Tuesday, September 23, 2014

SEKEDAR MENGINGAT JEJAK KEJADIAN

Bulan ini ramai pembicaraan di dunia maya tentang math SD, maka saya tidak ikut ikut meramaikan hanya mau menempatkan doc bahwa pernah ada moment heboh di bulan ini . Matematika adalah harus jago melogika untuk tahu pasti. Apakah 4 X 6 = 6 X 4 ini yang dihebohkan.

Konsep perkalian dalam math adalah penjumlahan yang berulang , jadi jika 3 X 6 artinya 6 + 6 + 6
Jadi memang seharusnya yg namanya 4x6 = 6+6+6+6 dibacanya "four times six" atau "empat kali enam = enamnya empat kali" , Sama seperti minum obat 3x1 sehari dibacanya "3 kali dalam sehari dan tiap minum sebanyak 1 tablet" , ada empat keranjang, masing2 isinya 2 apel : 2+2+2+2 = 4x2 = 8 Contoh diatas sebagai alat bantu membuat logika pikir atau Alat bantu yang berupa kesepakatan untuk mengenalkan konsep perkalian. 
Agar contoh terlihat ekstreem dicontohkan lagi makan atau hal hal yang terjadi yang lebih visual 
makan 3 x 1 hari berarti kita tidak laper karena sehari makan nya 3 kali. Namun jika dicontohkan  makan 1 x 3 hari artinya makan sekali untuk 3 hari ke depan atau dibacanya setiap 3 hari kita makan sekali  bisa dibayangkan laparnya ( mungkin itu maksudnya setiap 3 hari sekali makannnya di restoran yang enak banget )
Jadi ketika anak bisa menyimpulkan sendiri bahwa NOTASI perkalian ternyata ada maksudnya maka kesepakatan yang dibentuk lebih baik. OK

Artinya 

Jangan buru buru atau hantam kromo kasih contoh, sedikit , bisa nggak bisa nggak peduli karena setelahnya dikasih tugas atau PR kerjakan tanpa ada kesepakatan .... ini yang biasanya menimbulkan masalah , Namun kalau pak Gurunya sudah membuat kesepakatan, penjelasan yang baik pasti hasilnya baik. 

Maka Seorang guru itu jangan hanya mengajar dengan prinsip Pokoknya harus selesai ,karena dikejar target ,dan hal tidak penting lainnya, Segera Move ON belajar yang banyak untuk meninggalkan pokoknya menjadi bagaimana baiknya supaya jelas dan menyenangkan   



No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL