Saturday, November 7, 2009

ASAL USUL KEHIDUPAN


Suatu benda dikatakan hidup berbeda dengan benda lainnya yang mati , jika mampu menunjukkan ciri-ciri kehidupan yaitu : TRANSPIRER
  •  Apa itu TRANSPIRER ? Singkatan dari 
  1. Transportasi
  2. Respirasi
  3. Adaptasi
  4. Nutrisi
  5. Sintesa
  6. Pertumbuhan  dan Perkembangan 
  7. Irritabilita
  8. Reproduksi
  9. Ekskresi 
  10. Regulasi
Dimana ciri ciri itu setidaknya melekat pada mahkluk hidup. 
  • Pada tubuhnya ada transportasi / sirkulasi materi berupa nutrisi yang kemudian di respirasi , terjadi sintesa molekul dalam metabolisme , sehingga menjadi  tumbuh dan berkembang dan kemudian merepro dirinya dalam reproduksi , proses sintesa membuat terbentuk zat sisa yang harus di ekskresi yang semua itu diatur dalam tatanan regulasi syaraf dan hormon. Karena mahkluk hidup berada di lingkungan tentu selalu adaptasi dan mempunyai kemampuan Irritabilita sehinggga terjadi tanggapan rangsang yang diakhiri oleh suatu gerakan . OK
ASAL USUL MAHKLUK HIDUP
  • Bagaimana makhluk hidup pertama lahir masih merupakan misteri yang belum bisa diungkap para ilmuan. Secara umum Teori asal usul kehidupan ada dua, yaitu
  1. Abiogenesis /Generatio spontanea ( makhluk hidup berasal dari benda mati)
  2. Biogenesis (makhluk hidup brasal dari makhluk hidup juga).
Teori Abiogenesis / Generatio spontanea (Aristoteles , 394-322 sebelum masehi).
  • Aristoteles seorang bangsa Yunani, yang mengemukakan kalau makhluk hidup yang pertama menghuni bumi ini adalah berasal dari benda mati. Timbulnya makhluk hidup pertama itu terjadi secara spontan /tiba tiba (generatio spontanea) karena adanya gaya hidup .
  •  Tikus diyakini dapat muncul secara alami dari kain bekas , larva lalat (belatung) muncul secara tiba-tiba karena ada gaya hidup pada daging yang terbuka
  •  Tokoh Abiogenesis Aristoteles , Antony van Leuwenhoek dan Haeckel
Antonie van Leeuweunhoek, seorang bangsa Belanda , menguatkan teori abiogenesis dengan melakukan percobaan melihat paramaecium pada setetes rendaman air jerami dibawah mikroskop . Hal inilah yang memperkuat paham abiogenesis bertahan cukup lama, yaitu semenjak zaman Yunani kuno (ratusan tahun sebelum masehi) hingga pertengahan abad ke 17.

Teori Biogenesis
  • Paham ke dua yang tidak menyetujui teori Abiogenesis dengan meyakinkan bahwa Mahkluk hidup dipastikan berasal dari mahkluk hidup.
Dikemukakan oleh  
  1. Francesco Redi
  2. Lazzaro Spallanzani 
  3. Louis Pasteur
1. Francesco Redi (Italia, 1626-1697)
Redi menentang teori abiogenesis dengan melakukan percobaan menggunakan bahan daging.

Langkah Percobaan


Toples 1 diisi daging dibiarkan terbuka
Toples 2 diisi daging dan ditutup kain kasa.
Toples 3 diiisi daging dan ditutup rapat
  • Ketiga toples ini dibiarkan beberapa hari.

HASIL PERCOBAAN
  1. Toples I : daging membusuk dan didalamnya ditemukan banyak larva belatung
  2. Toples II : daging tampak membusuk dan didalamnya ditemukan larva belatung .
  3. Toples III : daging tidak busuk dan pada daging ini tidak ditemukan larva belatung lalat
ANALISA DATA
  • Berdasarkan hasil percobaan tersebut, disiimpulkan bahwa 
  • Larva atau belatung yang terdapat dalam daging busuk di Toples I dan II bukan terbentuk dari daging yang membusuk
  • Larva atau belatung yang ada adalah berasal dari telur lalat yang ditinggal pada daging ini ketika lalat tersebut hinggap disitu. 
  • Hal ini akan lebih jelas lagi, apabila melihat keadaan pada Toples II, yang tertutup kain kasa. 
  • Pada kain kasa penutupnya ditemukan lebih banyak belatung, tetapi pada dagingnya yang membusuk belatung relative sedikit.
  • Sedang pada Toples III tidak ada perubahan daging menjadi belatung ketika tak ada kontaminasi dengan Lalat .
KESIMPULAN
Dari hasil percobaan ini ia mengambil kesimpulan sebagai berikut :
  • Larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk tetapi berasal dari lalat yang dapat masuk ke dalam tabung dan bertelur pada keratan daging.
2. Lazzaro Spallanzani (Italia, 1729-1799)
  • Spallanzani menentang pendapat John Needham (penganut paham abiogenesis), menurutnya kehidupan yang terjadi pada air kaldu disebabkan oleh pemanasan yang tidak sempurna.
  • Lazarro Spalanzani mengadakan percobaan yang pada prinsipnya sama dengan percobaan Francesco Redi, tetapi langkah percobaan Spallanzani lebih sempurna.
Sebagai bahan percobaannya, Spallanzani menggunakan air kaldu atau air rebusan daging dan dua buah labu.
LANGKAH KERJA


  1. Labu I : diisi air 70 cc air kaldu, kemudian dipanaskan 15oC selama beberapa menit dan dibiarkan tetap terbuka.
  2. Labu II : diisi 70 cc air kaldu, ditutup rapat-rapat dengan sumbat gabus. Pada daerah pertemuan antara gabus dengan mulut labu diolesi paraffin cair agar rapat benar.
  3. Kedua labu diletakkan pada tempat terbuka yang bebas dari gangguan hewan dan orang
  4. Setelah lebih kurang satu minggu, diadakan pengamatan terhadap keadaan air kaldu pada kedua labu tersebut.


HASIL PERCOBAAN

  • Labu I : air kaldu mengalami perubahan, yaitu airnya menjadi bertambah keruh dan baunya menjadi tidak enak. Setelah diteliti ternyata air kaldu pada labu I ini banyak mengandung mikroba.
  • Labu II : air kaldu labu ini tidak mengalami perubahan, artinya tetap jernih seperti semula, baunya juga tetap serta tidak mengandung mikroba.
Apabila labu ini dibiarkan terbuka lebih lama lagi, ternyata juga banyak mengandung mikroba, airnya berubah menjadi lebih keruh serta baunya tidak enak (busuk).

ANALISA DATA
  • Berdasarkan hasil percobaan tersebut mikroba yang ada didalam kaldu tersebut bukan berasal dari air kaldu (benda mati), tetapi berasal dari kehidupan diudara. Jadi, adanya pembusukan karena telah terjadi kontaminasi SPORA mikroba dari udara ke dalam air kaldu tersebut.
  •  Udara adalah sumber kontaminasi paling besar karena di udaralah banyak spora spora bakteri yang spora itu masuk ke kaldu yang penuh nutrisi dan sangat sesuai maka spora pecah membentuk bakteri sehingga kaldu jadi keruh, pada tabung tertutup terbukti kaldu tetapjernih tanpa bakteri
KESIMPULAN
  • Pada tabung terbuka terdapat kehidupan berasal dari udara, pada tabung tertutup tidak terdapat kehidupan, hal ini membuktikan bahwa kehidupan bukan dari air kaldu yang mati –(BIOGENESIS).
  • Pendukung paham Abiogenesis menyatakan keberatan terhadap hasil eksperimen Lazzaro Spallanzani dan Redi tersebut.
Menurut mereka untuk terbentuknya mikroba (makhluk hidup) dalam air kaldu diperlukan udara. Dengan pengaruh udara SEBAGAI GAYA HIDUP terjadilah generation spontanea kaldu sebagai benda yang terliahat jelas pada tabung dan stoples yang terbukamati menjadi hidup .

3. Louis Pasteur (Perancis, 1822-1895)
  • Louis Pasteur melakukan percobaan yang menyempurnakan percobaan Spalanzani dan Redi. 
  • Pasteur mlakukan percobaan menggunakan labu yang penutupnya berupa tabung yang menyerupai leher angsa, 
  • Tujuannya untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara sebagai spora bakteri yang membuat kaldu menjadi keruh. Dan Udara diyakini oleh paham pengikut abiogenesis sebagai gaya hidup yang mengubah kaldu sebagai benda mati menjadi mahkluk hidup (bakteri). 
  • Dalam menjawab keraguannya terhadap paham abiogenesis. Pasteur melaksanakan percobaan menyertakan udara sebagai gaya hidup untuk menyempurnakan percobaan Lazzaro Spallanzani dan redi yang tertutup sehingga tak ada perubahan (stoples 3 dan Tabung2).
Dalam percobaanya, Pasteur menggunakan bahan air kaldu yang sama dengan bahan yang digunakan Spalanzani.


LANGKAH PERCOBAAN :
  • Langkah I : labu disi 70 cc air kaldu, kemudian ditutup rapat-rapat dengan gabus. Celah antara gabus dengan mulut labu diolesi dengan paraffin cair. Setelah itu pada gabus tersebut dipasang pipa kaca berbentuk leher angsa. Lalu, labu dipanaskan atau disterilkan.
  • Langkah II : selanjutnya labu didinginkan dan diletakkan ditempat yang aman. Setelah beberapa hari, keadaan air kaldu diamati. Ternyata air kaldu tersebut tetep jernih dan tidak mengandung mikroorganisme.
  • Langkah III : labu yang air kaldu didalamnya tetap jernih dimiringkan sampai air kaldu didalamnya mengalir kepermukaan pipa hingga bersentuhan dengan udara. Setelah itu labu diletakkan kembali pada tempat yang aman selama beberapa hari. Kemudian keadaan air kaldu diamati lagi. Ternyata air kaldu didalam labu menjadi busuk dan banyak mengandung mikroorganisme.
Melalui pemanasan terhadap perangkat percobaanya, seluruh mikroorganisme yang terdapat dalam air kaldu akan mati. 
  • Disamping itu, akibat lain dari pemanasan adalah terbentuknya uap air pada pipa kaca berbentuk leher angsa. Apabila perangkat percobaan tersebut didinginkan, maka air pada pipa akan mengembun dan menutup lubang pipa tepat pada bagian yang berbentuk leher. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya mikroorganisme yang bergentayangan diudara untuk masuk kedalam labu. Inilah yang menyebabkan tetap jernihnya air kaldu pada labu tadi.
  • Pada saat sebelum pemanasan, udara bebas tetap dapat berhubungan dengan ruangan dalam labu. Mikroorganisme yang masuk bersama udara akan mati pada saat pemanasan air kaldu.
  • Setelah labu dimiringkan hingga air kaldu sampai kepern\mukan pipa, air kaldu itu akan bersentuhan dengan udara bebas. Disini terjadilah kontaminasi mikroorganisme. Ketika labu dikembalikan keposisi semula (tegak), mikroorganisme tadi ikut terbawa masuk. Sehingga, setelah labu dibiarkan beberapa beberapa waktu air kaldu menjadi akeruh, karena adanya pembusukan oleh mikrooranisme tersebut. Dengan demikian terbuktilah ketidak benaran paham Abiogenesis atau generation spontanea, yangmenyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang terjadi secara spontan.
Berdasarkan hasil percobaan Redi, Spallanzani, dan Pasteur tersebut, maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan munculah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis. Teori itu menyatakan :
  1. Omne vivum ex ovo = setiap makkhluk hidup berasal dari telur.
  2. Omne ovum ex vivo = setiap telur berasal dari makhluk hidup, dan
  3. Omne vivum ex vivo = setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.


Sebenarmya banyak ahli melakukan pembahasan asal usul kehidupan ini dalam beberapa pendapat


Berbagai teori asal-usul kehidupan telah disusun oleh para pakar tetapi belum ada satupun teori yangditerima secara memuaskan oleh semua pihak.Teori tentang asal-usul kehidupan yang pernah disusun oleh para ahli di antaranya:


  1. Kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (ghalib) pada saat istimewa (teori kreasi khas)
  2. Kehidupan muncul dari benda tak hidup pada berbagai kesempatan (teori generatio spontanea)
  3. Kehidupan tidak berasal-usul (keadaan mantap)
  4. Kehidupan datang di planet ini dari mana saja (teori kosmozoan)
  5. Kehidupan muncul berdasar hukum fisika-kimia (evolusi biokimia


LATIHAN SOAL




1. Omne vivum ex ovo, omve ovum ex vivo adalah pernyataan suatu yang menjelaskan bahwa :
A. kehidupan selalu berasal dari organisme yang bertelur
B. kehidupan dapat berasal dari benda mati
C. tak ada kehidupan tanpa telur
D. sebelum ada individu, harus ada telur terlebih dahulu
E. kehidupan ada karena telah ada kehidupan sebelumnya

2. Teori asal usul kehidupan disusun berdasarkan ........
A. pengamatan peristiwa yang sedang terjadi
B. hipotesis terhadap kemungkinan yang akan terjadi
C. hasil analisis data peristiwa masa lampau
D. kenyataan kehidupan yang ada sekarang
E. hipotesis terhadap keadaan bumi saat ini

3. Dalam menjawab permasalahan tentang asal-usul, kehidupan, eksperimen siapakah yang cara pelaksanaannya cermat jika ditinjau dari metode ilmiah ........
A. Harold Urey
B. Stanley Miller
C. Francesco Redi
D. Lazarro Spallanzani
E. Louis Pasteur

4. Persamaan antara percobaan Spallanzani dengan percobaan Louis Pasteur adalah bahwa kedua percobaan itu :
A.   bertujuan membuktikan ketidakbenaran teori abiogenesis
B.    menerapkan paham biogenesis
C.    menggunakan kaldu
D.   bahwa kaldu keruh bukan karena kaldu yang berubah jadi bakteri
E.    sama menggunakan tabung leher angsa   

5. Untuk membantah teori generatio spontanea dari Louis Pasteur menggunakan pipa berleher angsa yang bertujuan agar  kecuali .....
A. tidak ada mikroorganisme di dalam pipa
B. mikroorganisme terperangkap dalam pipa
C. air kaldu tidak berhubungan dengan udara
D. air kaldu dapat berhubungan dengan udara luar
E. air kaldu berubah jadi bakteri

6. Ahli  tentang asal usul mahkluk hidup
1.       Francesco Redi
2.       Robert Hooke
3.       Lazzaro Spallanzani
4.       Aristoteles
Ahli yang mendukung teori  biogenesis adalah
A.      1 dan 3 
B.      1 dan 4 
C.      2 dan 3 
D.      2 dan 4 
E.       3 dan 4

7. Penemuan fosil pada berbagai lapisan bumi yang dapat menerangkan adanya evolusi dengan jelas adalah fosil .......
A. kera
B. manusia
C. dinosaurus
D. gajah
E. kuda

8. Teori abiogenesis tumbang karena hasil percobaan dari ....
a. Harold Urey
b. Lazzaro Spallanzani
c. Antonie van Leuwenhoek
d. Francesco Redi
e. Louis Pasteur

9. Berikut ini tokoh yang merupakan penganut abiogeneisis adalah ....
a. Antonie Van Leuwenhoek
b. Harold Urey
c. Louis Pasteur
d. Lazzaro Spallanzani
e. Francesco Redi

10. Ilmuwan yang berpendapat bahwa kehidupan yang ada di bumi berasal dari gas-gas yang ada di atmosfer bumi dan membentuk sup purba yaitu ....
a. Carolus Linnaeus
b. Lamarck
c. Alfred Russel
d. A. I. Oparin
e. Charles Darwin

11. Berdasarkan pendapat para ahli, bentuk kehidupan pertama terjadi pada ....
a. perut bumi
b. luar atmosfer
c. atmosfer
d. daratan
e. sup primordial

12. Unit penelitian kontrol pada percobaan Louis Pasteur ialah labu ....
a. tidak berisi kaldu
b. luar atmosfer
c. atmosfer
d. daratan
e. parasit

13. Makhluk hidup pertama menurut ilmuwan, diperkirakan mempunyai kemiripan tingkat tinggi dengan ....
a. parasit
b. organisme penyebab cacar
c. protista
d. organisme bersel tunggal prokariot
e. organisme bersel tunggal eukariot

14. Kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya, merupakan teori ....
a. abiogenesis
b. biogenesis
c. evolusi kimia
d. Darwin
e. Aristoteles

15. Ilmuwan yang menggunakan labu leher angsa dalam membuktikan teori biogenesis adalah ....
a. Louis Pasteur
b. Lazzaro Spallanzani
c. Aristoteles
d. Charles Darwin
e. Francesco Redi

16. Ilmuwan yang membuktikan teori evolusi kimia yaitu ....
a. Lynn Margulis
b. Francesco Redi
c. Stanley Miller
d. Louis Pasteur
e. B. S. Haldane

17. Teori yang menjelaskan tentang pembentukan mitokondria dan kloroplas yang berasal dari simbiosis atau penggabungan sel prokariot ke dalam sel prokariot lain yang ukurannya lebih besar adalah ....
a. teori pelekukan membran
b. teori endosimbiosis
c. teori evolusi kimia
d. teori Darwin
e. teori abiogenesis


TRY AGAIN        

1. Stanley Miller menguji hipotesis Harold Urey dan Oparin dengan menciptakan perangkat percobaan seperti gambar
A.   Senyawa organik terdiri dari asam amino, asam nukleat dan ribosa
B.   Senyawa organik, terdiri dari protein kompleks, polinukleotida dan karbohidrat
C.   Senyawa anorganik terdiri dari asam amino, glukosa dan asam nukleat
D.   Senyawa anorganik terdiri dari protein kompleks, poliribosa dan polinukleotida
E.   Senyawa anorganik terdiri dari asam amino, polinukleotida dan karbohidrat

Jawaba A
Stanley Miller membuktikan melalui alat percobaannya yang dirancangnya bahwa senyawa organik berupa asam amino  (prekusor protein) terbentuk dari gas-gas anooganik purba seperti molekul dari, metana, amoniak, hidrogen dan sianida.

2.    Teori generatio spontanea merupakan teori klasik yang menjelaskan bahwa ….
A.   Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
B.   Makhluk hidup berasal dari makhluk tak hidup
C.   Omne vivum ex ovo
D.   Omne ovum ex vivo
E.   Omne vivum ex uvo

Jawab B
Teori generatio spontanea atau teori abiogenesis klasik menjelaskan bahwa asal mula makhluk hidup berasal dai benda mati, sementara itu makhluk hidup berasal dari makhluk hidup merupakan teori abiogenesis, teori ini memiliki 3 semboyan yaitu omne vivum ex ovu, omne ovum ex vivo, omne vivum ex vivo.

3.    Gambar berbagai macam percobaan konsep tentang hidup

Bagan percobaan manakah yang menentang teori biogenesis
A.   I
B.   II
C.   IV
D.   II dan III
E.   III dan IV

Jawab C
Gambar IV adalah teori asal usul kehidupan menurut evolusi kimia yang merupakan eksperimen Miller, dimana makhluk hidup berasal dari senyawa-senyawa organik purba yang ada di alam ( abiogenesis yang diperbaharui), sedangkan Gambar I, II dan III adalah membuktikan teori biogenesis.

4.    Teori asal usul kehidupan diantaranya adalah....
  1. Teori kreasi khas
  2. Teori evolusi kimia
  3. Teori generatio spontanea
  4. Teori kehidupan tidak berasal usul
  5. Teori kosmozoan
Dari teori-teori di atas yang eksperimennya dilakukan oleh Oparin dan Aristoteles adalah....
A.   1 dan 2
B.   2 dan 3
C.   3 dan 4
D.   3 dan 5
E.   4 dan 5

Jawab B
Teori Oparin adalah makhluk hidup berasal dari senyawa-senyawa kimia sederhana seperti molekul air, metana, hidrogen, amonia dan sianida ( teori evolusi kimia), sedangkan Aristoteles adalah makhluk hidup terjadi secara spontan ( generatio spontanea)

5.    Tahapan teori evolusi kimia sebagai berikut :
  1. Terbentuknya senyawa asam amino, asam lemak, senyawa organik kompleks lainnya
  2. Atmosfer bumi purba banyak mengandung senyawa anorganik
  3. Adanya energi dari halilintar molekul sederhana saling bereaksi
  4. Terbentuk senyawa organik dari senyawa anorganik
Urutan tahapan yang tepat pada evolusi kimia adalah....
A.   2 – 3 – 4 – 1
B.   2 – 1 – 4 – 3
C.  2 – 3 – 1 – 4
D   3 – 1 – 2 – 4
E. 3 – 2 – 1 – 4

Jawab  C
Secara berurutan kejadian teori evolusi kimia yang benar adalah 2, 3 1, 4.

6. Perhatikan gambar percobaan Fransisco Redi berikut dengan sekerat daging di dalamnya.

Keterangan :
I      ditutup rapat
II     ditutup kain kasa
III    terbuka
Hasil percobaan dalam beberapa hari pada tabung …. .
A. I terdapat belatung, tabung II tidak ada belatung
B. I tidak terdapat belatung, tabung II ada belatung
C. I terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
D. II tidak terdapat belatung, tabung III ada banyak belatung
E. II terdapat belatung, tabung III tidak banyak belatung

Jawab B
Hasil percobaan eksperimen Redi adalah bahwa tabung I tidak terdapat belatung, Tabung II ada belatung tetapi sedikit, dan tabung III ada banyak belatung.

7. Sel yang pertama kali terbentuk adalah….
A. Sel eukariotik
B. Sel heterotrof
C. Sel autotrof
D. Sel autosom
E. Sel Prokariotik
Jawab E
Protobion dianggap sebagai bahan dasar pembentuk sel purba (protosel). Proto sel merupakan cikal bakal semua jenis sel yang ada sekarang.  Protosel berkembang menjadi kelompok sel prokariotik purba. Sel prokariotik merupakan sel yang memiliki struktur yang paling sederhana.

8. Menurut Harold Urey zat organik terbentuk dari zat-zat anorganik.  Zat organik yang terbentuk adalah sebagai berikut….
A. Asam amino, gula sederhana, adenin
B. Asam amino, protein, lemak
C. Adenin, sitosin, guanin, dan timin
D. RNA, DNA, lemak
E. Gula, lemak dan protein

Jawab A
Harold Urey bersama Miller berhasil membuktikan bahwa asam amino berasal dari senyawa anorganik purba yang digunakan untuk membuat 20 macam asam amino, asam lemak, beberapa jenis gula monomer, purin, pirimidin bahkan ATP

9. Arti dari omne vivum ex ovo adalah….
A. Setiap makhluk hidup berasal dari induknya
B. Setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
C. Setiap makhluk hidup berasal dari telur
D. Setiap makhluk hidup berasal dari anaknya
E. Setiap makhluk hidup tidak berasal dari apa-apa

Jawab C
Bahwa setiap kehidupan berasal dari telur

10. Dari percobaan Stanley Miller membuktikan bahwa….
A. Asal mula kehidupan
B. Energi yang dibutuhkan untuk membentuk makhluk hidup
C. Asam amino merupakan substansi dasar semua kehidupan
D. Kebenaran teori biogenesis
E. Bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati

Jawab C
Dalam percobaannya Miller membuktikan bahwa bahwa gas-gas anorganik purba seperti molekul air, hidrogen, metana, amonia dan sianida  yang diletakkan dalam tabung dan diberi loncatan listrik sebagai penggati energi alam, akhirnya terbentuk senyawa organik sederhana yaitu asam amino (prekusor protein) yang merupakan substansi dasar semua kehidupan.

11. Pernyataan yang benar mengenai teori evolusi biologi adalah
A. Substansi dalam koarsevat membentuk enzim
B. Kehidupan pertama mungkin terbentuk di daratan
C. Sel primitif terbentuk dari bergabungnya koarsevat-Koarsevat
D.   Kehidupan pertama yang terbentuk  adalah organisme autotrop
E.   Sop purba merupakan bahan untuk kemungkinan terbentuknya makhluk hidup.

Jawab A

Teori evolusi biologi mengemukakan beberapa pernyataan seperti berikut ;
A.    Sel primitif terbentuk dari protobion atau molekul yang dihasilkan secara abiotik
B.    Kehidupan yang pertama mungkin terbentuk di lautan, karena dilautan terdapat timbunan molekul-  molekul organik (sop purba)
C.    Sop purba merupakan kumpulan bahan (komposisi kimia gumpalan) yang merupakan penyedia bahan mentah untuk proses biokimia
D.    Substansi gumpalan itu dinamakan koaservat dan mampu membetuk enzim

12. Berikut adalah tokoh-tokoh
  1. A. Oparin
  2. L. Spallanzani
  3. Harold Urey
  4. L.Pasteur
Dalam usaha untuk membantah teori generatio spontanea, ada beberapa ilmuwan yang melakukan percobaan melalui proses sterilisasi, ilmuwan tersebut adalah….
A.   1 dan 3
B.   1, 2 dan 3
C.   2 dan 4
D.   4 saja
E.   1, 2, 3 dan 4

Jawab C
Tokoh biogenesis yang melakukan percobaan melalui proses sterilisasi adalah L Spallanzan dan Louis Pasteur.

13. Hasil evolusi kimia yang dapat menjelaskan awal terjadinya kehidupan di bumi yaitu…
A. Senyawa anorganik seperti molekul DNA memiliki kemampuan memperbanyak diri
B. Hasil evolusi kimia berupa protein yang mampu menunjukkan gejala-gejala hidup
C. Senyawa anorganik kompleks sebagai bahan evolusi kimia dan menghasilkan protein yang merupakan bahan dasar pembentuk protobion
D. Hasil evolusi kimia berupa senyawa organik kompleks DNA yang mampu memperbanyak diri
E. Hasil evolusi kimia adalah senyawa anorganik berupa asam amino

Jawab C
Teori evolusi biologi menyatakan bahwa makhluk hidup pertama merupakan hasil evolusi molekul anorganik (evolusi kimia). Asam amino yang terbentuk dari hasil evolusi kimia akan bergabung membentuk makromolekul. Molekul yang dihasilkan secara abiotik disebut protobion.

14. Perhatikan kriteria berikut !

  1. Terjadi perubahan struktur tubuh yang lebih adaftif
  2. Tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan
  3. Menghasilkan species baru
  4. Penurunan keanekaragaman hayati

Kriteria yang memenuhi persyaratan untuk terjadinya proses evolusi biologi adalah….
A.   1, 2 dan 3
B.   1 dan 3
C.   2 saja
D.   2 dan 4
E.   4 saja

Jawab B
Proses evolusi biologi dapat terjadi apabila terjadi perubahan struktur tubuh yang lebih adaptif dan dipengaruhi faktor lingkungan sehingga menghasilkan species baru, oleh karena itu keanekaragaman hayati justru meningkat.

15. Pernyataan yang  sesuai dengan teori evolusi biologi tentang asal usul kehidupan pertama kali adalah .....
A.  Organisme pertama terbentuk di atmosfer bumi sebagai hasil reaksi petir
B.  Sel  primordial yang bersifat heterotrof terbentuk pertama kali di lautan
C. Organisme terbentuk sebagai hasil reaksi unsur C, H, O dan N
D.  Organisme pertama di lautan sebagai timbunan organik yang belum teruji
E.  Sop purba sebagai kumpulan senyawa homogen pertama kali terbentuk di lautan

Jawab E
Salah satu pernyataan teori evolusi biolodi adalah kehidupan yang pertama mungkin terbentuk di lautan, karena dilautan terdapat timbunan molekul-molekul organik (sop purba)

LATIHAN LAGI

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL