NO SOAL 7.
1 Cacing pita Taenia saginata dapat menginfeksi manusia melalui makan daging sapi yang kurang masak. Cacing pita ini di dalam daging sapi dalam bentuk ........
A. Onkosfer
B. Proglotid
C. Sporokist
D. Serkaria
E. sisteserkus
2 Suatu jenis cacing memiliki daur berikut : telur yang keluar bersama feses menetas pada tempat yang becek, larva menembus kulit kaki dan masuk peredaran darah manusia sampai di paru-paru kemudian keluar menuju trakea. Dari trakea ke faring kemudian tertelan masuk usus dan berkembang sampai dewasa. Cacing tersebut adalah ..........
A. Enterobius
B. Ascaris
C. Wuchereria
D. Ancylostoma
E. Fasciola
3 Berikut ini merupakan tahap-tahap yang terjadi pada daur hidup cacing hati :
1. redia 4. telur
2. serkaria 5. metaserkaria
3. sporokis 6. mirasidium
urutan yang benar dari tahap-tahap tersebut adalah …. .
a. 4 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6
b. 4 – 1 – 6 – 3 – 5 – 2
c. 4 – 6 – 1 –3 – 5 – 2
d. 4 – 6 – 3 – 1 – 5 – 2
e. 4 – 6 – 3 – 1 – 2 – 5
4 Pada daur hidup cacing pita (Taenia solium), fase larva yang bersembunyi pada otot da-ging dapat masuk ke dalam tubuh manusia jika daging dimasak kurang sempurna larva ini disebut .... .
a. sistiserkus d. serkaria
b. onkosfer e. sporokist
c. heksakant
5 Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica!
Tahap yang terjadi pada (1) dan bagian (2), (Z) adalah …. .
a. sporokis – redia dan serkaria
b. serkaria – metaserkaria dan mirasidium
c. redia – sprokis dan serkaria, metaserkaria
d. redia – serkaria dan larva bersilia
e. sporokis – mirasidium dan serkaria
6 Perhatian siklus hidup Obelia sp berikut ini
Fase yang ditunjukkan oleh nomor 1,2 dan 3 secara urut adalah ....
A. planula, medusa, polip
B. planula, polip,medusa
C. Medusa, planula, polip
D. Medusa, polip, planula
E. Polip, medusa, planula
7 Perhatikan bagan daur hidup cacing
hati ( Fasciola hepatica) berikut ini!
Bagan :
Yang merupakan fase mirasidium dan serkaria secara berurutan adalah … .
a. A dan B
b. A dan C
c. A dan D
d. B dan D
e. C dan E
PREDIKSI
Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp):
Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ....
A. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
B. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
C. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
D. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
E. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru
NO SOAL 8
- SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
1 . Ciri-ciri Aves yang tidak dimiliki oleh kelas lainnya dalam subfilum vertebrata adalah ........
A. jantung beruang empat
B. fertilisasi interna
C. ovipar (bertelur)
D. kulit berbulu
E. suhu tubuh tidak tetap
2. Manakah yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakan hewan kelas Amfibia adalah ..
Fertilisasi Perkembangan embrio
A. Internal ovovivipar
B. Internal vivipar
C. Internal ovipar
D. Eksternal ovipar
E. Eksternal ovovivipar
3 Pada kadal golongan Reptilia bersifatOvovivipar artinya
A. kadal dapat melahirkan anak , tetapi dalam kondisi tertentu reproduksinya dengan bertelur
B. telur kadal tidak bercangkang , perkembangan zygot tetap di saluran telur sehingga telurnya menetas didalam tubuhnya
C. kadal akan mengeluarkan sejumlah telur dari kloaka setelah perkembangan embryonya sudah sempurna
D. kadal dapat mengeluarkan anak dan telur dalam waktu satu pereode reproduksinya secara bersamaan
E. kadal hanya mampu melakukan reproduksi dengan telur telur yang dihasilkan
PREDIKSI
Manakah yang merupakan ciri-ciri kelas Reptil adalah ..
Suhiu Tubuh Ruang Jantung
A. Poikiloterm 2
B. Homoioterm 3
C. Poikiloterm 3
D. Homoioterm 4
E. Poikiloterm 4
NO SOAL 9
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
= KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
1 Perhatikan skema berikut !
Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut
A. populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. biosfeer
E. simbiosis
2. NO SOAL 9
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan daur biogeokimia
1 Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y dan z adalah proses … .
A. fiksasi
B. denitrifikasi
C. nitritasi
D. amonifikasi
E. nitrifikasi
2 Perhatikan daur oksigen di alam
Daur O2
yang ditunjuk oleh x, y dan z secara berurutan adalah .....
A. CO2 , O2 dan respirasi anaerob
B. O2 , cahaya dan fotosintesis
C. O2 , H2O dan respirasi anaerob
D. CO2 , H2O dan katabolisme
E. O2 , H2O dan fotosintesis
3 Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur karbon berikut!
Proses yang terjadi pada bagian X adalah ....
A. Respirasi
B. Fotosintesis
C. Pembakaran
D. Transpirasi
E. oksidasi
4 Diagram daur biogeokimia unsur C
Proses yang terjadi pada daur C yang ditunjukkan oleh x dan y secara berurutan adalah … .
A. respirasi dan fotosintesis
B. fotosintesis dan respirasi
C. respirasi dan mati
D. fotosintesis dan mati
E. asimilasi dan fotosintesis
5 Di bawah ini daur materi nitrogen
Bagian nomor 2 dan 3 yang ditunjuk adalah perubahan kimia oleh bakteri-bakteri, secara berurutan adalah proses .....
A. denitrifikasi – nitrifikasi – fiksasi nitrogen
B. nitratasi – nitritasi – fiksasi nitrogen
C. fiksasi nitrogen – nitratasi – denitrifikasi
D. fiksasi nitrogen – denitrifikasi – nitrifikasi
E. denitrifikasi – fiksasi nitrogen – amokifiksi
8 Komposisi udara dibumi sebagian besar terdiri dari gas nitrogen (N2) yang merupakan komponen utama penyusun protein. Keadaan ini mengakibatkan organisme dibumi....
A. tidak mungkin kekurangan protein karena setiap saat dapat mensintesis protein
B. mudah mendapatkan protein karena bisa langsung terbentuk di udara
C. mendapat ancaman tercemar protein karena kalau tidak dimanfaatkan jumlahnya bisa berlebih
D. terancam kekurangan protein karena hanya sebagian kecil organisme yang dapat memanfaatkan nitrogen bebas
E. Bisa terancam kekurangan protein apabila mengalami gangguan pernafasan
9 Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, organiisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah … .
A. Herbivora
B. Produsen
C. karnivora
D. konsumen
E. pengurai
PREDIKSI
Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y dan z adalah proses … .
A. nitrifikasi - nitratasi
B. nitratasi - denitrifikasi
C. nitrifikasi - denitrifikasi
D. amonifikasi - fiksasi
E. nitrifikasi - amonifikasi
NO SOAL 10
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
= KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya
1 Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah .... .
A. menipisnya lapisan ozon
B. meningkatnya penggunaan CFC
C. meningkatnya pengeluaran CO2
D. meningkatnya suhu air laut
E. meningkatnya permukaan air laut
2 Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari disebabkan oleh polutan .......
A. oksida sulfur
B. oksida karbon
C. oksida nitrogen
D. hidrokarbon
E. chhoroflurocarbons
3 Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....
A. Oksigen
B. Karbondioksida
C. busa detergen
D. nitrat dan posfat
E. garam mineral
4 Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang
terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin
terjadi di daerah tersebut adalah ...
A. CO2
B. CO
C. SO2
D. Asap
E. Freon
PREDIKSI
Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. zat pencemar yang diduga menyebabkan gangguan iklim berupa effek rumah kaca ini adalah ....
a. CO2
b. SO3¬
c. NO3
d. Freon
e. ozon
UNTUK MELAKUKAN LATIHAN LAGI YANG LEBIH MENANANTANG DAPAT DI KLIK DI SINI
Saya sertakan pula Rangkuman tajam untuk materi klas X
Konsep konsep Biologi
oleh : isharmanto
Gonzaga College
Kata Pengantar
Mengingat Biologi mempelajari Mahkluk Hidup ,
Tentulah sifat sifat mahkluk hidup harus dipahami secarai detail keberadaannya
Pemahaman secara detail mahkluk hidup adalah bukan menghafal ciri ciri yang ada secara membabi buta, tetapi memaknai secara mendasar apa itu mahkluk hidup. Mashkluk hidup adalah disusun oleh unit tekecilnya berupa sel maka di sel itulah sebenarnya kehidupan terjadi, didalam sel itulah sistem terjadi . Dan dari sinilah harus dikuasai sepenuhnya bagaimana makna kehidupan dimulai .
Bagaimana sel itu mendapatkan makanan, yang kemudian dicerna , hasil cernaan itu kemudian untuk apa , zat yang tidak dicerna kemudian dibagaimanakan , setelah melakukan itu semua kemudian untuk tujuan apa ? dll
Dari pemahaman itu kemudian dikembangkan ke mahkluk hidup sel tunggal (unicellulair) so dikorelasikan dengan tubuh kita yang multicellulair terus bagaimana semua ini terjadi .
Kesimpulan dari hal diatas berarti semua yang dilakukan oleh kita berupa mencari material dari luar dengan suatu Koordinasi . yang kemudian masuk ke sistem Pencernaan , Respirasi , Ekskresi , Transportsi , Tumbuh dan Reproduksi adalah semua dikhususkan agar semua mencapai ke sasaran bagian terkecil tubuh kita adalah untuk Sel .
Jika anda memaknai makanan berupa protein sampai di lambung dicerna oleh enzim pepsin menjadi peptone belum berarti apa apa makanan itu sebelum makanan itu sampai di sel dengan berbagai cara. Artinya jangan hanya berhenti mengetahui enzim di lambung dicerna secara bagaimana saja tetapi kuasai hingga makanan itu bisa akhirnya di sel kemudian diapakan .
penulis
Kita awali materi dari Klas 1 ( + 10 soal )
1. Klasifikasi caranya dibagi 3 :
2. Urutan Takson PIKOFAGES / DIKOFAGES artinya semakin kea rah spesies maka
- semakin banyak persamaan , sedikit perbedaan ,sedikit anggotanya dan sangat dekat hubungan kekerabatannya
3. Arti dua tumbuhan pada Sacaharum officinarum dg Sacharum spontaneum menunjukkan Genusnya sama species beda yaitu sama sama Genus Sacharum ini terjadi karena struktur GEN yang berbeda untuk m.h nya ( merah , pink , putih) ! perhatikan penulisan species
4. Keaneka Ragaman Mahkluk hidup ada 3
5. Pelestarian Insitu Berarti : disitu , ditempat aslinya : Badak bercula satu diujung kulon sedang eksitu diluar habitatnya , bunga Raflesia di kebun raya bogor dll
6. Kingdom Virus
Reproduksi Virus : Lisis ( APEAL) dan Lisogenik ( virus menumpang hidup di sel inang membentuk profage , inang tetap hidup dan membelah namun suatu saat melisis juga )
7. Kingdom Monera ( Bakteri dan Ganggang Biru )
Peran /guna bakteri untuk
Penyakit bakteri : Tiphes , Disentri , Sipilis, TBC , Pes, Dipteri , Radang paru (pneumonia), Tetanus , Kolera , Antraks, Gonoroe (menghafalkannya Disebutkan bakterinya : bakteri TBC)
8.Kingdom Fungi
9. Kingdom Protista ( Ganggang dan Protozoa )
Protozoa ( RSCM )
10. Hewan ( Animalia ) : P C P N A M M A E C
11. Reproduksi Hewan
12 PLANTAE
LUMUT ( LG ) : diatas (Gametofit ) yang kromosomnya haploid ada alat kelamin anteridium ( jantan) dan arkegonium (betina)
Ciri Lumut : - Gametofitnya :Tumbuhan lumut . Sporofitnya :Sporogonium
(Bryophyta) - Akar Rhizoid , belum punya Berkas pengangkut Xilem dan Floem ,Gametofit lebih lama hidupnya dibanding sporofitnya Sporogoniumnya : terdapat Seta (tangkai) , Apofisis (ujung tangkai yang melebar ) , kaliptra (tutup sporogonium)
LUMUT dibagi menjadi
Ciri Paku : Gametofitnya : Protalium Sporofitnya : Tumbuhan Paku
(Pterydophyta) Akar serabut , ujung daun muda menggulung, berkas pengangkut ada konsentris , daun berspora karena ada Sporogonium ( ada indusium , sporangium , annulus) pada daun sporofil di bagaina bawah
Klasifikasi Paku :
Spermatophyta ( kormophyta Berbiji )
Gymnospermae : Biji Terbuka : pembuahan tunggal , belum ada bunga namanya Strobilus
Ex : Pinus, Melinko, Damar, Conifer , Gingko biloba, Pakis haji
Angispermae ( Mono dan Dikotil) : pembuahan ganda , berbunga ( monokotil kelipatan 3 , dikotil kelipatan 5 ) ,
Pembuahan ganda IG 1 dengan Ovum jadi Zygot (2n), IG2 dengan IKLS jadi Endosperm ( 3n)
13. Lingkungan ( Ekologi )
Polusi Udara :
CO2 : Efek Rumah Kaca ( penghijauan )
SO2 dan NOx : Hujan Asam ( diberi kapur )
CFC : Berlubang Ozon ( Global Warning)
Polusi Air dan Tanah
Sampah Organik : Biological Oxygen Demand naik , Desolve Oxygen turun
Pupuk /Deterjen : Eutrofikasi ( Blooming eceng gondok ) : BOD naik , DO turun terjadi pula Pendangkalan
Polusi Suara : Suara diatas 80 dB
Suksesi
Suksesi Primer : Ada – hilang – Ada : ada lagi diawali dengan urutan vegetasi
Lichenes – lumut / paku – rumput – semak – perdu – pohon
Suksesi sekunder : Ada – Rusak – Ada : hutan terbakar cirri Vegetasi sama dari sebelumnya
Rantai makanan
Nichia /Niche : Status Jabatan m.h (kompetisi terjadi jika , Tempat dan Niche sama)
Tingkat tropi I : Produsen ( fitoplankton , tumbuhan hijau )
Konsumen I : Herbivora ( Zooplankton , sapi )
Dasar piramida : Produsen
Rantai Perumput : dimulai dari Produsen
Rantai Detritus : dimulai dari sissa m.h dimakan detritivor ( Cacing , Belatung )
Perpindahan energi pada rantai makanan : energi terkecil di Konsumen terakhir , karena terjadi pengurangan 90 % yang menjadi Egesta, ekresta, aktifitas , jadi yang untuk tuimbuh 10%
Insektisida ( DDT) yang bersifat Non Bio Degradable tercemar di perairan Kandungan DDT terbesar Konsumen terakhir
Hg tercemar di perariran Hg akan mengendap ke dasar sehingga kandungan terbesar di Kerang yang berupa kehidupan bentos . menyebabkan Minamata
Predasi : Predator dengan yang dimangsa
Komensalisme : Anggrek dan mangga , Liana ( rotan ) yang merambat dengan pohon
BioGeoKimia : suatu siklus materi berupa unsur /senyawa kimia dari MH bio) kelingkungan ( geo) contoh siklus O2 CO2 pada respirasi dan fotosintesis , sikus Nitrogen dalam nitrifikasi, fiksasi dan penguraian sisa sisa oleh bakteri dll
Untuk Latihan materi klas X ini dapat secara detail klik isharmanto
- SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan daur hidup invertebrata
1 Cacing pita Taenia saginata dapat menginfeksi manusia melalui makan daging sapi yang kurang masak. Cacing pita ini di dalam daging sapi dalam bentuk ........
A. Onkosfer
B. Proglotid
C. Sporokist
D. Serkaria
E. sisteserkus
2 Suatu jenis cacing memiliki daur berikut : telur yang keluar bersama feses menetas pada tempat yang becek, larva menembus kulit kaki dan masuk peredaran darah manusia sampai di paru-paru kemudian keluar menuju trakea. Dari trakea ke faring kemudian tertelan masuk usus dan berkembang sampai dewasa. Cacing tersebut adalah ..........
A. Enterobius
B. Ascaris
C. Wuchereria
D. Ancylostoma
E. Fasciola
3 Berikut ini merupakan tahap-tahap yang terjadi pada daur hidup cacing hati :
1. redia 4. telur
2. serkaria 5. metaserkaria
3. sporokis 6. mirasidium
urutan yang benar dari tahap-tahap tersebut adalah …. .
a. 4 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6
b. 4 – 1 – 6 – 3 – 5 – 2
c. 4 – 6 – 1 –3 – 5 – 2
d. 4 – 6 – 3 – 1 – 5 – 2
e. 4 – 6 – 3 – 1 – 2 – 5
4 Pada daur hidup cacing pita (Taenia solium), fase larva yang bersembunyi pada otot da-ging dapat masuk ke dalam tubuh manusia jika daging dimasak kurang sempurna larva ini disebut .... .
a. sistiserkus d. serkaria
b. onkosfer e. sporokist
c. heksakant
5 Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica!
Tahap yang terjadi pada (1) dan bagian (2), (Z) adalah …. .
a. sporokis – redia dan serkaria
b. serkaria – metaserkaria dan mirasidium
c. redia – sprokis dan serkaria, metaserkaria
d. redia – serkaria dan larva bersilia
e. sporokis – mirasidium dan serkaria
6 Perhatian siklus hidup Obelia sp berikut ini
Fase yang ditunjukkan oleh nomor 1,2 dan 3 secara urut adalah ....
A. planula, medusa, polip
B. planula, polip,medusa
C. Medusa, planula, polip
D. Medusa, polip, planula
E. Polip, medusa, planula
7 Perhatikan bagan daur hidup cacing
hati ( Fasciola hepatica) berikut ini!
Bagan :
Yang merupakan fase mirasidium dan serkaria secara berurutan adalah … .
a. A dan B
b. A dan C
c. A dan D
d. B dan D
e. C dan E
PREDIKSI
Perhatikan gambar reproduksi Coelenterata (Obelia sp):
Keterangan yang tepat berdasarkan nomor secara berurutan pada skema adalah ....
A. blastula, larva planula, koloni baru, dan zigot
B. larva planula, blastula, koloni baru, dan zigot
C. koloni baru, zigot, blastula, dan larva planula
D. zigot, larva planula, koloni baru, dan blastula
E. zigot, morula, larva planula, dan koloni baru
NO SOAL 8
- SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta perannya bagi kehidupan
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
1 . Ciri-ciri Aves yang tidak dimiliki oleh kelas lainnya dalam subfilum vertebrata adalah ........
A. jantung beruang empat
B. fertilisasi interna
C. ovipar (bertelur)
D. kulit berbulu
E. suhu tubuh tidak tetap
2. Manakah yang merupakan ciri-ciri perkembangbiakan hewan kelas Amfibia adalah ..
Fertilisasi Perkembangan embrio
A. Internal ovovivipar
B. Internal vivipar
C. Internal ovipar
D. Eksternal ovipar
E. Eksternal ovovivipar
3 Pada kadal golongan Reptilia bersifatOvovivipar artinya
A. kadal dapat melahirkan anak , tetapi dalam kondisi tertentu reproduksinya dengan bertelur
B. telur kadal tidak bercangkang , perkembangan zygot tetap di saluran telur sehingga telurnya menetas didalam tubuhnya
C. kadal akan mengeluarkan sejumlah telur dari kloaka setelah perkembangan embryonya sudah sempurna
D. kadal dapat mengeluarkan anak dan telur dalam waktu satu pereode reproduksinya secara bersamaan
E. kadal hanya mampu melakukan reproduksi dengan telur telur yang dihasilkan
PREDIKSI
Manakah yang merupakan ciri-ciri kelas Reptil adalah ..
Suhiu Tubuh Ruang Jantung
A. Poikiloterm 2
B. Homoioterm 3
C. Poikiloterm 3
D. Homoioterm 4
E. Poikiloterm 4
NO SOAL 9
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
= KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
1 Perhatikan skema berikut !
Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut
A. populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. biosfeer
E. simbiosis
2. NO SOAL 9
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
- KEMAMPUAN YANG DIUJI: Mendeskripsikan daur biogeokimia
1 Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y dan z adalah proses … .
A. fiksasi
B. denitrifikasi
C. nitritasi
D. amonifikasi
E. nitrifikasi
2 Perhatikan daur oksigen di alam
Daur O2
yang ditunjuk oleh x, y dan z secara berurutan adalah .....
A. CO2 , O2 dan respirasi anaerob
B. O2 , cahaya dan fotosintesis
C. O2 , H2O dan respirasi anaerob
D. CO2 , H2O dan katabolisme
E. O2 , H2O dan fotosintesis
3 Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur karbon berikut!
Proses yang terjadi pada bagian X adalah ....
A. Respirasi
B. Fotosintesis
C. Pembakaran
D. Transpirasi
E. oksidasi
4 Diagram daur biogeokimia unsur C
Proses yang terjadi pada daur C yang ditunjukkan oleh x dan y secara berurutan adalah … .
A. respirasi dan fotosintesis
B. fotosintesis dan respirasi
C. respirasi dan mati
D. fotosintesis dan mati
E. asimilasi dan fotosintesis
5 Di bawah ini daur materi nitrogen
Bagian nomor 2 dan 3 yang ditunjuk adalah perubahan kimia oleh bakteri-bakteri, secara berurutan adalah proses .....
A. denitrifikasi – nitrifikasi – fiksasi nitrogen
B. nitratasi – nitritasi – fiksasi nitrogen
C. fiksasi nitrogen – nitratasi – denitrifikasi
D. fiksasi nitrogen – denitrifikasi – nitrifikasi
E. denitrifikasi – fiksasi nitrogen – amokifiksi
8 Komposisi udara dibumi sebagian besar terdiri dari gas nitrogen (N2) yang merupakan komponen utama penyusun protein. Keadaan ini mengakibatkan organisme dibumi....
A. tidak mungkin kekurangan protein karena setiap saat dapat mensintesis protein
B. mudah mendapatkan protein karena bisa langsung terbentuk di udara
C. mendapat ancaman tercemar protein karena kalau tidak dimanfaatkan jumlahnya bisa berlebih
D. terancam kekurangan protein karena hanya sebagian kecil organisme yang dapat memanfaatkan nitrogen bebas
E. Bisa terancam kekurangan protein apabila mengalami gangguan pernafasan
9 Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, organiisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah … .
A. Herbivora
B. Produsen
C. karnivora
D. konsumen
E. pengurai
PREDIKSI
Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y dan z adalah proses … .
A. nitrifikasi - nitratasi
B. nitratasi - denitrifikasi
C. nitrifikasi - denitrifikasi
D. amonifikasi - fiksasi
E. nitrifikasi - amonifikasi
NO SOAL 10
- SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
= KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya
1 Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah .... .
A. menipisnya lapisan ozon
B. meningkatnya penggunaan CFC
C. meningkatnya pengeluaran CO2
D. meningkatnya suhu air laut
E. meningkatnya permukaan air laut
2 Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari disebabkan oleh polutan .......
A. oksida sulfur
B. oksida karbon
C. oksida nitrogen
D. hidrokarbon
E. chhoroflurocarbons
3 Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....
A. Oksigen
B. Karbondioksida
C. busa detergen
D. nitrat dan posfat
E. garam mineral
4 Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang
terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin
terjadi di daerah tersebut adalah ...
A. CO2
B. CO
C. SO2
D. Asap
E. Freon
PREDIKSI
Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. zat pencemar yang diduga menyebabkan gangguan iklim berupa effek rumah kaca ini adalah ....
a. CO2
b. SO3¬
c. NO3
d. Freon
e. ozon
UNTUK MELAKUKAN LATIHAN LAGI YANG LEBIH MENANANTANG DAPAT DI KLIK DI SINI
Saya sertakan pula Rangkuman tajam untuk materi klas X
Konsep konsep Biologi
oleh : isharmanto
Gonzaga College
Kata Pengantar
Mengingat Biologi mempelajari Mahkluk Hidup ,
Tentulah sifat sifat mahkluk hidup harus dipahami secarai detail keberadaannya
Pemahaman secara detail mahkluk hidup adalah bukan menghafal ciri ciri yang ada secara membabi buta, tetapi memaknai secara mendasar apa itu mahkluk hidup. Mashkluk hidup adalah disusun oleh unit tekecilnya berupa sel maka di sel itulah sebenarnya kehidupan terjadi, didalam sel itulah sistem terjadi . Dan dari sinilah harus dikuasai sepenuhnya bagaimana makna kehidupan dimulai .
Bagaimana sel itu mendapatkan makanan, yang kemudian dicerna , hasil cernaan itu kemudian untuk apa , zat yang tidak dicerna kemudian dibagaimanakan , setelah melakukan itu semua kemudian untuk tujuan apa ? dll
Dari pemahaman itu kemudian dikembangkan ke mahkluk hidup sel tunggal (unicellulair) so dikorelasikan dengan tubuh kita yang multicellulair terus bagaimana semua ini terjadi .
Kesimpulan dari hal diatas berarti semua yang dilakukan oleh kita berupa mencari material dari luar dengan suatu Koordinasi . yang kemudian masuk ke sistem Pencernaan , Respirasi , Ekskresi , Transportsi , Tumbuh dan Reproduksi adalah semua dikhususkan agar semua mencapai ke sasaran bagian terkecil tubuh kita adalah untuk Sel .
Jika anda memaknai makanan berupa protein sampai di lambung dicerna oleh enzim pepsin menjadi peptone belum berarti apa apa makanan itu sebelum makanan itu sampai di sel dengan berbagai cara. Artinya jangan hanya berhenti mengetahui enzim di lambung dicerna secara bagaimana saja tetapi kuasai hingga makanan itu bisa akhirnya di sel kemudian diapakan .
penulis
Kita awali materi dari Klas 1 ( + 10 soal )
1. Klasifikasi caranya dibagi 3 :
- Alamiah didasarkan atas pengelompokan yang dilakukan oleh alam / habitat , tumbuhan biji , perdu , semak , ( kecoa - burung merpati , ubur - hiu dll )
- Buatan / Artifisial dibuat oleh manusia ( kecoa, belalang dalam kelompok insekta dll Jadi klasifikasi Buatan mendasarkan ke cirri tubuh: anatomi , reproduksi , fisiologis , cara reproduksi dll, sehingga menyederhanakan obyek studi .
- Phillogenik ) : hubungan evolusi mis kera dan manusia
2. Urutan Takson PIKOFAGES / DIKOFAGES artinya semakin kea rah spesies maka
- semakin banyak persamaan , sedikit perbedaan ,sedikit anggotanya dan sangat dekat hubungan kekerabatannya
3. Arti dua tumbuhan pada Sacaharum officinarum dg Sacharum spontaneum menunjukkan Genusnya sama species beda yaitu sama sama Genus Sacharum ini terjadi karena struktur GEN yang berbeda untuk m.h nya ( merah , pink , putih) ! perhatikan penulisan species
4. Keaneka Ragaman Mahkluk hidup ada 3
- Keaneka ragaman genetic : dikawinkan Fertil : kelapa apa saja namun jangan ikut kelapa sawit , mangga apa saja , pisang apa saja dll yang tidak bisa Jeruk /Ganggang apa saja ( keaneka ragaman ini disebut pula keaneka ragaman dalam satu species)
- Keaneka ragaman Species dikawinkan Steril : sapi , kerbau , anjing dll
- Keaneka ragaman Ekosistem : keaneka ragaman pada lingkungan nya : Gurun , Hutan Tropis , Taiga , Tundra , pantai dll
- Hutan : , Kanopi . Liana , Tanaman hetrogen , Iklim mikro di dasar hutan dan makro di tajuk kanopi tumbuhan
- Gurun : Xerophyt , interval suhu siang malam tinggi , evaporasi tinggi maka ….
- Pantai berlumpur : Bakau / mangrove yang punya akar nafas ( Lumpur hasil dari penguraian sampah sehingga BOD ( Biological Oxygen Demand) naik , DO ( Desolve Oksigen) turun sehingga bakau menggunakan akar nafas)
- Taiga : Konifer ( Tumbuhan berdaun jarum )
- Tundra : Lichenes, ( padang es ), dll
5. Pelestarian Insitu Berarti : disitu , ditempat aslinya : Badak bercula satu diujung kulon sedang eksitu diluar habitatnya , bunga Raflesia di kebun raya bogor dll
6. Kingdom Virus
Reproduksi Virus : Lisis ( APEAL) dan Lisogenik ( virus menumpang hidup di sel inang membentuk profage , inang tetap hidup dan membelah namun suatu saat melisis juga )
- Tumbuhan : Tungro ( padi kerdil) , CVPD ( jeruk ) , Mosaik ( TMV/tembakau )
- Hewan : Rabies , Flu burung ( H5N1/Myxovirus ) FMD ( sapi )
- Manusia : Demam berdarah ( Dengue) Polio , Cacar ,Hepatitis, Rabies, Trachoom, Campak , Herpes , Morbili , Kutil pada manusia pohon Dede , Gondong , Flu, Aids , Sars , Ebola dll
- Ciri : dpt dikristalkan ( spt benda mati), DNA or RNA ( mampu reproduksi ) , Parasit obligat , hanya bisa dikultur / dikembang biakkan di jaringan m.h dll
- Pembunuh Virus ampuh yaitu INTERFERON
7. Kingdom Monera ( Bakteri dan Ganggang Biru )
- Bakteri : Dinding sel ( Peptidoglikan ) , Prokaryotik ( inti tanpa selaput ) digolongkan Monera,
- bentuk cocus, basilus, vibrio, spirillium , mesosom pengganti mitocondrianya , Amitosis
- bergerak dengan flagel ( mi-li- am- per ) : Monotrik , Lopotrik, Ampitrik , Peritrik
- koloninya bisa Streptococus, Stapilococus , Sarkina , Diplococus , Diplobacillus etc . Respirasi bisa aerob dan aerob serat fakultatif ataupun obligat , bisa autotrop maupun heterotrop , Thermofil , Psikrofil , dengan reproduksi vegetatif amitosis maupun generatif dengan paraseksual ( konjugasi transduksi, transformasi )
Peran /guna bakteri untuk
- Fiksasi N2 / pengikat N2 ( Rhizobium , Azotobacter , Clostridium pasteurianum )
- Nitrifikasi ( NS dan NC membuat nitrit ( HNO2) dan NB membuat nitrat (HNO3) dengan mengoksidasi nitrit ( Nitrosococus , Nitrosocoocus, Nitrobacter ) bakteri ini aerob :perlu O2
- Teknik plasmid ( Rekombinan gen ) / pembusukan di usus, buat vitK ( Esherichia colly )
- Yogurt ( Lactobacillus bulgaricus ) Bioinsektisida / BT ( Bacillus Thuringiensis )
- Biometalurgi ( Thiobacilus ferooksidan) , SCP ( Methilophyllus )
- Biogas methan ( Methanobacterium ) dll
Penyakit bakteri : Tiphes , Disentri , Sipilis, TBC , Pes, Dipteri , Radang paru (pneumonia), Tetanus , Kolera , Antraks, Gonoroe (menghafalkannya Disebutkan bakterinya : bakteri TBC)
8.Kingdom Fungi
- Jamur OZABD jamur ini mempunyai karakter : Oomicotina ( jamur air : Phytoptora), Zygomicotina (Rhizopus ) , Ascomicotina ( Ascus spt beruas ruas Penisillium dan Asergillus dan Sacharomyces ) Basidiomycotina ( Basidium berpayung ) Volvariela volvacea , Auricularia dll , Deuteromicotina : Monilia sitophyla ( Oncom)
- Dengan Prinsip Reproduksi dari Spora – Hifa – Micellium – Sporangium – Spora
- Mendapatkan makanan makanan secara heterotrop menguraikannya secara eksternal dengan mengeluarkan enzim keluar / kesubstrat. Makanan kesel sudah sederhana.
- Jamur Merugikan Aspergilus flavus racun aflatoxin , Pucinia ( Padi ) , Ustilago ( Gandum) , Phytoptora infestan (kentang ) Aspergilus fumigatus ( paru paru burung)
- Jamur Menguntungkan : Rhizopus ( tempe ) , Aspergilus wentii ( kecap), Sacharomyces cerevisae (alcohol), Monilia sitophyla ( Oncom) Volvariela volvacea , Auricularia ( jamur berukuran besar dimakan Basidiokarpnya ( badan buah) ,Basidium penghasil Basidiosporanya
- Lichenes ( simbiosis mutualisme jamur dan Ganggang ) : sebagai tumbuhan perintis
9. Kingdom Protista ( Ganggang dan Protozoa )
- Ganggang hijau. keemasan,coklat dan merah ( Chloro, Crisso, Phaeo dan Rhodophyta ) dengan urutan pigmen chlorofil, karoten/xantofil dan fikoXantin dan FikoErythrin). Adaptif terhadap air , Autotrop
- Peran Spirulina (biru – SCP ) Anabaena (biru -fiksasi niyrogen) Chlorella (hijau SCP) Diatomae / Navicuka (keemasan –isolasi dinamit) Laminaria (coklat/pirang-mengandung asam alginate untuk tekstil, kapsul kosmotik ) Euchema spinosum , Glacilaria, Gelidium (EGG) (merah–agar agar)-dengan pasta dr telur,
Protozoa ( RSCM )
- Rhizopoda ( kaki semu / psudopoda ) : Amuba , Foraminifera (indicator minyak bumi )
- Sporozoa ( tanpa alat gerak ) : Plasmodium ( malaria ) dibawa nyamuk Anoples (STMGZOO)
- Ciliata ( Bulu getar /Cilia) : Paramaecium caudatum ( indicator air jernih )
- Mastigopora/Flagelata (Bulu cambuk) : Tripanosoma ( penyakit tidur ) Euglena (berklorofil)
10. Hewan ( Animalia ) : P C P N A M M A E C
- P & C : Diploblastik , P : Triploblastik Acoelomata , N : Triploblastik Pseudocoelomata , A – C : Triploblastik Coelomata
- P (CHD) : Calcarea , Hextinelida, Demospongia ( Ascon , Sycon , Leucon ) terdapat Sel koanosit (pencernaan ) Amubosit (mengedarkan makanan )
- C (HAS) : Hidrozoa , Antozoa , Schipozoa ( Hydra , Lilia Laut , Ubur ubur )
- P (CTT) : Cestoda , Trematoda , Turbelaria ( C. Pita , C Hati , C. Planaria )
- N(OTAWA) : Oxyuris vermicularis , Trichinella, Ascaris lumbricoides, Wucheria, Ankilostoma duodenale ( C. Kremi , C. Otot , C . Perut , C. Filaria , C. tambang )
- A (POH) : Polychaeta , Oligochaeta, Hirudinea ( C. wawo , C. Tanah , Lintah )
- M (CGP) : Chepalopoda , Gastropoda , Pelecypoda (Cumi , gurita , Siput , Kerang)
- A ( CAIM) : Crustacea , Aracnoida , Insekta dan Myriapoda ( kaki 5 – 4 – 3 – 2/1 Psg) ( Udang , Laba laba /Kalajengking , serangga, Kaki seribu / Kelabang )
- E (OACEH) :Ophiuroidea , Asteroidea , Crinoidea , Echinoidea , Holothuroidea (Bintang Ular , Bintang Laut , Anemon , Bulu Babi , Teripang )
- C (PARAM) : Pisces , Ampibia , Reptil , Aves , Mamalia ( ikan , katak , salamander , ular , buaya , unggas , menyusui )
- Pisces ( Agnatha , Chondrictyes , Osteichtyes )
- Ampibia ( Apoda, Anura , Urodella)
- Reptil ( Squamata, Chelonia ,Crocodilia , Ophidia )
- Mamalia( Chiroptera, Marsupialia, Monotremata , Cetacea , carnivore dll+)
11. Reproduksi Hewan
- 1. Pada Platihelmintes - Cacing Pita : (Telur – Hexacant – Cisticercus – C dws Taenia Solium (babi ), T saginata (sapi) ,Echinococus granulosus (anjing) Masuk tubuh makan daging yangada Cisticerkus.
- Cacing Hati ( Fasciola hepatica ) : TuMiSiR Calon MC ( Telur –Mirasidium- Sporosis- Redia- Cercaria- MetaCercaria) mirasidium kesiput , keluar metacercaria lerumput – Ternak C, Dewasa – Manusia , Cacing hati Ikan Clonorsis sinensis
- Coelenterata : Zygot – Planula- Polip (skifistoma) – Efira – Medusa muda – Dewasa( Ubur ubur ) Generasi generatif Medusa Dewasa karena menghasilkan zigot )
- Cacing Tambang ( Ankilostoma ) Telur – Larva Rhabditiform – Filariform – menembus kulit - pembuluh darah – hati- jantung - paru – mulut – kerongkongan – usus (anemia)
- Cacing Wucheria /filaria : Telur – larva microfilaria (nyamuk culex) – Elephantiasis (menyumbat kelenjar limfe , Limfe turun ke kaki jadi bengkak )
- Anelida : Cacing tanah : telur diletakkan di KLITELUM ruas yang menebal ,hermaprodit
- Arthropoda – Pada Arachnoida : Kelisera dimulut ( Racun) , Pedipalpus ( capit) memgang , memasukkan sperma Insekta : Metamorfosis sempurna ( Holometabola ) : T-L-P-I : kupu , nyamuk , lalat Hemimetabola : T-N-I: Belalang , kecoa,jangkrik
- Molluska ( CGP) Chepalopoda ( kaki di kepala ): tanpa cangkang kec Nautilus , Gastropoda ( kaki di perut ) cangkang satu : siput ( bekicot , Lymnea ) Pelecipoda ( kaki pipih ) cangkang sepasang ( Bivalvia) insang berlapis lapis (Lamelibranchiata) : kerang lapisan cangkang dari luar Periostrakum ( gelap / hijau ) , Prismatik dan nakreas (mengkilat ) – PPN Mutiara buatan : batu kecil diletakan di antara Mantel dan Nakreas
- Echinodermata : OACEH yang bisa dimakan Holothuroidea : teripang semua bergerak dengan kaki ambulakral (diawali dari lubang madreporit – ke mulut melalui pembuluh)
12 PLANTAE
- LUMUT (Bryophyta) dan PAKU (Pterydophyta) dan SPERMATOPHYTA
- PAKU ( PS) : di bawah (sporofit ) 2n ada daun sporofil sporogonium – sporangium
LUMUT ( LG ) : diatas (Gametofit ) yang kromosomnya haploid ada alat kelamin anteridium ( jantan) dan arkegonium (betina)
Ciri Lumut : - Gametofitnya :Tumbuhan lumut . Sporofitnya :Sporogonium
(Bryophyta) - Akar Rhizoid , belum punya Berkas pengangkut Xilem dan Floem ,Gametofit lebih lama hidupnya dibanding sporofitnya Sporogoniumnya : terdapat Seta (tangkai) , Apofisis (ujung tangkai yang melebar ) , kaliptra (tutup sporogonium)
LUMUT dibagi menjadi
- Lumut Daun ( Musci) contoh Spagnum ( berumah satu)
- Lumut Hati ( hepaticae) contoh Marchantia polymorpha untuk penyembuh hepatitis dengan batabng tak namapak dibungkus daun
Ciri Paku : Gametofitnya : Protalium Sporofitnya : Tumbuhan Paku
(Pterydophyta) Akar serabut , ujung daun muda menggulung, berkas pengangkut ada konsentris , daun berspora karena ada Sporogonium ( ada indusium , sporangium , annulus) pada daun sporofil di bagaina bawah
Klasifikasi Paku :
- Paku homospora ( spora ukuran , bentuk dan jenis sama ) : paku kawat ( Licopodium )
- Paku Heterospor homospora ( spora ukuran , bentuk dan jenis beda : paku rane ( Selaginela) semanggi ( Marsilea crenata )
- Paku Peralihan (spora ukuran ,bentuk sama & jenis beda) Paku Ekor Kuda ( Equisetum debile)
Spermatophyta ( kormophyta Berbiji )
Gymnospermae : Biji Terbuka : pembuahan tunggal , belum ada bunga namanya Strobilus
Ex : Pinus, Melinko, Damar, Conifer , Gingko biloba, Pakis haji
Angispermae ( Mono dan Dikotil) : pembuahan ganda , berbunga ( monokotil kelipatan 3 , dikotil kelipatan 5 ) ,
Pembuahan ganda IG 1 dengan Ovum jadi Zygot (2n), IG2 dengan IKLS jadi Endosperm ( 3n)
13. Lingkungan ( Ekologi )
Polusi Udara :
CO2 : Efek Rumah Kaca ( penghijauan )
SO2 dan NOx : Hujan Asam ( diberi kapur )
CFC : Berlubang Ozon ( Global Warning)
Polusi Air dan Tanah
Sampah Organik : Biological Oxygen Demand naik , Desolve Oxygen turun
Pupuk /Deterjen : Eutrofikasi ( Blooming eceng gondok ) : BOD naik , DO turun terjadi pula Pendangkalan
Polusi Suara : Suara diatas 80 dB
Suksesi
Suksesi Primer : Ada – hilang – Ada : ada lagi diawali dengan urutan vegetasi
Lichenes – lumut / paku – rumput – semak – perdu – pohon
Suksesi sekunder : Ada – Rusak – Ada : hutan terbakar cirri Vegetasi sama dari sebelumnya
Rantai makanan
Nichia /Niche : Status Jabatan m.h (kompetisi terjadi jika , Tempat dan Niche sama)
Tingkat tropi I : Produsen ( fitoplankton , tumbuhan hijau )
Konsumen I : Herbivora ( Zooplankton , sapi )
Dasar piramida : Produsen
Rantai Perumput : dimulai dari Produsen
Rantai Detritus : dimulai dari sissa m.h dimakan detritivor ( Cacing , Belatung )
Perpindahan energi pada rantai makanan : energi terkecil di Konsumen terakhir , karena terjadi pengurangan 90 % yang menjadi Egesta, ekresta, aktifitas , jadi yang untuk tuimbuh 10%
Insektisida ( DDT) yang bersifat Non Bio Degradable tercemar di perairan Kandungan DDT terbesar Konsumen terakhir
Hg tercemar di perariran Hg akan mengendap ke dasar sehingga kandungan terbesar di Kerang yang berupa kehidupan bentos . menyebabkan Minamata
Predasi : Predator dengan yang dimangsa
Komensalisme : Anggrek dan mangga , Liana ( rotan ) yang merambat dengan pohon
BioGeoKimia : suatu siklus materi berupa unsur /senyawa kimia dari MH bio) kelingkungan ( geo) contoh siklus O2 CO2 pada respirasi dan fotosintesis , sikus Nitrogen dalam nitrifikasi, fiksasi dan penguraian sisa sisa oleh bakteri dll
Untuk Latihan materi klas X ini dapat secara detail klik isharmanto
No comments:
Post a Comment