Friday, August 31, 2012

IMAGINASI DAN TEKAD YANG BAIK


Sebagai manusia yang dicipta untuk perbaikan bumi ini ada pedoman baik yang tentu kita sudah mempunyaimya di bawah sadar alam pikir kita , imaginasi ini akan baik kalau di bumikan ....semoga 

Jika dirangkaikan imaginasi itu dibumikan menjadi demikian 

  1. Saya selalu menyapa rekan dengan ramah dan senyuman tulus.
  2. Saya memupuk persatuan dan menghindari terbentuknya gap atau kelompok-kelompok di tempat kerja saya.
  3. Saya menciptakan suasana kekeluargaan di tempat saya bekerja
  4. Saya mensupport teman dengan memberikan pujian dan semangat
  5. Saat rekan berbicara, saya menatap, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan menanggapi dengan penuh kasih dan tidak menyela (memotong pembicaraan) rekan yang sedang bicara.
  6. Saya peduli dengan rekan-rekan saya, terhadap perasaan mereka, terhadap peristiwa yang mereka alami, dan saya memberikan tanggapan penuh kasih dan penghargaan.
  7. Saya akan bekerjasama dengan rekan saya dan menghormati mereka, termasuk yang berbeda pendapat dengan saya.
  8. Saya menerima kritik, saran yang disampaikan oleh rekan-rekan saya dengan lapang dada.
  9. Saya memaafkan rekan saya, yang melakukan kesalahan dan mengampuninya dengan tulus.
  10. Saya mendengarkan dengan empati, setiap rekan yang bercerita dan berbagi pengalaman hidupnya.
  11. Saya tetap berusaha menghargai rekan, sekalipun kata-kata atau perbuatan yang bersangkutan membuat saya tersinggung.
  12. Saya mengutamakan kasih dan penghargaan di atas perasaan jengkel dan marah.
  13. Saya berbagi bersama dengan rekan-rekan saya, terutama dalam hal ide, gagasan, dan pengetahuan 
  14. Saya berbicara dengan lembut, dengan menggunakan kata-kata yang tidak menyakiti rekan.
  15. Saya peduli dan cepat tanggap perasaan dan situasi rekan.
  16. Saya berusaha memahami rekan (perasaan dan pikirannya) seperti apa adanya.
  17. Saya hanya membicarakan hal-hal yang positif mengenai rekan saya.
  18. Saya menghentikan humor yang mengolok-olok teman, yang berpotensi membuat teman malu dan merasa tersinggung.
  19. Saya selalu berkata sopan dan santun
  20. Saya menyampaikan pendapat saya dengan baik, sedemikian rupa, sehingga sekalipun pendapat saya berbeda, tetap tidak menyinggung perasaan rekan.
  21. Saya menyapa anak-didik saya dengan ramah dan senyum yang tulus.
  22. Saya mendengarkan penuh empati, anak-didik saya yang berbicara dengan saya.
  23. Saya berusaha memahami anak-didik saya yang melakukan kesalahan dan berusaha mengindari sikap dan kecenderungan untuk memvonis anak-didik
  24. Saya memberi kesempatan anak-didik saya mengeksplorasi kemampuannya.
  25. Saya memuji anak-didik saya yang melakukan perbuatan yang bernilai.
  26. Saya menggunakan bahasa yang lemah lembut pada anak-didik, sekalipun berhadapan dengan anak-didik yang menjengkelkan dan bermasalah.
  27. Saya menolong setiap anak-didik sampai mereka mengetahui dan mampu melakukan sesuai yang diharapkan.
  28. Saya berusaha membantu anak-didik untuk menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapinya.
  29. Saya memberi contoh nilai penghargaan pada anak-didik dengan menghargai dan mendengarkan setiap pendapat mereka.
  30. Saya memberi anak-didik saya kesempatan untuk bertanya dan berkreasi.
  31. Saya membantu anak-anak yang lemah, memiliki kesulitan dalam memahami pelajarannya.
  32. Saya menjalin hubungan pribadi yang baik dengan anak-didik saya.
  33. Saya berusaha mengenal anak-didik  dengan sebaik-baiknya.
  34. Saya berusaha memahami anak yang membuat kesalahan, dan tidak memarahinya.
  35. Saya menghentikan setiap situasi kelas yang mengolok-olok teman.
  36. Saya menangani setiap konflik anak-didik dengan kelembutan dan penuh kasih sayang.
  37. Saya membesarkan hati anak-didik, sehingga mereka merasa mampu, tidak takut dan cemas, serta percaya diri.
  38. Saya menyuruh anak-didik dengan lemah lembut, dan penuh penghargaan, misalnya dengan menggunakan kata, “Tolong…”
  39. Saya mengucapkan terimakasih pada anak-didik yang berperilaku sesuai dengan nilai atau yang telah mengerjakan tugasnya.
  40. Saya mohon Gusti agar saya diberi kekuatan untuk merealisasikan . amin

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL