Monday, January 17, 2011

PORTAL PINGIN PINTER

Berikut ada beberapa situs yg bs dcoba kl lg butuh jurnal online :

  • http://scholar.google.com/: situs ini menyediakan berbagai macam e-book, paper, tesis, jurnal, artikel dan literatur hanya dengan memasukkan keyword seperti browsing2 yg biasa kt lakukan kl pengen download lagu ;)
  • http://search2.computer.org/advanced/simplesearch.jsp: Bagian dari IEEE Computer Society Digital Library. Cari jurnal komputer di sini, baik yang berbayar maupun yang gratis. Buat yang gratis, kita bisa ngedownload file2 PDFnya. Buat yang berbayar, kita hanya bisa membaca abstraknya.
  • http://highwire.stanford.edu/: Sebuah divisi dari Perpustakaan Universitas Stanford. Highwire memiliki jutaan koleksi literatur ilmiah dari berbagai macam bidang studi. Sangat membantu kita yang pengen mendapatkan referensi ilmiah gratis dan berbayar yang cukup komprehensif. jangan lupa sign up dulu untuk mendapatkan full access. :D
  • http://sciencedirect.com/ : sebuah situs ilmiah yang cukup populer di kalangan peneliti. Untuk mendownload jurnal yang ada di sini, kita harus berlangganan dulu. Namun, beberapa universitas di Indonesia sudah punya akses institusional yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika universitas tersebut. Silahkan konfirmasikan ke universitas kalian ^_^
  • http://www.byte.com: Free online computer articles. Memuat berbagai macam artikel komputer dari pakar-pakar komputer seantero jagad raya.
  • http://www.scholarlyexchange.org/hosted.html: Situs tentang jurnal-jurnal ilmu sosial, yang dihosting secara free. Kita juga bisa memasukkan jurnal2 kita dsini untuk dipublikasikan di internet, tentu setelah memenuhi syarat dan ketentuan dari pengelola Scholarly Exchange.
  • http://www.doaj.org/: Directory of Open Access Journals. Sebuah situs yang menyediakan jurnal-jurnal ilmiah yang terpercaya dan bisa diakses secara gratis.
  • http://www.freebooks4doctors.com/: Situs ini memuat informasi tentang buku dan jurnal kedokteran. Beberapa diantaranya juga bisa didownload secara gratis. Jika kalian adalah mahasiswa fakultas kedokteran atau biologi, bisa mencoba situs ini. :)
  • http://www.bioline.org.br/journals: Kumpulan jurnal-jurnal gratis tentang kedokteran, farmasi, ilmu kesehatan, ilmu lingkungan, virologi dan zoologi. Artikel dan jurnal ilmiah disediakan dalam bentuk HTML. Pada beberapa artikel disediakan pula bentuk PDFnya.
  • http://www.arsip.lipi.go.id/: Mirror Server for Scientific Data. Sebuah list direktori mirror yang dibuat LIPI untuk berbagai macam referensi online data sains dan teknologi. Mencakup berbagai macam bidang studi keteknikan dan ilmu alam.
  • http://www.lib.upm.edu.my/onlinejour.html : kumpulan link-link jurnal online dari Universiti Putra Malaysia. Memuat banyak referensi situs ilmiah untuk berbagai macam bidang studi.
  • http://ocw.mit.edu/ : Open Course Ware, sebuah situs free e-learning yang dibuat oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Mencakup beberapa ilmu keteknikan, ilmu alam, dan beberapa ilmu sosial.
  • http://jcmc.indiana.edu: sebuah web milik Indiana University yang berisi jurnal berbasis web tentang riset di bidang ilmu sosial yang menggunakan komputer sebagai salah satu media risetnya.
  • http://www.library.ucsf.edu/collres/journals/: sebuah web milik University of California, San Francisco yang berisi katalog jurnal-jurnal online.
  • http://lib.ugm.ac.id/exec.php?app=site&act=jurnal: katalog link direktori jurnal ilmiah milik Universitas Gadjah Mada.
  • http://www.pubmedcentral.nih.gov/: sebuah situs yang memuat arsip jurnal gratis di bidang ilmu alam dan biomedis.
  • http://libra.msra.cn/: situs yang memuat daftar jurnal ilmiah tentang komputer. Dibuat oleh Microsoft Coorporation.
  • http://portal.acm.org/portal.cfm: portal jurnal komputer berbayar. Untuk bisa menjadi member, kita bisa mendaftar sebagai student member dengan biaya $42 per tahun.
Referensi :
Naskah buku “Scholarship Winner Wannabe” (Sunu Wibirama)


JURNAL KESEHATAN
Dari link berikut ini, sebagian jurnal bisa kita download secara langsung dan sebagian link ada yang mengharuskan kita mendaftar dulu sebelum mendownload .
  1. healthcarereform.nejm.org
  2. journal.ui.ac.id
  3. www3.interscience.wiley.com
  4. www.plosbiology.org
  5. www.plosgenetics.org
  6. www.plosmedicine.org
  7. www.plospathogens.org
  8. www.plosgenetics.org
  9. nar.oxfordjournals.org
  10. www.nature.com
  11. journals.cambridge.org
  12. www.cmaj.ca
  13. theoncologist.alphamedpress.org

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL