguminosum → akar tanaman kacang-kacangan
5. Di laboratorium sekolah, pengamatan bakteri dilakukan setelah pengecatan Gram. Pengamatan menggunakan mikroskop … untuk mengamati bentuk bakteri.
A.      mikroskop elektron
B.      mikroskop cahaya
C.      mikroskop fluorescens
D.      mikroskop medan terang
E.       mikroskop fase kontras
6. Berikut ini adalah gambar bagian-bagian dari sel bakteri.

Pasangan nomor dan keterangan yang tepat adalah …
A.      1-dinding sel
B.      2-flagel
C.      3-pilus
D.      4-plasmid
E.       5-nukleiod
7. Berikut ini adalah pernyataan yang tidak sesuai mengenai pertukaran materi genetik pada bakteri adalah …
A.      Plasmid dari bakteri yang telah lisis (pecah) dapat memasuki bakteri lain melalui proses transformasi
B.      Kromosom bakteri bisa terputus di suatu bagian, fragmen (potongan) tersebut bisa berpindah ke bakteri lain melalui proses konjugasi
C.      Bakteriofag (virus bakteri) bisa membantu memindahkan fragmen kromosom atau plasmid dari suatu bakteri ke bakteri lain
D.      Plasmid dari bakteri donor bisa berpindah menuju bakteri penerima melalui saluran konjugasi
E.       Bakteri dapat mengambil plasmid yang ada di lingkungannya melalui proses konjugasi

8. Perhatikan grafik pertumbuhan bakteri.



Fase yang menunjukkan terjadinya pertumbuhan paling cepat pada kultur tertutup dalam cawan petri ditunjukkan oleh nomor …
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
E.       5
9.    Untuk mencegah kerusakan dan pembusukan, pedagang ikan dan nelayan sering menyimpan ikan dengan menggunakan es. Penggunaan es ini bertujuan agar ikan menjadi lebih awet. Hal ini berkaitan dengan proses metabolisme sel bakteri, pada suhu rendah … tidak aktif sehingga bakteri tidak dapat tumbuh optimum
A.      toksin
B.      ribosom
C.      sitoplasma
D.      enzim
E.       nukleus
10. Berikut ini termasuk bakteri kemoautotrof kecuali …
A.      bakteri belerang
B.      bakteri besi
C.      bakteri nitrat
D.      bakteri TBC
E.       bakteri nitrit

11.      Peranan bakteri Acetobacter xylinum dan Lactabacillus dalam pembuatan ....
A.       protein sel tunggal dan mentega
B.       asam cuka dan keju
C.       mentega dan yoghurt
D.       nata de coco dan yoghurt
E.        nata de coco dan mentega

12.      Perhatikan tabel di bawah ini\


Eubacteria
Peranan
I
Nitrohacter sp.
1 Perubahan nitrit - nitrat
II
Lactobacillus cosei
2  Pernbuatan brogas
III
Methanobacterict
3. Nata de coco
IV.
Acetobacter xylinum
4. Pembuatan yoghurt
V.
Streptococcus laktis
5. Pembuatan keiu
       








Hubungan yang tepat antara jenis Eubacteria dan peranannya adalah ....
A.  I   dengan 5
B.  II  dengan 1
C.  III dengan 3
D.  IV dengan 1

E.   V dengan  2

13. Manakah hubungan yang sesuai antara bakteri dan perannya?
A. Penicillium notatum -  mcnghasilkan keju
B. Methanoboclcrium  - mcnghasilkan biogas
C. Acelohacter - pembuatan yoghurt
D. Rhizobium - menghasilkan toksin
E. Lactobacillus casei - pembuatan asam cuka


14.  Peranein bakteri Acetobacter xylinum dan Lactobacillus bulgaricus dalam pembuatan
A.    protcin sel tunggal dan mentega
B.     asam cuka dan keju
C.     mentega dan yoghurt
D.    nata de cocco dan yoghurt

E.     nala de coco dan mentega

Ini bisa digunakan untuk informasi menjawab jawaban diatas
  1. KLIK INFORMASI BAKTERI , PROTISTA , JAMUR
  2. KLIK INFORMASI BAKTERI
  3. KLIK INFORMASI PROTISTA
  4. KLIK INFORMASI KINGDOM FUNGI

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL