Tuesday, January 12, 2016

PREDIKSI UN BIOLOGI 2016

SKL BIOLOGI UN 2016




SKL DASAR


  1. Siswa mampu memahami dan menguasai: ciri- ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan
  2. Siswa mampu memahami tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) – khusus ekosistem
  3. Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi pada tumbuhan tinggi . struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata bagian-bagian sistem organ pada manusia dan fungsinya gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
  4. Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel , susunan RNA, DNA, dan kromosom metabolisme sel , bioteknologi
  5. Siswa mampu memahami dan menguasai: hukum-hukum Mendel, asal-usul kehidupan teori evolusi
  6. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup, perubahan lingkungan, daur biogeokimia
  7. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: mekanisme kerja sistem organ -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ
  8. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membra –enzim -mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme-reproduksi sel-sintesis protein -dampak bioteknologi
  9. Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: penyimpangan semu hukum Mendel , pembentukan gamet , hereditas manusia , petunjuk/bukti-bukti evolusi
  10. Siswa mampu menggunakan nalar dalam: percobaan pengelompokan makhluk hidup , perubahan lingkungan dan dampaknya
  11. Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratoriu percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  12. Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -percobaan tentang transpor membran -percobaan metabolisme sel -percobaan bioteknologi
  13. Siswa mampu menggunakan nalar dalam: hereditas manusia dalam peta silsilah hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi


PENTERJEMAHAN 

SOAL PEMAHAMAN - C1  (level one)

  1. Menjelaskan hubungan bakteri dan Jamur peranannya dalam kehidupan 
  2. Menjelaskan suatu Deskripsi sebuah ekosistem darat (bioma) atau ekosistem aquatika siswa dapat menentukan jenisnya
  3. Disajikan jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem tertentut, siswa dapat menganalisis hubungan antar komponennya bisa Nichianya , tingkat trophinya atau energinya
  4. Dideskripsikan suatu jaringan tumbuhan , siswa dapat mendeskripsi macam jaringan tumbuhan dengan perannya 
  5. Dideskripsikan suatu jaringan Hewan , siswa dapat mendeskripsi macam jaringan Hewan/ Manusia dengan perannya 
  6. Disajikan deskripsi berupa gambar system organ pencernaan/ekskresi/ Reproduksi atau Respirasi siswa tahu perannya misal lambung untuk mengubah makanan protein menjadi pepton karena adnya pepsin, atau dibagian mana terjadi difusi oksigen , atau pula dibagian mana urine sekunder dibentuk OK
  7. Diberikan kasus deskripsi diagnosa siswa dapat menentukan gangguan atau kelainan dari system organ misalnya orkitis, kolik, anemia , leukemia, sklerosis, sirosis. embolus , trombus, diabetes melitus, dimensia 
  8. Disajikan gambar sel, siswa dapat menjelaskan salah satu organel sel dan fungsinya
  9. Deskripsi asam Nukleotida DNA atau RNA bedanya, ikatan basa nitrogen penyusunnya, replikasinya 
  10. Disajikan diagram/deskripsi suatu metabolisme di sel siswa dapat mengidentifikasi sebuah proses (bioproses) itu suatu katabolisme (penyederhana an)atau anabolisme(penyusunan) 
  11. Disajika kasus deskripsi Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern tertentu tentu Konvensional berbasis fermentasi dan Bioteknologi modern berbasis Rekayasa / Manipulasi gen 
  12. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida Mendell klasik , siswa dapat mengintepretasi hasil persilangannya : Tahu penentuan gamet , produk Rekombinasinnya dan Ratio nya baik ratio fenotif dan ratio genotif pada F2 nya OK
  13. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis maupun abiogenesis modern (Stanley Miller- Urey) siswa dapat menjelaskan proses/implikasi yang terjadi 
  14. Siswa dapat menganalisa Teori Seleksi alam Darwin yang tertuang dalam On the Origin of species by Means of Natural selection yang penting dalam evolusi 
SOAL LEVEL 2 

  1. Diberikan deskripsi gambar, tabel atau kalimat dengan berbagai cara siswa dapat menentukan  semuanya itu ada hubungannya dengan ciri organisme yang ditanyakan misal organisme itu pasti Gymnospermae, Monokotil , Lumut , Tumbuhan Paku, Jamur Basidiomycota, Ciliata , Reptilia OK 
  2. Siswa dapat menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan dan tentu mengetahui apa yang menyebabkan misalnya banyak CO2 yang dibuat manusia dalam revolusi industri menyeabkan efek rumah kaca, banyaknya penggunaan insektisida kimia menyebabkan resistensi hama , penanaman produk pertanian yang monokultur tanpa diversivikasi juga akan berpengaruh pada lingkungan , kasus eutrofikasi tentu juga harus dipahami OK
  3. Diberikan diagram daur BioGeoKimia baik C-H-O-N-S-P siswa dapat menentukan peran dan deskripsi proses yang terjadi
  4. Mekanisme kerja Enzim dengan Organnya di pencernakan, Posisi sendi pada hubungan antar tulang, Nefron pada kerja ginjal, Pergerakan darah dipembuluh pada sistem sirkulasi, Mekanisme menstruasi atau peran bagian otak besar , medula oblongata serta kerja hati dalam membentuk urea dalam deaminasi 
  5. Gangguan penyakit pada sistem sirkulasi , ekskresi setelah terjadi analisa darah atau urinnya 
  6. Memahami Transport membran proses perpindhan zat dari satu tempat ke lainnya berupa osmose atau difusi bahkan Transprt aktif
  7. Siswa dapa membaca Grafik dengan kesimpulan yang didapatkan dari data grafik pada kerja enzim, percobaan pertumbuhan atau percobaan enzim katalase
  8. Disajikan diagram Reaksi Calvin Benson/ Reaksi gelap atau diagram Glikolisis atau Siklus Krebs siswa memahami maksud diagram itu    
  9. Sisa mampu memahami proses respirasi laktat atau Fermentasi alkohol ataupun fermentasi asam Cuka
  10. Siswa mampu mengidentifikasi setiap fase pada pembelahan mitosis baik Profase- Metafase - Aafase ataupun Telofase
  11. Siswa mampu memahami proses sintesa Protein baik itu Transkripsi - Translasi maupun Sintesa protein sendiri dengan memahami proses perubahan kode genetiknya 
  12. Siswa mampu memahami Dampak negatif dari produk Bioteknologi modern baik bagi mahkluk hidup maupun lingkungan 
  13. Siswa mampu menyelesaikan soal Hukum semu Mendel baik Interaksi gen , Kriptomeri , Polymeri , Epistasi Hypostasis maupun Gen Komplementer dengan mengetahui Ratio fenotif dan genotifnya 
  14. Siswa mampu menentukan urutan Gametogenesis , Mampu menentukan proses miosis 1 da 2 nya maupun produk, tempatnya dan perbedaannya jika ditanya gametogenesis jantan dan betina
  15. Siswa dapat membaca Pedigree atau Peta silsilah pada penyakit keturunan manusia : albino, Butawarna, hemophily maupun penentuan golongan darah rhesus maupun ABO
  16. Siswa dapat menentukan Bukti yang real dari proses evolusi baik yang dilakuka August weisman , Darwin , Lamark , George Cuvier , Oparin 
  17. Siswa dapat menentukan nama jenis tanaman/ hewan dengan menggunakan Kunci determinasi 
  18. Siswa dapat mengidentifikasi efek yang muncul dari polutan entah itu polutan gas seperti CO2, SO2 atau NOx , CFC , smog atau radiasi Radio aktif ,   serta polutan sampah , DDT atau proses Eutrofikasi
  19. Siswa dapat membaca jenis penyakit pada system organ pernafasan , ekskresi, pencernaan yang ditimbulkan dengan melihat analisa laboratorium yang disajikan
  20. Disajika data hasil pengukuran pertumbuhan bisa menentukan berapa rata rata pertumbuhannya atau apa yang mempengaruhi hasil data tersebut ( bisa membaca data atau grafikdari data pertumbuhan )
  21. Diberikan data percobaan transport membran bisa mengetahui jenis peristiwa apa yang terjadi atau jenis transport tersebut dengan alasannya
  22. Diberikan data percobaan kerja enzim katalase bagaimana optimal kerjanya
  23. Peta silsilah penyakit keturunan buta warna , hemophyli sebagai wakil sex linkage maupun penyakit albino , imbisil wakil dari autosomal linkage atau ellel ganda go; darah dapat menentukan kerurunan yang dihasilkan 
  24. Evolusi Darwin dan Lamarck , August weisman , Urey , stanley miller Louis pastuer maupun Hardy Weinberg dalam evolusi
  25. Peristiwa Speciasi dalam evolusi   
  26. Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern tertentu
  27. Siswa dapat menjelaskan hubungan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  28. Siswa dapat menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan
LATIHAN SOAL


1.   Diketahui kondisi abiotik suatu habitat adalah sebagai berikut.
  • Suhu sangat panas di waktu siang hari dan - suhu sangat dingin di waktu malam
  • Curah hujan rendah 
  • Vegetasi berupa tanaman xerofit
Jika terbentuk ekosistem, maka ekosistem yang cocok adalah….
A. padang lumut
B. hutan tropis
C. hutan bakau
D. padang gurun
E. hutan meranggas


2.


3. Perhatikan gambar protozoa berikut!

Berdasarkan gambar makhluk hidup tersebut adalah…
A. Stentor bergerak dengan ciliata
B. Paramecium bergerak dengan flagel
C. Amoeba bergerak dengan pseudopodia
D. Flagelata bergerak dengan flagel
E. Vorticella bergerak dengan ciliate

4. Perhatikan gambar!



Yang dijadikan dasar ke-3 hewan digolongkan Molluska adalah memiliki ….
A. tubuh lunak, simetri bilateral
B. terlindung cangkang, radial simetri
C. berlendir, berkaki pipih
D. lunak, terlindung cangkang
E. lunak, bergerak dengan kaki perut

5. Pemerintah menetapkan suatu areal menjadi suaka margasatwa bertujuan untuk ....
A. melindungi hewan-hewan tertentu yang hampir punah di tempat baru
B. mengembangbiakan hewan-hewan tertentu yang hampir punah
C. membiarkan kehidupan satwa tertentu dengan tujuan untuk penelitian
D. melindungi habitat hewan tertentu dari kerusakan lingkungan
E. melindungi satwa-satwa yang endemik agar tidak menyebar ke daerah lain

6. Ciri-ciri tumbuh-tumbuhan sebagai berikut :
  1. Memiliki akar, batang, dan daun sebenarnya
  2. Belum memiliki akar, batang, daun sebenarnya
  3. Memiliki berkas pembuluh angkut
  4. Belum memiliki berkas pembuluh angkut
  5. Memiliki fase protalium
  6. Memiliki fase protonema
Ciri-ciri yang dimiliki Pteridophyta adalah….
A. 1, 3 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 4, 5 dan 6
E. 5, 6 dan 1

7. Perhatikan skema dibawah ini:


Berdasarkan skema merupakan daur hidup dari cacing, yaitu ….
A. Ascaris lumbricoides
B. Trichinell spiralis
C. Ancylostoma duodenale
D. Wuchereria bancrofti
E. Wuchereria bancrofti

8. Berikut anggota hewan Vertebrata:


Ke-dua hewan dapat dikelompokkan sama karena memiliki persamaan ciri, yaitu
A. Kulit ditutupi bulu
B. Suhu tubuh menyesuaikan lingkungan
C. Ovipar dengan telur bercangkang
D. Gigi bertaring
E. Jantung terdiri dari 2 atrium dan 2 ventrikel

9. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!


Organisme yang berperan sebagai predator dan berkedudukan sebagai konsumen II adalah ….
A. kelinci dan tikus kecil
B. elang dan serigala
C. elang dan burung hantu
D. tikus besar dan serigala
E. serigala dan burung hantu

10. Perhatikan gambar berikut!



Proses X dan Y yang terjadi pada daur biogeokimia tersebut adalah ….
A. respirasi dan fotosintesis
B. respirasi dan pembusukan
C. evaporasi dan transpirasi
D. transpirasi dan pembusukan
E. dekomposisi dan fotosintesis

11. Membuang sampah organik ke danau atau sungai akan berdampak buruk pada kehidupan organisme air. Hal ini karena pembusukan sampah organik dapat menyebabkan ….
A. pH air akan meningkat
B. air kekurangan oksigen
C. populasi cacing parasit meningkat
D. tumbuhan air kekurangan unsure hara
E. kandungan logam beracun meningkat

12. Perhatikan diagram percobaan berikut !

Peristiwa transport zat yang menyebabkan perubahan larutan garam menjadi naik pada gambar tersebut adalah…..
A. Difusi, karena aquades hipotonis dan larutan garam hipertonis
B. Difusi, karena aquades hipertonis dan larutan garam hipotonis
C. Osmosis, karena aquades hipertonis dan larutan garam hipotonis
D. Osmosis, karena aquades hipotonis dan larutan garam hipertonis
E. Transport aktif, karena ada perbedan aquades dan larutan garam

13. Perhatikan gambar !


Organel sel yang berfungsi untuk sintesis protein dan fotosintesis adalah ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 2
D. 3 dan 5.
E. 4 dan 5

14. Perhatikan sayatan mikroskopis usus halus di bawah ini !


Jaringan yang ditunjukkan X adalah ....
A. kubus selapis untuk melindungi
B. pipih selapis untuk melindungi
C. silindris berlapis banyak untuk sekresi
D. kubus berlapisbanyak untuk filtrasi
E. silindris selapis untuk absorpsi sari makanan

15. Mekanisme yang terjadi dalam relaksasi pada serabut otot adalah …
A. memanjangnya ukuran otot akibat geseran molekul aktin dan miosin yang memerlukan energi dari pemecahan ATP
B. memendeknya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan energi dari metabolisme aerobik glukosa
C. mengendurnya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan ion kalsium dan fosfat anorganik
D. menggesernya filamen-filamen yang lebih tebal ke filamen yang lebih tipis dan diperlukan energi dari pemecahan asam piruvat
E. memanjangnya ukuran serabut otot akibat zona Z menjadi lebih pendek dan zona H menjadi lebih panjang yang prosesnya tidak memerlukan ATP

16. Perhatikan gambar sel darah berikut ini!


Dari hasil tes darah seorang pasien jumlah sel darahnya yang sesuai dengan gambar tersebut adalah 2,5 juta/mm3 (normalnya 4 – 6 juta/ mm3). Maka dokter dapat menduga orang tersebut mengalami…
A. infeksi virus HIV
B. infeksi malaria oleh Plasmodium
C. demam berdarah oleh virus dengue
D. disentri akibat Amoeba
E. flu burung dari H5N1

17. Perhatikan gambar !

Berdasarkan gambar, enzim yang mengubah protein menjadi pepton terjadi pada organ nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

18. Nama udara pernafasan dan volume udara yang masuk atau keluar paru-paru saat bernapas normal adalah ….
A. Kapasitas total paru-paru, 6000 cc
B. Volume tidal, 500 cc
C. Udara residu, 1500 cc
D. Udara cadangan inspirasi, 1500 cc
E. Udara cadangan ekspirasi, 1500 cc

19. Perhatikan gambar nefron berikut!

Proses yang terjadi pada bagian Y dan jenis urin yang dihasilkannya adalah . . .
A. Filtrasi, urin primier
B. Filtasi, urin sekunder
C. Reabsorbsi, urin primer
D. Reabsorbsi, urin sekunder
E. Augmentasi, urin sesungguhnya

20. Berikut komponen saraf dari gerak refleks:
1. Neuron sensorik
2. Neuron motorik
3. Otak 
4. Sumsum tulang belakang 
5. Efektor
6. Reseptor
Jika terjadi gerak refleks, jalannya impuls saraf adalah....
A. 6 – 4 – 3 – 2 – 5
B. 6 – 2 – 4 – 1 – 5
C. 6 – 1 – 4 – 2 – 5
D. 5 – 4 – 3 – 2 – 6
E. 5 – 2 – 4 – 1 – 6


21. Perhatiakn proses mekanisme menstruasi berikut!

Hormon yang memacu proses pembentukan sel ovum pada (X) dan hormon yang berperan pada peristiwa (Y), secara berturut-turut adalah...
A. FSH dan LH
B. LH dan FSH
C. FSH dan estrogen
D. FSH dan progesteron
E. Progesteron dan estrogen


22. Antibodi dalam tubuh dibentuk oleh …..
A. basofil
B. eosinofil
C. limfosit
D. neutrofil
E. monosit

23. Perhatikan tabel hasil percobaan berikut !


Berdasarkan percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa …
A. pertumbuhan tanaman kurang optimal pada media campuran pakis dan sekam
B. nutrisi pupuk NPK dengan perbandingan 2 : 2 : 1 lebih efektif memacu pertumbuhan daun
C. pertumbuhan daun pada tanamn tidak dipengaruhi oleh penggunaan jenis pupuk
D. jenis pupuk anorganik ZA membentuk keindahan daun secara optimal
E. jenis pupuk urea dapat digunakan untuk memacu kecepatan tumbuh daun

24. Perhatikan grafik hubungan aktivasi energi dengan enzim!


Kesimpulan yang tepat tentang fungsi enzim berdasarkan grafik adalah ….
A. tidak mempengaruruhi aktivitas sel sehingga reaksi kimia relatif tetap
B. mengurangi energi aktivasi ssehingga reaksi kimia dapat berlangsung cepat
C. meningkatkan energi aktivasi sehingga reaksi kimia berlangsung lambat
D. meningkatkan suhu dalam sel sehingga aktivasinya menjadi tinggi
E. menghambat jalannya reaksi kimia pada suhu rendah

25. Perhatikan skema respirasi aerob!

Dari skema tersebut, peristiwa 1 dan 2 secara berturut-turut adalah ........
A. siklus Krebs dan glikolisis
B. siklus Krebs dan reaksi antara
C. glikolisis dan siklus Krebs
D. glikolisis dan STE
E. STE dan siklus Krebs

26. Glikolisis adalah suatu proses perombakan glukosa secara anaerob dalam sitoplasma sel, Hasil akhir glikolisis adalah .....
A. 2 ATP, 2 Piruvat, dan 2 NADH2
B. 2 ATP, 2 Piruvat, dan NADH2
C. 2 ATP, 1 Piruvat, dan 2 NADH2
D. 4 ATP, 2 Piruvat, dan 2 NADH2
E. 2 ATP, 2 Piruvat, dan NADH2

27. Berikut ini bagan siklus Calvin

Berdasarkan siklus Calvin tahapan 1, 2, dan 3 adalah ....
A. reduksi, fiksasi, dan regenerasi
B. regenerasi, fiksasi dan reduksi
C. reduksi, regenerasi, dan fiksasi
D. fiksasi, reduksi, dan regenerasi
E. regenerasi, reduksi, fiksasi

28. Proses fermentasi alkohol yang dilakukan Saccharomyces cereviceae (ragi) dalam nasi ketan yang mengandung karbohidrat dapat dituliskan dalam persamaan reaksi....
A. C6H12O6 à C2H5OH + CO2
B. C6H12O6 à 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP
C. C6H12O6 à C2H5OH + 2CO2 + O2
D. C6H12O6 à 2C3H4O3 + 2H2
E. C6H12O6 à C2H5OH + 2H2O + 2CO2

29. Perhatikan gambar sebagian molekul DNA!

Berdasarkan gambar tersebut, hal yang benar mengenai molekul DNA adalah .…
A. 3 dan 4, basa purin yang terdiri dari guanin dan sitosin
B. 6 dan 7, basa pirimidin yang terdiri dari Adenin dan Guanin
C. 2 dan 5, gula pentosa ribose dengan 5 ataom karbon
D. 3 dan 4, anak tangga double helix yang terdiri dari basa nitrogen
E. 1 dan 2, induk tangga double helix yang terdiri dari gula ribosa dan gugusan fosfat

30. Perhatikan skema sintesis protein berikut ini!


Bagian yang bertanda Y adalah proses….
A. transkripsi, yaitu proses pencetakan RNAd oleh DNA
B. transkripsi, yaitu proses pencetakan DNA oleh RNAd
C. translasi, yaitu proses penerjemahan kode oleh RNAt
D. translasi yaitu proses penerjemahan kode oleh DNA
E. replikasi,yaitu proses penggandaan DNA

31. Macam reproduksi sel dan fase pembelahan pada gambar A dan B secara berurutan adalah ….
A. Meiosis, metafase 1 dan telofase 1
B. Meiosis, anafase 1 dan telofase 1
C. Meiosis, metafase 1 dan anafase 2
D. Mitosis, metafase 2 dan anafase 1
E. Mitosis, metafase 1 dan telofase 1

32. Pada tanaman labu B (bulat) dominan terhadap b (kisut), T (tinggi) dominan terhadap t (rendah). Jika tanaman labu dengan genotip BbTt disilangkan dengan Bbtt dan menghasilkan populasi tanaman labu sebanyak 480 tanaman, maka jumlah individu yang berfenotip bulat tinggi adalah ….
A. 60
B. 120
C. 180
D. 240
E. 360

33. Tanaman gandum berkulit hitam (HhKk) disilangkan dengan yang berkulit kuning (hhKk). Jika gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning), maka perbandingan fenotip hitam : kuning : putih yang muncul pada keturunannya adalah ....
A. 2 : 1 : 1
B. 2 : 2 : 1
C. 4 : 2 : 2
D. 4 : 3 : 1
E. 6 : 2 : 2

34. Peta silsilah berikut mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X. Jika gen(C) untuk penglihatan normal dan gen (c) untuk buta warna, maka orang nomor berapa sajakah yang memiliki gen (c) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6


35. Sindrom down merupakan peristiwa mutasi kromosom sehingga membentuk trisomik (2n + 1) yang disebabkan peristiwa ….
A. gagal berpisahnya kromosom seks pada pembelahan meiosis
B. pindah silang sebagian kromosom tubuh nomor 21 pada pembelahan meiosis
C. gagal berpisahnya kromosom autosom nomor 21pada pembelahan meiosis
D. penggandaan set kromosom pada pembelahan meiosis
E. pelipatgandaan kromosom atutosom nomor 21 pembelahan meiosis


36. Stanley Miller menggunakan campuran gas metana (CH4), gas hidrogen (H2), amonia (NH4) dan uap air (H2O) dalam percobaannya. Dari hasil percobaan tersebut, Miller membuktikan bahwa …
A. teori abiogenesis adalah benar
B. kehidupan pertama terjadi di daratan
C. makhluk hidup pertama ada di udara
D. energi listrik diperlukan untuk membentuk makhluk hidup
E. senyawa organik dapat terbentuk pada kondisi abiotik

37. Pernyataan yang mendukung teori evolusi Darwin adalah...
A. tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa generasi ekornya lengkap
B. perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang Menurun
C. evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
D. jerapah berleher pendek menjadi jerapah berleher panjang
E. evolusi terjadi karena seleksi alam

38. Melalui teknik rekombinasi gen yang memanfaatkan bakteri E.coli dapat diperoleh insulin dalam jumlah banyak dalam waktu relatif cepat. Bagaimanakah prinsip dasar teknik tersebut?
A. Sel prokarion bakteri dan sel eukarion pankreas melebur memberntuk sel hibrid.
B. Gen insulin dapat bekerja lebih ekspresif pada E.coli.
C. Bakteri mengalami perubahan struktur kimia secara total.
D. Seluruh gen-gen bakteri dapat memproduksi insulin.
E. Gen insulin dari sel pankreas disisipkan pada plasmid DNA bakteri.

39. Berikut ini adalah hubungan mikroorganisme, kegunaan dengan produk atau jasa yang diperoleh sebagai hasil pengembangan bioteknologi. Hal yang tidak benar ditunjukkan pada hubungan antara ….
A. bakteri Thuringiensis sp. dapat sebagai bioinsektisida
B. Metanobacterium sp. untuk memurnikan galian tambang emas
C. interferon berguna untuk pengobatan penyakit tertentu, seperti kanker
D. pembentukan bibit unggul dalam pemenuhan produksi pangan yang tinggi
E. Pembuatan hormon insulin untuk penderita penyakit diabetes

40. Salah satu dampak negatif penerapan bioteknologi transgenik produk unggul secara luas adalah...
A. dihasilkannya tanaman tahan hama
B. dihasilkannya tanaman yang dapat memupuk dirinya sendiri
C. erosi plasma nutfah keanekaragaman genetik
D. hasil panen dengan tingkat produksi tinggi yang seragam
E. rekombinasi gen yang memunculkan variasi jenis baru


KREATIF meninggalkan jauh fpi



No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL