Monday, October 8, 2012

INTERFASE

Setiap tubuh makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan, dari kita kecil hingga seperti saat ini tubuh kita mengalami perubahan-perubahan baik secara fisik maupun psikis. 
Perubahan-perubahan  tersebut dikarenakan sel-sel yang menyusun tubuh kita juga berkembang dan memperbanyak “dirinya”, sehingga secara kuantitas jumlah sel pasti akan bertambah banyak, yang menyebabkan tubuh makhluk hidup pasti akan bertambah besar  (Rudo;f Virchow)
Makhluk hidup itu tersusun atas dua jenis sel yaitu sel tubuh (sel somatik) dan sel kelamin ( Sel germinal)
Maka untuk mengetahui pembentukan , perbanyakan dari kedua jenis sel itu bagaimana persisnya perlu kita ketahui .OK

Dari uraian diatas sudah dapat dipastikan bahwa semua itu akan terjadi karena sel terjadi Reproduksi 
Yang kemudian dikenal dengan Reproduksi Sel

Reproduksi sel ini dipastikan hanya akan terjadi jika terjadi suatu persiapan baik secara  materi , performance , fisiologi dll sebelum sel itu membelah 
Persiapan itu jauh lebih penting dipahami karena kita harus tahu apa saja yang harus dipenuhi dan apa saja yang dilakukan
Untuk itu Postingan ini kami beri judul Interfase suatu fase istirahat tidak membelah karena melakukan persiapan persiapan untuk melakukan pembelahan OK
   
Tahap yang pertama kali dilakukan dalam siklus sel ini adalah dengan fase Interfase yaitu periode saat sel tidak sedang melakukan aktifitas pembelahan.


  • Interfase adalah periode antara pembelahan yang satu dengan yang berikutnya dalam siklus pembelahan sel.
  • Periode ini terjadi bila suatu sel dimana molekul DNA yang berada dalam inti akan mengadakan atau Replikasi atau membuat turunan seperti dirinya sendiri.
  • Membran inti berhubungan dengan rangka dalam dari sitoplasma, di mana terdapat granula berwarna kelam dan disebut ribosom.
  • Ribosom ini kaya akan asam ribonukleotida (ARN) dan mempunyai peranan penting dalam sintesa protein.
Di dalam nukleus interfase, dapat dibedakan 2 komponen utama

  1. Karyolimpa (cairan inti yang tampak jernih tak berwarna dan kolloidal) sering juga disebut karyoplasma
  2. Nukleolus (inti dari nukleus) berperan dalam pembentukan ENA
  3. Kromatin, berupa benang-benang halus yang tersusun atas asam deoksiribonukleat (ADN)
  4. Protein sehingga membentuk nukleoprotein.
   
Di dalam sitoplasma, tampak adanya mitokondria, yaitu organel di mana berlangsung pernafasan dari sel.

Stadium interfase dibedakan atas beberapa fase:

  1. G1 : secara spesifik, pada tahap G­1 ukuran sel bertambah besar akibat pertumbuhan sel.
  2.    :  Pada tahap S, terjadi duplikasi kromosom dan sintesis DNA (replikasi DNA). Kromosom yang semula tunggal akhirnya berubah menjadi ganda.
  3. G2  : Pada tahap G2, sel tumbuh sempurna sebagai persiapan untuk pembelahan sel. Pada fase ini, ADN cepat sekali bertambah kompleks dengan protein kromosom dan pembentukan ARN (asam ribonukleat) serta protein berlangsung.

Jadi selama Interfase terjadi
  • Aktivitas metabolisme sangat tinggi
  • DNA dan organel mengalami duplikasi (penggandaan) atau sering disebut Replikasi yang oleh Watson dan Crick mengganda secara Semi Konservatif
  • Ukuran sel dapat meningkat membesar dan terlihat tegang 
  • Interfase meliputi sekitar 90 % dari keseluruhan waktu setiap siklus sel
  • Untuk satu sel membutuhkan waktu ± 24 jam untuk satu kali proses pembelahan
  • Waktu 24 jam itu terbagi G1 (Gap 1) selama 11 jam, S (Sintesis DNA) selama 8 jam, G2 (Gap 2) selama 4 jam dan M (Mitotik) selama 1 jam
  • Selama ketiga sub-fase ini yaitu G1, S, dan G2, sel mengalami pertumbuhan dengan menghasilkan organel dan protein-protein di dalam sitoplasma.
  • DNA direplikasi hanya pada sub-fase S ( Sintesa).
  • Dengan demikian, suatu sel tumbuh (G1), terus tumbuh saat sel tersebut sudah menyalin DNA nya secara semi konservatif (S), dan tumbuh lagi sampai sel tersebut menyelesaikan persiapannya untuk melakukan pembelahan (G2) yang ditandai dengan DNA berkondensasi membentuk butir kromatin , kemudian membentuk benang krommatin dan segera terbentuk kromososm dua pasang sentromer terbentuk, dan kemudian dilanjutkan dengan karyotheca dan nukleolus mulai menghilang 
  •  Demikian seterusnya, setelah selesai melakukan pembelahan pada tahap mitotik, sel akan masuk interfase, dilanjutkan mitosis lagi, dan seterusnya. Hampir pada setiap kasus misalnya pembelahan sel untuk penyembuhan luka (regenerasi), sel akan berhenti membelah manakala luka telah sembuh. Itulah salah satu kehebatan sel. Tahu kapan harus membelah, dan tahu kapan harus berhenti. Sel yang tahu diri untuk berhenti dari pembelahan akan masuk ke fase G0 atau fase stationer. Pada tahap ini sel tidak akan melakukan pembelahan. Jika terjadi luka, sel segera memasuki fase G1 untuk melakukan pembelahan. Sel yang tidak tahu diri, harusnya masuk G0 tetapi nekat masuk ke G1, itulah yang disebut sel tumor atau kanker
  • Setelah Interfase kemudian dilanjutkan dengan fase M atau fase mitotik .
  • Pembelahan mitosis merupakan proses pembelahan inti sel menjadi dua inti sel baru, melalui tahapan dan proses tertentu menghasilkan dua jenis sel anak yang jumlah kromosomnya sama dengan induknya.
  • Sedangkan pada meiosis adalah pembelahan inti sel dengan cara mereduksi kromosom.
  • Pada meiosis, terjadi perpasangan dari kromosom homolog serta terjadi pengurangan jumlah kromosom induk terhadap sel anak.
  • Disamping itu, pada meiosis terjadi dua kali periode pembelahan sel, yaitu pembelahan I (meiosis I) dan pembelahan II (meiosis II).
  • Setiap pembelahan-pembelahan yang akan dilakukan oleh sel harus melalui beberapa tahap fase.
  • Pembelahan sel secara mitosis melalui beberapa fase, diantaranya fase Interfase, Profase, Metafase, Anafase, dan yang terakhir Telofase.

  • Pembelahan mulai terjadi saat fase Profase dengan ciri-ciri membran nukleus melebur, nukleolus menghilang, kedua sentriol bergerak ke kutub berlawanan , dan kromosom mereplikasi hingga memproduksi sebanyak 12 kromatid, kemudian membentuk 6 pasang sister chromatids (sepasang kromatid identik).
  • Kemudian, sebelum sel memasuki fase Metafase terlebih dahulu fase pro-Metafase dengan ciri-ciri membran inti berubah menjadi vesikel-vesikel dan benang spindel telah sempurna. Sister chromatids akan mengikat “garis-garis” spindel melalui mirotubul kinetotor, kemudian pada Metafase-nya sudah berada sejajar di bidang ekuator.
  • Dilanjutkan fase Anafase, sister chromatids berpisah dari pasangannya dan bergerak menuju kutub-kutub berlawanan, kemudian selama fase Telofase kromosom sudah berada di setiap kutub masing-masing dan membran inti akan membentuk kembali serta kromosom membentuk kromatin kembali dan terakhir sel akan terbagi menjadi dua sel anakan setelah sitokinesis selesai
  • Namun pada pembelahan sel secara meiosis dilakukan melalui beberapa tahap.
  • Pada Meiosis I, yaitu profase I dengan ciri-ciri kromosom homolog bersinapsis membentuk bivalen dan terjadi crossing over ( pertukaran genetik). Kromosom berkodensasi dan membran inti kembali membentuk vesikel-vesikel.
  • Fase kedua yaitu pro-Metafase I dengan ciri-ciri membran inti telah menjadi vesikel-vesikel, dan bivalen menuju garis ekuator dan pada Metafase I-nya bivalen sudah berada di garis ekuator.
  • Kemudian, pada anaphase I kromosom yang homolog bergerak ke kutub berlawanan dan pada Telofase I membran inti terbentuk kemblai dan kromosom berdekondensasi sel menjadi dua sel anakan.
  • Pada Meiosis II, didahului dengan profase II dengan ciri-ciri sister chromatids berkondensasi dan benang spindel terbentuk dan membran inti kembali menjadi vesikel-vesikel. Kemudian, dilanjutkan dengan pro-Metafase II membran inti secara keseluruhan telah berubah menjadi vesikel.
  • Sister chromatids bergerak menuju ke garis ekuator dan pada Metafase II berada di sepanjang garis ekuator.
  • Pada Anafase II sister chromatids berpisah dan menjadi kromosom individu dan bergerak ke kutub berlawanan dan sitokinesis terjadi sehingga pada akhirnya terdapat 4 sel anak dengan jumlah kromosom haploid 



TUGAS


  1. Tuliskan 4 macam fungsi reproduksi sel!
  2. Jelaskan pengertian reproduksi sel!
  3. Apa pebedaan antara reproduksi sel secara amitosis dengan secara mitosis!
  4. Tuliskan 3 perbedaan antara reproduksi sel secara mitosis dengan secara meiosis!
  5. Siklus sel terdiri dari interfase dan mitotik
  6. Tuliskan ciri-ciri Growth 1, sintesis, dan Growth 2 pada interfase
  7. Tahapan Mitosis ada Profase, Metafase, Anafase, dan telofase; Tuliskan cirinya masing-masing!
  8. Pada pembelahan Meiosis terjadi tahapam profase yang terdiri atas 5 tahapan, tuliskan kelima tahapan dan cirinya masing-masing!
TRY
1. The process of mitosis ensures that:
A. each new cell is genetically different from its parent
B. each new cell receives the proper number of chromosomes
C. cells will divide at the appropriate time
D. DNA is replicated without errors

2. The image illustrates what phase of mitosis

A. anaphase
B. teleophase
C. metaphase
D. prophase

3. Which of the following is NOT part of mitosis
A. prophase
B. metaphase
C. telophase
D. interphase

4. Which of the following is NOT part of the chromosome?
A. kinetochore
B. chromatid
C. centromere
D. spindle

5. A cell that has 20 chromosomes undergoes mitosis. Which of the following is true?
A. two daughter cells will be created, each have 20 chromosomes
B. two daughter cells will be created, each have 40 chromosomes
C. 4 daughter cells will be created, each having 10 chromosomes
D. 2 daughter cells will be created, each having 10 chromosomes

6. A spindle forms during which phase?
A. G2
B. interphase
C. prophase
D. metaphase

7. Compared to the X chromosome, the Y chromosome is:
A. much larger
B. much smaller
C. more twisted
D. inherited more often

8. Which of the following can be determined from a karyotype?
A. the sex of the individual
B. whether the individual has Down Syndrome
C. The number of chromosomes present
D. all of these

9. Most cells spend their lives in:
A. prophase
B. metaphase
C. interphase
D. telophase

10. Cytokinesis begins during which phase?
A. telophase
B. synthesis phase
C. anaphase
D. metaphase

11. Pada mitosis, pemisahan kromatid dari sentromer terjadi pada ....
A. interfase
B. anafase
C. profase
D. telofase
E. metafase

12. Kromosom dapat diamati secara jelas pada tahap ....
A. interfase
B. anafase
C. profase
D. telofase
E. metafase

13. Berikut adalah perbedaan mitosis dan meiosis, kecuali ....
A. mitosis berlangsung di somatik
B. meiosis terjadi dua kali fase pembelahan
C. pada meiosis terjadi mitosis
D. meiosis terjadi pengurangan jumlah kromosom
E. mitosis terjadi pada pembentukan gamet dalam testis dan ovarium

14. Di bawah ini merupakan ciri-ciri pembelahan mitosis, kecuali ....
A. terjadi dalam sel germinal
B. tidak terjadi sinapsis
C. tidak terjadi pindah silang
D. sentromer langsung terjadi pemisahan
E. dari satu sel induk diploid menjadi 2 sel anak

15. Hal-hal berikut bukan merupakan peranan mitosis bagi makhluk hidup, adalah ....
A. mengganti bagian tubuh yang rusak
B. pertumbuhan
C. pergantian sel tubuh
D. perkembangan
E. sel tubuh tetap diploid

16. Fase S merupakan fase ....
A. istirahat
B. metafase
C. pembelahan
D. sintesis
E. interfase

17. Proses pemisahan sitoplasma disebutn ....
A. telofase
B. siklus reproduksi
C. sitokinesis
D. anafase
E. profase

18. Setiap satu sel oogonia akan mengalami meiosis I menjadi ....
A. satu oosit sekunder dan satu sel badan polar
B. satu ootid dan satu oogonia
C. sel germinal primordial
D. tubuh polar kedua
E. tubuh polar pertama

19. Berikut yang bukan merupakan ciri dari mitosis adalah ....
A. terjadi pada sel tubuh
B. berfungsi mengganti sel rusak
C. membelah satu kali
D. terjadi pindah silang
E. menghasilkan sel anak yang diploid

20. Siklus terpanjang pada siklus sel adalah ....
A. interfase
B. fase G1
C. fase mitotik
D. fase M
E. fase sintesis

21. Pindah silang dapat terjadi pada tahap ....
A. profase I
B. metafase II
C. metafase I
D. selofase II
E. anafase II

22. Proses transkripsi rRNA, tRNA, mRNA, dan sintesis berbagai jenis protein terdapat pada fase ....
A. G1
B. interfase
C. G2
D. mitosis
E. sintesis

23. Pada fase S (Sintesis) terjadi ....
A. pembentukan penyusun sitoplasma
B. proses transkripsi rRNA, tRNA, mRNA
C. terjadinya replikasi dan duplikasi DNA kromosom
D. pembentukan spindel
E. pembentukan inti

24. Fase yang paling lama dan membutuhkan energi paling banyak adalah ....
A. profase
B. telofase
C. metafase
D. prometafase
E. anafase

25. Pada pembelahan meiosis, kromosom menempatkan diri di bidang pembelahan, yaitu pada tahap ....
A. profase
B. interfase
C. metafase
D. telofase
E. anafase

26. Sitokinesis yang terjadi pada proses mitosis ber-langsung pada tahap ....
A. anafase
B. metafase
C. interfase
D. telofase
E. profase

27. Bagian inti sel yang terlihat jelas pada saat pem-belahan sel adalah ....
A. nukleolus
B. komatin
C. membran inti
D. nukleus
E. kromosom

28. Pada tumbuhan, pembelahan reduksi terjadi pada ....
A. ujung akar
B. meristem
C. pucuk
D. alat berkembang biak
E. lingkaran kambium

29. Perbedaan antara spermatogenesis dan oogenesis adalah ....
A. tipe pembelahan
B. fase pembelahan selnya
C. jumlah kromosomnya
D. jenis gamet yang dihasilkan
E. susunan kromosomnya

30. Pada spermatogenesis, meiosis I terjadi pada ....
A. spermatogenesisi
B. sel primordial
C. spermatosit sekunder
D. spermatosit primer
E. spermatida



PENGAYAAN REFRENSI



Sel adalah unsur terkecil yang menyusun suatu organisme.

  • Dalam perjalanan hidupnya, sel tidaklah statis, namun ia senantiasa melakukan kegiatan memperbayak diri 
  • Dalam konteks perkembangbiakan pembelahan sel bertujuan agar reproduksi dan embriyogenesis dapat berkelanjutan. 
  • Sel induk gamet (gametogonium) harus terlebih dahulu berploriferasi, setelah itu gametosit mengalami pembelahan reduksi. 
  • Bila pembuahan terjadi, maka embriogenesis terjadi, yang pada prinsipnya berlangsung dengan cara perbanyakan sati sel zygote menjadi ribuan sampai milyaran sel.
  • Peristiwa tersebut selalu terulang dalam perjalanan hidupnya dan membentuk sebuah siklus yang dinamakan Siklus Sel. Pertumbuhan dan perkembangan setiap organisme hidup sangatlah bergantung pada pertumbuhan dan perbanyakan sel itu sendiri. Hal yang demikian dikenal dengan istilah pembelahan
  • Keseimbangan ini tidak hanya berkenaan dengan hubungan timbal balik dengan volume, tetapi menyatakan secara langsung hubungan timbal balik secara kimia.
Secara umum setiap sel mempunyai dua periode dalam siklus selnya yaitu periode interfase dan periode pembelahan. 
  • Siklus ini diulang pada setiap generasi sel, tetapi lamanya siklus sangat bervariasi pada jenis sel yang berbeda. 
  • Beberapa ada yang memiliki siklus yang pendek dengan seringnya pembelahan yang terjadi, sebagian lainnya memiliki siklus yang panjang atau bahkan mengalami interfase sepanjang kehidupan organisme ( contoh: sel syaraf ).
  • Selama pembelahan sel, inti mengalami serangkaian perubahan yang komplek, namun teratur dan tetap. 
  • Beberapa hal sangat terlihat jelas pada saat pembelahan, diantaranya yaitu menghilangnya anak inti dan pembungkus inti, unsur kromatin memadat membentuk kromosom. 
  • Kromosom selalu berada di dalam inti. 
  • Namun selama periode interfase umumnya kromosom tidak terlihat karena terletak tersebar dan komponen makromolekulnya terdistribusi longgar di dalam molekul inti.
  • Seperti telah disebutkan di atas bahwa secara umum periode sel terdiri dari dua periode yaitu periode interfase (istirahat/senggang) dan periode pembelahan. 
Di sini periode interfase terbagi atas periode G dan S. G berasal dari kata gap (senggang) dan S berasal dari kata synthesis.

  • Periode G1 adalah periode sel aktif mansintesa ARN dan protein. Inti dan sitoplasma membesar. Lamanya 30-40% dari waktu daur. Sel bersiap untuk mitosis.
  • Periode S adalah periode aktif mensintesa AND anak yang disebut replikasi. Lamanya juga 30-40% dari waktu satu daur. Pada akhitnya terjadi penggandaan kromatin.
  • Periode G2 adalah persiapan sitoplasma untuk membelah, lamanya 10-20% dari waktu daur. G2 segera disusul dengan pembelahan sesungguhnya (M= mitosis).
Pembelahan Sel

Daerah Pembelahan Sel : Dalam proses pembelahan sel terdapat daerah tertentu pada sel sebagai tempat terjadinya pembelahan. Daerah demikian disebut sebagai “daerah pembelahan” yang dibagi atas:

1. Nucleus (inti sel)

  • Proses pembelahan pada inti sel disebut karyokinesis (karyon = inti; kinesis = kejadian atau gerakan).
2. Cytoplasma

  • Proses pembelahan pada sitoplasma disebut cytokinesis (cytus = sel).
  • Karyokinesis mengalami pembelahan terlebih dahulu, untuk kemudian diikuti dengan cytokinesis.
Mekanisme Pembelahan Sel (Mitosis)
  • Pembelahan sel menampakkan keaktifan mitosis dan sitokinesis sebagai perubahan yang terus-menerus. 
  • Mitosis memiliki beberapa fase antara lain: profase, metafase, anafase, dan telofase. 
  • Mitosis berasal dari kata mitos yang berarti benang, disebut demikian karena dalam prosesnya terbentuk benang-benang kromosom dalam inti. 
  • Pembelahan semacam ini terjadi pada seluruh jaringan tubuh, baik jaringan somatic (vegetatif) maupun jaringan germinatif (generatif). 
  • Dalam mitosis, karyotipe yabf 2 N (diploid) pada sel induk akan tetap 2 N pada sel anak.
Mitosis terjadi pada sel jaringan yang selalu bersifat muda dan mampu membelah diri terus menerus (neristematis). Dibagi atas dua fase utama, yaitu:
  1. Persiapan (interfase)
  2. Pembelahan (mitosis)

Persiapan (interfase), terbagi atas tiga periode:

Periode G1 (Gap 1); waktu senggang

  • Periode sel sedang aktif mensintesa ARN (transkripsi) dan protein (transisi) serta membentuk sitoplasma baru, yang nantinya merupakan bahan untuk membina sel anak. 
  • Peristiwa ini mendorong inti dan sitoplasma membesar. Lama G1 30-40% dari waktu daur.
Periode S (sintesa)

  1. Merupakan masa aktif mensintesa ADN (replikasi). 
  2. Dengan replikasi terbentuk bahan genetic baru yang persis sama susunan AND-nya dengan yang lama. 
  3. Dengan demikian sel anak mengandung bahan genetis yang sama dengan sel induk.
Periode G2
  • Merupakan masa persiapan sitoplasma untuk membelah dan merampungkan bahan yang disintesa pada periode G1. 
  • Nucleus masih nyata dibungkus membran inti mengandung satu atau lebih nucleoli. 
  • Dua sentrosom (pusat organisasi mikrotubul) muncul di luar inti, terbentuk selama awal interfase melalui proses replikasi dari sentrosom tunggal (pada sel hewan setiap sentrosom mempunyai ciri terdiri atas sepasang sentriol). 
  • Mikrotubul meluas dari sentrosom dalam susunan radial dinamakan aster (stars = bintang). 
  • Kromosom telah menduplikasi (selama fase S) tetapi dalam keadaan ini tidak dapat dibedakan sendiri-sendiri, karena masih dalam bentuk serabut kromatin yang terkemas longgar. 
  • Pada periode ini semua bahan sitoplasma dan organel menjadi rangkap dua. Lamanya 10-20% dari waktu daur. Periode ini segera disusul oleh pembelahan (mitosis).
Pembelahan (mitosis), memiliki 4 fase yaitu:

  1. Profase
  2. Metafase
  3. Anafase
  4. Telofase
Profase (fase awal)

  • Pada periode ini terjadi perubahan pada nucleus dan sitoplasma. Pada nucleus, nukleuli menghilang. Serabut-serabut kromatin menjadi lebih menggulung rapat dan melipat sehingga kian pendek dan tebal berubah menjadi kromosom, yang besar dan tampak jelas. Kromosom kemudian berduplikasi menjadi dua kromatid anak yang sama, dan kemudian bergabung pada sentromer. Spindle mitosis terbentuk di sitoplasma, tersusun dari mikrotubul dan bergabung dengan protein, tersusun teratur di antara dua sentrosom. Selama profase sentrosom bergerak berlawanan satu sama lain dan nampaknya bergerak sepanjang permukaan inti melalui pemanjangan berkas mikrotubul diantara dua sentrosom.
Prometafase
  • Selama prometafase membrane inti terpotong-potong. Mikrotubul dari spindle sekarang dapat masuk ke dalam inti dan berhubungan dengan kromosom yang telah menjadi lebih padat. Berkas mikrotubul dinamakan serabut spindel, yang meluas dari setiap kutub kea rah ekuator sel. Setiap kromatid dari kromosom kini memiliki struktur khusus yang dinamakan kinetokor, yang terletak pada daerah sentromer. Mikrotubul yang menambat pada kinetokor dinamakan mikrotubul-kinetokor. Struktur ini menyebabkan kromosom bergerak. Mikrotubul yang lain, mikrotubul-nonkinetokor, tersusun radier dari kutub menuju ke ekuator sel tanpa menambat pada kromosom.
Metafase
  • Sentrosom berada pada kedua kutub sel yang berlawanan. Kromosom berada pada bidang metaphase, bidang yang mempunyai jarak yang sama antara spindle kedua kutub. Spindel sentromer dari semua kromosom lurus satu sama lain pada bidang metaphase. Untuk setiap kromosom, kinetokor dari permukaan kromatid anak berlawanan kutub sel. Karena itu kromatid yang sama dari setiap kromosom menambat pada mikrotubul-kinetokor yang tersusun radier dari kutub yang berlawanan dari sel induk. (Serat gelendong terbentuk sempurna antara kutub, kromosom menggantung pada serat gelendong tersebut lewat sentromernya, dan semua bergerak ke bidang ekuator hingga kromosom terletak pada satu bidang datar)
Anafase (fase kembalinya kromosom ke kutub bersebrangan.)
  • Sentromer dari setiap kromosom mengganda, sehingga setiap kromatid memiliki sentromer sendiri-sendiri. Setiap kromatid sekarang dianggap sebagai calon kromosom. Spindle mulai menggerakkan kromatid menuju kutub sel yang berlawanan. Hal ini dikarenakan mikrotubul kinetokor menambat pada sentromer. Mikrotubul kinetokor memendek ketika kromosom mendekati kutub sel. Pada saat yang bersamaan kutub dari sel juga bergerak lebih jauh. Akhir dari anafase kedua kutub sel sama jaraknya dan merupakan kumpulan dari kromosom.
Telofase (fase akhir. Pada fase ini sel induk menjadi dua sel anak.)
  • Pada fase telofase, mikrotubul nonkinetokor selalu memanjang dan anak inti mulai terbentuk pada kedua kutub sel, dan kromosom berada dalam keadaan terhimpun. Membrane inti terbentuk dari potongan-potongan membrane inti sel induk dan bagian lain dari system endomembran. Pada fase profase dan prometafase selanjutnya nucleoli nampak kembali dan serabut kromatin dari masing-masing kromosom menjadi kurang erat memilin. Mitosis merupakan pembelahan dari satu inti menjadi dua inti yang secara genetic sama.
Sitokinesis
  • Sitokinesis terjadi setelah pembelahan karyokinesis selesai. Kemudian disusul pembentukan sitoplasma bagi tiap inti baru. Periode G1 dan G2 dikonkritkan di sini.
  • Di daerah bidang ekuator terjadi invaginasi yang membentuk ceruk pada kedua sisi, yang makin lama makin dalam, dan akhirnya bertemu dengan mikrotubuli serat gelendong. Mikrotubuli bersama dengan mikrofilamen ikut membentuk gentingan. Bersamaan dengan itu terbentuk vesikula di bidang ekuator. Vesikula kemudian bersatu sehingga terbentuk dua membran sel. Sebelum kedua sel anak terpisah sempurna, terlebih dahulu terjadi penggandaan organel.
  • Sedangkan sitokinesis secara lebih terperinci memperlihatkan proses yang berbeda antara sel hewan dan tumbuhan. Pada sel hewan, sitokinesis terjadi melalui proses yang dikenal sebagai pembelahan. Tanda peretama dari pembelahan adalah nampaknya alur yang membelah, terletak pada permukaan sel dekat bidang metaphase induk, dimulai dengan alur yang dangkal. Pada sisi sitoplasma dari alur terdapat cincin kontraktil dari mikrofilamen yang tersusun dari protein aktin. Protein ini mempunyai fungsi utama yang sama dengan yang terjadi pada peristiwa kontraksi otot, dan gerakan sel. Bila cincin dari mikrofibril berkontraksi dan diameternya mengecil maka alur pembelahan menjadi lebih dalam sampai sel induk menggenting menjadi dua. Jembatan terakhir antara dua sel anak mangandung spindel mikrofibril, yang akhirnya pecah meninggalkan dua sel baru yang memisah.
  • Pada sel tumbuhan yang mempunyai dinding sel berbeda, saat sitokinesis tidak terdapat alur pemisah, namun terdapat suatu struktur yang dinamakan “bidang sel”. Bidang sel terbentuk selama telofase melintang di tengah-tengah sel induk. Gelembung-gelembung dari apparatus golgi didorong sepanjang mikrotubul ke tengah sel, meluas membentuk bidang sel. Peleburan gelembung membentuk dua membran yang seringkali bergabung dengan membran plasmanya masing-masing. Dinding sel baru terbentuk antara dua membran dari bidang sel.
Sitokinesis terdiri atas dua macam, yaitu:
  1. Disjunctive
  2. Astral
Disjunctive
  • Sitokinesis yang disjunctive, menghasilkan sel-sel anak yang lepas-lepas. Contoh: profiliferasi limfosit dalam reaksi immune, sehingga terbentuk klon. Sel tidak berhubungan / berlekatan satu sama lain.
Astral
  • Sitokinesis astral menghasilkan sel-sel anak yang masih berhubungan / berlekatan. Contoh: cleavage pada zygote membentuk blastula. Tiap sel dalam blastula (blastomer) masih berlekatan dan berhubungan. Hubungan antara sel bersebelahan berupa gap junction, yang merupakan tempat keluar masuk / transport berbagai bahan bermolekul kecil, ion, air, dan juga terjadi perimbangan muatan listrik.
Struktur dan Fungsi Spindel Mitosis (Gelendong Pembelahan)
  • Peristiwa mitosis bergantung pada suatu struktur yang dinamakan spindel mitosis (gelendong pembelahan), yang mulai terbentuk di sitoplasma selama profase. Struktur ini terdiri atas serabut-serabut yang terbuat dari mikrotubul yang bergabung dengan protein.
  • Sementara spindel mitosis terakit, mikrotubul dari sitoskeleton secara parsial terurai, mungkin memberukan bahan untuk digunakan membangun spindel. Spindel mikrotubul memanjang melalui penggabungan banyak unit protein tubulin. Banyak mikrotubul sejajar membentuk berkas yang cukup besar yang dinamakan serabut spindel. Perakitan spindel mikrotubul dimulai di sentrosom (microtubule organizing center).
  • Mikrotubul adalah polar yang berbeda ujungnya (positif & negatif). Suatu mikrotubul panjangnya dapat berubah melalui penambahan atau pengurangan protein tubulin hanya pada ujung positif. Ujung positif spindel mikrotubul adalah ujung yang jauh dari sentrosom. Sedangkan ujung negatif merupakan ujung yang dekat dengan sentrosom. Pada sel-sel hewan, sepasang sentriol terdapat pada pusat dari sentrosom, namun struktur ini tidaklah penting bagi pembelahan sel. Berbeda dengan sel hewan, sentrosom dari sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. Penelitian menunjukkan bahwa apabila sentriol dari sel hewan dirusak dengan sinar laser mikro, spindel tetap terbentuk dan berfungsi selama mitosis.
Meiosis
  • Meiosis adalah bentuk pembelahan inti yang sangat penting diantara reproduksi seksual organisme. 
  • Meiosis terjadi pada organisme ekuariot, yang selnya mengandung jumlah kromosom diploid. 
  • Dioploid berarti rangkap, dalam artian bahwa informasi genetik pada salah satu kromosom dapat dijumpai pada bentuk yang sama ( atau termodifikasi) pada kromosom kedua didalam inti. 
  • Kedua kromosom membentuk pasangan sedemikian yang dinamakan homolog. Sel diploid manusia mengandung 46 kromosom, atau 23 pasang homolog ke 46 kromosom dari zigote terbentuk dari fertilisasi, yang berasal dari sel sperma dan sl telur yang masing-masing gamet memberikan satu anggotanya dari setiap pasangan homolognya.
Pemembelahan meiosis terdiri atas 2 tahap yaitu:
  1. Meiosis pertama (I)
  2. Meiosis kedua (II).
Masing-masing memiliki ke-4 fase: profase, metafase, anafase, dan telofase. Istirahat antara kedua tahap disebut interkinesis. Profase meiosis I dibagi atas 5 sub-tahap: leptoten, zigoten, pakiten, diloten, dan diakinesis.

Meiosis I
Interfase I
  • Meiosis didahului oleh interfase, dimana setiap kromosom mengalami proses replikasi. Proses ini menyerupai pada replikasi kromososm mitosis. Untuk setiap kromosom, stiap kromatid ( anak) menyerupai sifat genetik yang sama menambat pada sntromer. Ada sepasang sentriol (pada sel hewan) juga mengalami replikasi untuk membentuk dua pasang.
Profase I
Profase meiosis I dibagi atas 5 sub-tahap: 

  1. leptoten
  2. zigoten
  3. pakiten
  4. diploten
  5. diakinesis.
1) Leptoten
  • Kromatin terpilin menjadi kromosom. Terdapat 2 pasang kromosom homolog
2) Zigoten
  • Kromosom homolog mengandeng; sebelah berasal dari kromosom induk (kromosom matroklin) dan sebelah lain dari kromosom bapak (kromosom patroklin). Dibeberapa tempat terjadi persilangan (chiasma; jamak: chiasmata).
3) Pakiten
  • Kromosom homolog mengandeng rapat sepanjang lengannya, dari pangkal ke ujung terbentuk tetrade.
4) Diploten
  • Setiap kromosom membelah longitudinal membentuk dua kromatid, sentromer masih satu terjadi chiasmata pada beberapa tempat natara kromatid homolog; dari chiasmata timbul crossing over.
5) Diakinesis
  • Kromosam (kromatid) mencapai pilinan maksimal, sehingga mencapai besar maksimal pula. Kromosom homolog merenggang, nukleus menghilang, selapu inti hancur, sentriol menganda dan setiap pasang menuju kutub berseberangan.
Metafase I
  • Selapu inti menghilang, serat gelondong terbentuk anatara kedua pasang sentriol, yang terdiri dari: mikrotubuli dan mikrofilia. Kromosom (berpasangan homolog) bergerak ke bidang ekuator.
Anafase I
  • Sel memanjang dari kutub ke kutub. Kromosom homolog berpisah ke kutub berseberangan dan kromatid belum terbentuk.
Telofase I
  • Selaput inti terbentuk kembali. Sepasang sentriol berada dipinggir luar selaput. Cytokinesis terjadi, sehingga sel induk menjadi sel anak. Gametosit I pada akhir meiosis I menjadi gametosit II.
Meiosis II
Proses Miosis II

Profase II
  • Masanya pendek sekali. Selaput inti hilang. Sentriol mengganda dan menuju ke kutub berseberangan inti. Kromatid disetiap kromosom belum terpia=sah. Sentromer masih satu.
Metafase II
  • Serat gelondong terbentuk antara pasangan sentriol. Kromosom (sepasang kromatid) yang menggatung pada serat gelondong lewat sentromer pindah ke bidang equator.
Anafase II
  • Sel memanjang dari kutub ke kutub menurut poros serat gelondong. Sentromer pada setiap pasangan kromatid membelah sehingga kromatid bersaudara lepas. Kromatid berpisah dan bergerak ke kutub berseberangan.
Telofase II
  • Kromatid terbuka kembali pilinannya, terlepas-lepas, menjadi jala halus: kromatin. Selaput inti terbentuk kembali. Nucleolus muncul, melekat pada kromatin. Terjadi sitokinesis, sehingga dari dua gametaosit II terbentuk 4 gametid. Gametid mengandung kromosom separuh dari sel induk, dari 2N pada gametosit I, menjadi 1N pada gametid.
  • Dengan proses transformasi gametid nanti akan berubah menjadi gamet, yakni sel benih matang. 
Meiosis menghasilkan gamet yang mengandung bahan genetis yang:
  1. Separuh dari bahan gametogonium
  2. Bervariasi, karena terjadinya crossing over pada profase I
Perbedaan Antara Mitosis dan Meiosis

Interfase lama sebentar
  • Profase Sebentar; tidak ada subfase; hanya sekali Agak lama; dibagi atas subfase pada meiosis I; 2x; frofase II kromatid tidak menggandakan lagi
  • Terbentuknya kromosom Awal profase Pertengahan profase: pakiten
  • Kromosom homolog Tidak bergandeng Bergandengan pada zigoten sampai anafase meiosis I
  • Dan diploidTetrad, synapsis, metafase Tidak terbentuk Terbentuk pada pakiten dan diploid
Metafase
  • Sentromer Membagi 2 sehingga kromatid berpisah Metafase I: belum menbagi 2
Metafase II: 
  • Membagi 2
Anafase, kromatid Pindah ke kutub berseberangan 
Anafase I: 
  • kromosomhomolog pindah ke kutub berseberangan
Anafase II: 
  • kromatid pindah ke kutub bersebernaga
Telofase Terbentuk 2 sel anak masing-masing 2N 
  • Telofase I: terbentuk 2 sel anak masing-masing 2N
  • Telofase II: terbentuk 4 sel anak masing-masing 1N
Interkinesis 
  • Tidak ada Ada, antara meiosis I dan meiosis II
Terjadi pada Jaringan somatif dan germinatif Hanya pada germinatif

Mitosis adalah proses pembagian genom yang telah digandakan oleh sel ke dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel
Mitosis umumnya diikutisitokinesis yang membagi sitoplasma dan membran sel. Proses ini menghasilkan dua sel anakan yang identik, yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama. Mitosis dan sitokenesis merupakan fase mitosis (fase M) pada siklus sel, di mana sel awal terbagi menjadi dua sel anakan yang memiliki genetik yang sama dengan sel awal.


Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis. Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner.


Karena sitokinesis umumnya terjadi setelah mitosis, istilah "mitosis" sering digunakan untuk menyatakan "fase mitosis". Perlu diketahui bahwa banyak sel yang melakukan mitosis dan sitokinesis secara terpisah, membentuk sel tunggal dengan beberapa inti. Hal ini dilakukan misalnya oleh fungi dan slime moulds. Pada hewan, sitokinesis dan mitosis juga dapat terjadi terpisah, misalnya pada tahap tertentu pada perkembangan embrio lalat buah.


asil utama dari mitosis adalah pembagian genom sel awal kepada dua sel anakan. Genom terdiri dari sejumlah kromosom, yaitu kompleks DNA yang berpilin rapat yang mengandung informasi genetik vital untuk menjalankan fungsi sel secara benar. Karena tiap sel anakan harus identik secara genetik dengan sel awal, sel awal harus menggandakan tiap kromosom sebelum melakukan mitosis. Proses penggandaan terjadi pada pertengaha intefase, yaitu fase sebelum fase mitosis pada siklus sel.


Setelah penggandaan, tiap kromosom memiliki kopi identik yang disebut sister chromatid, yang berlekatan pada daerah kromosom yang disebutsentromer. Sister chromatid itu sendiri tidak dianggap sebagai kromosom.



2 comments:

Unknown said...

ILMU BIOLOGINE PAKDE MANTAB >> TERUS BERBAGI YA PAKDE >> MINTA IZIN UNTUK SAYA KOPI DI BLOG SAYA YA PAKDE >>>>

Unknown said...

referensi sangat bermamfaat termakasi pak..salam hormat saya.

Support web ini

BEST ARTIKEL