Saturday, February 26, 2011

BANK SOAL BIOLOGI (EXTRACT BIOLOGICAL)


Postingan ini saya buat dari ide postingan 44AXX natural bulan januari kemarin saya postingkan kok menarik maka bagaimana kalau cara itu diganti Soal Biologi kan bisa Ok , Bisa diguntingi ditempel di kartu , bawa di WC , di Kantin atau digunakan seperti main permainan gaple ........ hahaha Sambil Gaple , sambil di WC , sambil nongkrong baca kartu , Jago biologi deh




LATIHAN LAGI YE



1. Dalam menjawab permasalahan tentang asal usul kehidupan, eksperimen siapakah yang cara pelaksanaannya paling cermat jika ditinjau dari metode ilmiah ....
A. Harold Urey
B. Stanley Miller
C. Fransesco Redi
D. Lazzaro Spallanzani
E. Louis Pasteur

Jawab: dalam menjawab permasalahan tentang asal usul kehidupan, dasar eksperimen yang cara pelaksanaannya paling cermat dan memenuhi metode ilmiah adalah yang dilakukan oleh Stanley Miller, sampai pada kesimpulan bahwa asam amino merupakan dasar dari kehidupan.


2. Louis Pasteur menumbangkan teori generatio spontanea dengan memuaskan karena percobaannya yang menggunakan ...
A. Potongan daging
B. Kaldu ayam
C. Tabung ditutup rapat
D. Botol berbentuk leher angsa
E. Tabung ditutup kain kasa

Jawab: Louis Pasteur berhasil menumbangkan teori generatio spontanea dengan melakukan eksperimen yang berupa labu gelas yang dilengkapi dengan gelas berbentuk leher angsa. Menurut Pasteur kehidupan terjadi karena adanya kehidupan sebelumnya, hal ini terbukti bahwa air kaldu yang disimpan dalam gelas labu lebih awet karena tidak terkontaminasi oleh mikrobia/bakteri. Mikrobia tidak bisa masuk melalui buluh kapiler dari gelas yang berbentuk leher angsa, walaupun udara di luar dan di dalam labu berhubungan langsung.


3. Adanya mikroorganisme pada rendaman jerami yang teramati dengan mikroskop buatan Anthoni van Leeuwenhoek pada akhir abad XIV ditafsirkan sebagai gejala ...
A. Biogenesis
B. Metagenesis
C. Bioreproduksi
D. Antibiosis
E. Abiogenesis

Jawab: Anthoni van Leeuwenhoek pada akhir abad ke XIV berhasil mengamati mikroorganisme pada rendaman jerami, semakin membusuk jerami maka populasi mikroorganisme semakin banyak. Sampai pada kesimpulan bahwa mikroorganisme (makhluk hidup) ada hubungannya dengan jerami yang membusuk (konsep abiogenesis).

4. Omne vivum ex ovo dan omne ovum ex vivo adalah suatu pernyataan yang menjelaskan bahwa ...
A. Tak ada kehidupan tanpa telur
B. Kehidupan selalu berasal dari makhluk petelur
C. Sebelum ada kehidupan harus ada telur dahulu
D. Semua kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya
E. Kehidupan dapat berasal dari benda mati

Jawab: Pada era Louis Pasteur setelah beliau menggagalkan konsep abiogenesis, kemudian muncul slogan Omne vivum ex ovo (semua kehidupan berasal dari telur) dan Omne ovum ex vivo (semua telur berasal dari kehidupan) sehingga secara umum para penganut aliran biogenesis berpendapat bahwa semua kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya (omne vivum ex vivo).

5. Ekperimen Pasteur dikembangkan untuk memperbaiki eksperimen Spallanzani yang rangkaian percobaannya tidak memungkinkan masuknya elan vetal (gaya hidup) untuk mendorong terjadinya ...
A. Adaptasi
B. Regulasi
C. Reproduksi
D. Generatio spontanea
E. Evolusi

Jawab: eksperimen Louis Pasteur dikembangkan untuk memperbaiki eksperimen Spallanzani yang rangkaian percobaannya tidak memungkinkan adanya elan vetal atau gaya hidup (terhambat oleh buluh kapiler di tabugn berbentuk leher angsa). Denga adanya eksperimen Pasteur yang lebih kompleks, maka konsep generatio spontanea tidak berlaku dan ditinggalkan pendukungnya.

6. Air kaldu dalam tabung reaksi tertutup rapat, dipanaskan pada suhu 60 C, setelah dibiarkan selama satu minggu ternyata timbul bakteri. Bakteri tersebut berasal dari ...
A. Air kaldu
B. Spora
C. Udara
D. Daging
E. Benda mati

Jawab: Air kaldu yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi tertutup rapat, dipanaskan pada suhu 60 C. Setelah dibiarkan selama satu minggu, ternyata timbul koloni bakteri.koloni bakteri tersebut sebenarnya berasal dari spora bakteri yang tahan terhadap suhu 60 C, sehingga mampu berbiak dengan cepat. Biasanya bakteri punya kemampuan beradaptasi dengan membentuk kistaspora (endospora).

7. Suatu eksperimen membutuhkan kontrol, oleh karena itu pada waktu mempraktikan eksperimen Lazzaro Spallanzani, siswa menyediakan kontrol berupa tabung reaksi berisi kaldu yang telah dididihkan dan ...
A. Ditutup rapat-rapat dengan gabus
B. Ditutup dengan kain kasa steril
C. Disegel dengan lilin
D. Dibiarkan terbuka
E. Disumbat dengan kapas steril

Jawab: dalam eksperimen Lazzaro Spallanzani kontrolnya berupa tabung berisi kaldu yang telah dididihkan dan dibiarkan terbuka.

8. Teori asal usul kehidupan disusun berdasarkan ...
A. Pengamatan peristiwa yang sedang terjadi
B. Hipotesis terhadap kemungkinan akan terjadi
C. Hasil analisis dari peristiwa masa lampau
D. Kenyataan kehidupan yang ada sekarang
E. Hipotesis terhadap keadaan bumi saat ini

Jawab: teori tentang asal usul kehidupan disusun berdasarkan hasil analisis data peristiwa pada masa lampau seperti yang dikembangkan oleh :

1. Louis Pasteur terhadap konsep biogenesis
2. Harold Urey, dengan teori evolusi kimia
3. Alexander Oparin dengan teori evolusi biologi

9. Bila dikatakan bahwa lipas tumbuh dari sampah yang berasal dari dapur rumah tangga, hal ini bertentangan dengan paham yang dikemukakan oleh ...
A. Fransesco Redi
B. Lazzaro Spallanzani
C. Louis Pasteur
D. Aristoteles
E.  Stanley Miller


Jawab: jika dikatakan lipas tumbuh dari samaph yang berasal dari dapur rumah tangga, hal ini sesuai dengan konsep abiogenesis yang berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Pendapat diatas ditentang oleh Fransesco Redi, Lazzaro Spallanzani, Louis Pasteur.


10. Teori-teori biogenesis didukung oleh ...
A. Fransesco Redi
B. Robert Hooke
C. Oparin
D. Aristoteles
E. Harold Urey

Jawab: terhadap asal usul terbentuknya kehidupan, pandangan biogenesis berpendapat bahwa semua makhluk hidup di muka bumi berasal dari kehidupan sebelumnya (omne vivum ex vivo) seperti yang dilakukan Fransesco Redi dan Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur lewat dasar eksperimennya, dan ini tidak sejalan dengan dasar pandangan Aristoteles dan Robert Hook (penganut abiogenesis).

11. Penyusutan ekor berudu pada saat metamorfosis disebabkan oleh aktivitas ...
A. Lisosom
B. Badan golgi
C. Mitokondria
D. Ribososm
E. Retikulum endoplasma

Jawab: organel lisosoma mempunyai kemampuan antalitis; yaitu merupakan penghancuran diri dari sel dengan cara membebaskan semua isis litosoma dalam sel (sebagai saku penghancuran diri). Contoh: penyusutan ekor berudu pada serat terjadi metamorfosis.

12. Sitokenesis yang terjadi pada proses mitosis berlangsung pada fase ...
A. Anafase
B. Interfase
C. Profase
D. Metafase
E. Telofase

Jawab: sitokinesis (saat sel terbelah menjadi dua bagian yang sama besar) terjadi pada akhir telofase mitosis, sehingga dari satu sel induk yang diploid akan terbelah menjadi dua sel anak yang masing-masing juga diploid.

13. Bagian dari sel yang letaknya di luar nukleus adalah, kecuali ...
A. Sentrosoma
B. Mitokondria
C. Vakuola
D. Benang kromatin
E. Retikulum endoplasma

Jawab: nukleus merupakan organel terbesar dalam sel, yang tersusun oleh:

1. Membran inti (umumnya rangkap)
2. Nukleoplasma (plasma inti)
3. Butir kromatin
4. Benang kromatin (calon kromosom)
5. Nukleolus (anak inti)

14. Pembelahan sel secara meiosis terdapat pada ...
A. Jaringan meristem
B. Organisme monoselluler
C. Titik tumbuh ujung akar
D. Lingkaran kambium
E. Alat reproduksi

Jawab: pembelahan sel secara meiosis: Pada tumbuhan waktu pembentukkan spora di dalam sporangium lumut dan paku, serta pembentukkan serbuk sari dan sel telur pada tumbuhan berbiji (spermatofita). Pada hewan waktu proses: spermatogenesis di testis dan oogenesis di ovarium


15. Bagian dari sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan adalah ...
A. Selaput plasma
B. Dinding sel
C. Mitokondria
D. Inti sel
E. Sitoplasma

Jawab: bagian dar sel yang hanya terdapat pada tumbuhan adalah dinding sel dan plastida.


16. Meiosis pada tumbuhan paku terjadi saat ...
A. Perkembangan spora
B. Perkembangan protalium
C. Pembentukkan sel telor
D. Pembentukkan spora
E. Pembentukkan sporofit

Jawaban: pembelahan sel secara meiosis (mereduksi) pada tumbuhan paku (pterydophyta) terjadi pada saat sporogenesis, yaitu proses pembentukkan spora, yang berlangsung pada daun sporofil di dalam sporangiumnya.


17. Dalam sel terdapat mitokondira yang sering disebut the power house, pada butir-butir kecil ini terjadi ...
A. Pembentukkan lemak
B. Oksidasi zat makanan
C. Pembentukkan vitamin
D. Pembentukkan protein
E. Pembentukkan enzim

Jawab
: di dalam sel terdapat mitokondria yang disebut sebagai “The power house” pada butiran ini terjadi:
a. Pusat oksidai zat makanan
b. Pusat respirasi sel
c. pusat pembetnukan energi (ATP)

18. Pindah silang terjadi antar kromatid dan kromosom homolognya hal ini terjadi pada ...
A. Interfase
B. Profase
C. Anafase
D. Metafase
E. Telofase

Jawab: pada tahap profase I meiosis, kromososm homolog melekat satu sama lain peristiwa ini disebut sinapsis, akibatnya akan terbentuk tetrad atau bivalen, pada saat itu terjadi tukar menukar gen antar kromatid melalui proses pindah silang atau crossing over.

19. Sel merupakan unit strukturil dari makhluk hidup, teori tersebut pertama kali dicetuskan oleh ...
A. Felix Durjadin
B. Max Schultze
C. R. Virchow
D. Schleiden dan Schwann
E. Robert Hook

Jawab: dalam teori sel dikatakan bahwa sel merupakan unit strukturil dan fungsional yang terkecil. Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Mathias Schleiden dan Theodor Schwann.

20. Fungsi utama ribosom dalam sel adalah ...
A. Membentuk ARN duta
B. Menghasilkan kode genetik
C. Tempat penggabungan asam amino
D. Membentuk butiran pada retikulum endoplasma
E. Mensintesa lemak dan karbohidrat

Jawab: fungsi utama ribosom yang terdapat dalam saluran retikululm endoplasma granuler adalah sebagai basis dari sintesa protein melalui penggabungan dari beberapa atau sederetan dari asam-asam amino.

21. Proses pembuatan tape dari singkong dengan bantuan ragi merupakan proses ...
A. Fosforilasi
B. Fragmentasi
C. Fermentasi
D. Sakarifikasi
E. Laktasi

Jawab: proses pembuatan tape dari singkong dengan bantuan ragi termasuk proses fermentasi/respirasi anaerob, dengan bahan baku gula (C6H12O6) difermentasi menajdi alkohol dan CO2 serta energi. Sedangkan sakarifikasi adalah proses pemecahan dari polisakarida menjadi monosakarida. Laktasi adalah stadium pembentukkan asam laktat atau keluarnya ASI yang pertama setelah persalinan.

22. Untuk memeriksa air minum agar berkualitas maka salah satu indikator biologisnya adalah melihat ada tidaknya populasi bakteri ...
A. Balantidium coli
B. Entamoeba coli
C. Escherichia coli
D. Vibrio colera
E. Salmonela typosa

Jawab:Escherechhia coli adalah bakteri kolon sebagai indikator kualitas air minum. Entamoeba coli adalah protozoa penyebab disentri. Vibrio cholera adalah bakteri penyebab kolera. Salmonela tiposa adalah bakteri penyebab tipus.

23. Jenis flagellata yang hidup aktif dalam plasma darah manusia sebagai penyebab penyakit tidur ...
A. Trypanosoma evansi
B. Trypanosoma gambiense
C. Trypanosoma brucei
D. Trypanosoma donovani
E. Giardia lambia

Jawab : Tripanosoma gambiens


24. Bakteri pengikat nitrigen yang hidup bersimbiosis dengan tanaman polong-polongan ...
A. Azotobacter
B. Nitrobacter
C. Clostridium
D. Rhizobium
E. Nitrosomonas

Jawab : Rhizobium legumoniosorum bakteri pengikat nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan akar polong-polongan (dikenal dengan sebutan bakteri bintil akar).



25. Umumnya virus yang banyak menyerang pada organ dan jaringan tumbuhan asam intinya ...
A. Dilengkapi dengan dinding sel
B. Dilengkapi DNA dan RNA
C. Mengandung DNA saja
D. Mengandugn RNA saja
E. Dilengkapi nukleoplasma

Jawab: umumnya virus yang menyerang jaringan pada tumbuhan, asam intinya hanya mengandung RNA saja. Contoh: virus TMV yang menyerang tanaman tembakau.

26. Jamur oncom yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Bandung dikenal dengan nama ilmiah ...
A. Dinca versicolor
B. Monilia sitophyla
C. Malazei furfur
D. Mangifera indica
E. Rhyzpuous orizae

Jawab: di bawah ini nama-nama beberapa spesies organisme:
a. Monilia sitophila (jamur oncom)
b. Dinca versicoloc (jamur kulit bikin panu )
c. Malazezia furfur (jamur kulit manusia)
d. Mangivera indica (mangga)
e. Rhizopus orizae (jamur tempe)


27. Virus penyebab penyakit pada tanaman tembakau pertama kali diperkenalkan oleh ...
A. Yonas Salk dan Pasteur
B. Iwanowski dan Beyerinck
C. Iwanowski Yonas Salk
D. Edward Jenner dan Beyerinck
E. Louis pasteur dan Wendell Stanley

Jawab: viurs (racun) pertama kali ditemukan pada daun tanaman tembakau (Nicotina tabacum) oleh A. Meyer, pada tahun 1883, 10 tahun kemudian dikaji ulang oleh Iwanowski dan proses reproduksinya ditemukan oleh M.Beyerink. yang sekarang dikenal dengan nama virus TMV.

28. Macam penyakit di bawah ini disebabkan oleh virus, kecuali ...
A. Influensa dan trakom
B. Polio dan campak
C. Cacar dan rabies
D. Kolera dan anthrax
E. Cikungunya dan kanker

Jawab: macam bakteri penyakit :
a. Bacilus antraxis (penyebab antrax)
b. Vibrio cholera (penyebab kolera)
c. Pasteurela pestis (penyebab pes)
d. Micobacterium tuberculosa (penyebab TBC)
e. Chlostridium tetany (penyebab tetanus)
f. Neisseria gonorrho (penyebab GO)


29. Mikroorganisme yang menjadi rebutan ahli botani dan zoologi adalah ...
A. Trypanosoma gambience
B. Euglena viridis
C. Noctiluca miliaris
D. Balantidium coli
E. Escherichia coli

Jawab: Euglena viridis merupakan mikroorganisme yang menjadi rebutan antara ahli botani dan zoologi karena memiliki sifat :
· Mirip tumbuhan (dapat berfotosintesis)
· Mirip hewan (dapat bergerak aktif dengan menggunakan flagel dan memiliki stigma atau bintik mata)

30. Media untuk pertumbuhan jamur Pecillium selain bahan anorganik juga ada bahan organik yang mutlak diperlukan karena jamur ini bersifat ...
A. Parasit obligat
B. Parasit fakultatif
C. Heterotroph
D. Fotoautotroph
E. Kemoautotroph

Jawab: kebanyakan jamur dapat hidup baik pada media organik yang mutlak diperlukan oleh organisme ini yang bersifat heterotroph, artinya langsung memanfaatkan senyawa organik dari substrat. Organisme yang heterotroph dapat bersifat :
· Saprofit, yaitu memanfaatkan sisa organisme mati
· Parasit obligat (benar-benar parasit)

31. Ular yang termasuk reptil adalah vertebrata yang tidak mempunyai tulang ...
A. Klavikula
B. Rusuk
C. Sternum
D. Leher
Jawab: ular termasuk kelompok reptilia yang tidak mempunyai :

a. Tulang klavikula atau tulang selangka, yaitu tulang penyusun gelang bahu, karena ular tidak mempunyai tungkai depan.
b. Tulang sternum atau tulang dada, maka ujung depan dari tulang rusuk dalam keadaan bebas, sehingga bisa menelan mangsa yang berukuran besar.

32. Sinus venosus pada jantung katak berfungsi untuk menerima darah dari ...
A. Vena kava inverior
B. Atrium kanan
C. Vena kava posterior
D. Ventrikel kanan

Jawab: sinus venosus merupakan ruang berbentuk segi tiga pada bagian atas (dorsal) dari jantung katak, yang berfungsi menerima darah dari vena cava superior (pembuluh balik atas) dan vena cava inferior (pembuluh balik bawah)


33. Kloaka adalah suatu rongga yang berhubungan dengan sistem kecuali ...
A. Pencernaan
B. Ekskresi
C. Reproduksi
D. koordinasi
E.  disgesti

Jawab: kloaka adalah suatu rongga dari anggota vertebrata yang berhubungan dengan sistem :
· pencernaan, bermuara di lubang anus
· ekskresi, bermuara di lubang urine
· reproduksi, yang bermuara di lubang genetale


34. Sistem pembuluh darah yang membawa hasil pencernaan dari usus halus vertebrata adalah ...
A. Intestinalis
B. Porta renalis
C. Pulmonalis
D. Porta hepaticus
E. Abdominalis

Jawab: sistem pembuluh darah yang membawa :
· Hasil pencernaan dari usus halus vertebrata adalah vena intestinalis
· Hasil pencernaan dari usus

35. Organ pernapasan mamalia berikut ini yang berhubungan dengan kapiler darah adalah ...
A. Larinks
B. Alveolus
C. Paru-paru
D. Trakea
E. Bronkus

Jawab: organ pernapasan pada mamalia yang berhubungan dengan kapiler darah adalah bagian paru-paru terkecil berupa alveolus, disini terjadi proses difusi aktif antara oksigen dengan karbondioksida, melalui pembuluh kapiler darah.

36. Tembolok pada burung dara berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan sementara. Pada burung pemakan biji tembolok merupakan bagian dari ...
A. Tenggorokan
B. Kerongkongan
C. Lambung
D. Usus halus
E. Usus tebal

Jawab
: tembolok pada burung dara berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan sementara. Pada burung pemakan biji tembolok merupakan bagian dari organ kerongkongan (oesofagus), dan di sini terjadi pencernaan awal secara mekanik.

37. Ikan mempunyai kulit yang tipis, transparan dan banyak mengandung kelenjar lendir. Kelenjar tersebut ada hubungannya dengan ...
A. Pencegah terhadap kekeringan
B. Sistem ekskresi
C. Sistem pernapasan
D. Tekanan hidrolitik
E. Fungsi pergerakan

Jawab: ikan (pisces) mempunyai kulit yang tipis dan transparan dan banyak mengandung kelenjar yang berlendir. Kelenjar mukrosa yang berlendir tersebut ada hubungannya dengan kelancaran fungsi pergerakan pada waktu ikan berenang.

38. Buaya dimasukkan dalam kelompok hewan tetrapoda karena ...
A. Struktur kulitnya
B. Jumlah ruang jantung
C. Jumlah kaki
D. Sistem sirkulasi darah
E. Sistem reproduksi

Jawab: buaya (aligator) dimasukkan dalam kelompok tetrapoda karena jumlah kaki pada buaya berjumlah empat (tetra = empat)

39. Pada burung terdapat bagian akhir usus yang sekaligus bermuara saluran ekskresi dan saluran alat kelamin. Bagian akhir ini disebut ...
A. Kandung kemih
B. Anus
C. Ureter
D. Kolon
E. Kloaka

Jawab: pada burung terdapat bagian akhir usus yang sekaligus bermuara saluran ekskresi dan saluran alat kelamin. Bagian akhir ini disebut kloaka.

40. Susunan alat tubuh amphibi lebih berkembang dari pada susunan tubuh ikan, hal ini tampak jelas pada sistem ...
A. Pencernaan makanan
B. Reproduksinya
C. Ekskresinya
D. Sarafnya
E. Pernapasannya

Jawab: susunan alat tubuh amphibi lebih berkembang daripada susunan alat tubuh ikan, hal ini tampak jelas pada sistem pernapasannya, pada waktu masih embrional, yaitu dalam bentuk berudu amphibi bernapas dengan insang, setelah dewasa bernapas dengan kulit dan paru-paru.

41. Jaringan permanen di bawah ini merupakan jaringan yang sel-selnya sudah berhenti tumbuh, kecuali ...
A. Sklerenkim
B. Epidermis
C. Kambium
D. Xilem
E. Floem

Jawab: jaringan permanen yang sel-selnya sudah berhenti tumbuh antara lain
· Epidermis
· Sklerenkim
· Floem
· Xilem
Sedangkan kambium sel-selnya bersifat meristematis, senantiasa memberlah untuk menambah diameter batang dikotil.

42. Pada penampang melintang dari jenis batang tumbuhan terdapat jaringan ..
1. Epidermis
2. Floem
3. Korteks
4. Kambium
5. Xilem
Bila dilihat dengan mikroskop dari dalam keluar berturut-turut akan tampak ...
A. 1-2-3-4-5
B. 2-3-4-5-1
C. 3-4-5-1-2
D. 4-5-1-2-3
E. 5-4-3-2-1

Jawab: pada penampang melintang batang tumbuhan dikotil, bila dilihat dengan mikroskop dari dalam ke luar berturut-turut akan tampak jaringan:

a. Xilem di stele
b. Kambium (meristem sekunder)
c. Perisikel (perikambium)
d. Floeterma (jaringan pembatas)
e. Floem
f. Epidermis

43. Giberelin merupakan zat yang dihasilkan oleh Giberella fujikuroi. Hormon ini dapat dipakai untuk meningkatkan pemanjangan ...
A. akar yang muda
B. daun
C. umur tanaman
D. batang tanaman
E. helai daun bunga

jawab: giberelin merupakan zat yang dihasilkan oleh sejenis jamur Giberella fujikuroi, zat ini mirip dengan hormon tumbuh seperti auksin, yaitu dapat meningkatkan pemanjangan batang tanaman.

44. pengamatan terhadap suatu jenis tumbuhan menunjukkan ciri-ciri batang bercabang, berakar tunggang, berdaun, berbiji, dan terdapat strobillus. Dari ciri tersebut tumbuhan tersebut digolongkan ke dalam ...
A. monokotil
B. dikotil
C. gymnospermae
D. cryptogamae
E. angiospermae

jawab: Gymnospermae sebagai tumbuhan biji terbuka mempunyai ciri-ciri antara lain:
a. batangnya bercabang
b. berakar tunggang
c. berdaun jarum
d. biji tidak dilindungi bakal buah
e. alat biak berupa strobilus
f. floeoterma tidak ada

45. Sel-sel penyusun jaringan berikut yang berubah bentuk dan menghasilkan lateks (karet) adalah ...
A. Epidermis
B. Parenkim
C. Meristem
D. Kolenkim
E. Floem

Jawab: jaringan parenkim sebagai jaringan pengisi pada tumbuhan, merupakan jaringan dewasa yang meristematis, serta memiliki morganela sel yang lengkap, sehingga dapat berdiferensiasi dan mengalami modifikasi untuk menghasilkan getah lateks (karet) pada latisiefernya.

46. Silinder pusat atau stele adalah ...
A. Bagian xilem dari ikatan pembuluh
B. Bagian floem dari ikatan pembuluh
C. Ikatan pembuluh yang dikelilingi periskel dari endodermis
D. Bagian dalam dari batang
E. Bagian batang di bawah epidermis

Jawab: stele atau silinder pusat merupakan bagian dari ikatan pembuluh kayu yang dikelilingi oleh perisikel dan endodermis pada bagian akar tumbuhan dikotil.

47. Sulur tanaman labu atau Cucurbita sp. Akan membelit apabila menyentuh tiang penyangga, peristiwa ini disebut ...
A. Fototropisme
B. Tigmotropisme
C. Fotonasti
D. Tigmonasti
E. Niktinasi

Jawab: sulur pada tumbuhan labu merupakan bagian dari batang, akan membelit apabila menyentuh tiang penyangga. Peristiwa ini disebut gerak tigmotropisme (rangsang berupa persinggungan)

48. Kapas yang dapat dijadikan benang, untuk kain merupakan modifikasi dari sel ...
A. Epidermis
B. Parenkim
C. Kloenkim
D. Sklerenkim
E. Meristem

Jawab: serat pada tanaman kapas (Gossypium.sp) yang dapat dibuat benang untuk kain merupakan modifikasi dari sel-sel epidermis, yaitu berupa rambut epidermis pada biji.

49. Menurut percobaan Ursprung, nilai osmotik sel-sel akar Ficia faba (kacang babi) berturut-turut makin meningkat pada jaringan ...
A. Epidermis-korteks-perikambium
B. Korteks-perikambium-epidermis
C. Perikambium-epidermis-korteks
D. Epidermis-endodermis-perikambium
E. Epidermis-perikambium-endodermis
Jawab: menurut percobaan Ursprung, niali osmosis sel-sel Ficia faba (kacang babi) berturut-turut makin meningkat pada jaringan:

a. Epidermis
b. Jaringan di daerah korteks
c. Perikambium
d. Xilem (buluh kayu)

50. Endodermis pada penampang lintang akar tanaman mangga (Mangifera indica) terdapat di ...
A. Bawah jaringan epidermis
B. Tengah jaringan korteks
C. Antara korteks dan silinder pusat
D. Antara xilem dan floem
E. Sebelah dalam kambium

Jawab: endodermis pada penampang akar tanaman mangga (Mangifera indica) terdapat di antara korteks (kulit kayu) dan silinder pusat (bagian kayu), sehingga endodermis juga sering disebut jaringan pembatas. Pada bagian batangnya disebut floeoterma.









51. Hewan yang pencernaannya berlangsung secara intra seluler dalam koanosit dalam filum ...





A. Coelentrata





B. Platyhelminthes





C. Porifera





D. Protozoa





E. Ekinodermata





Jawab: pada hewan porifera, proses pencernaan berlangsung secara intraseluler dalam koanosit (sel leher), sebagai alat cerna utama, sedangkan proses pengangkutan dilakukan oleh sel-sel amuboit ke seluruh jaringan tubuh.









52. Hewan-hewan yang memiliki tubuh simetris radial adalah ...





A. Porifera





B. Ekinodermata dewasa





C. Coelentrata





D. Vermes





Jawab: hewan yang tubuhnya simetris radial, jika dipotong-potong masih simetris, sedangkan untuk pemotongan berikutnya asimetris, contoh :





· Coelentrata





· Porifera





· Echinodermata dewasa









53. Amubosit pada porifera berhubungan dengan ...





A. Adaptasi





B. Transportasi





C. Reproduksi





D. Pencernaan intrasel





Jawab: amubosit atau sel kembara pada golongan porifera, memiliki peranan:





· Transportasi hasil metabolisme di sel koanosit





· Pencernaan secara intrasel di sel-sel koanosit









54. Sel penyengat pada coelentrata disebut ...





A. Knidosit





B. Koanosit





C. Amubosit





D. Porosit





E. Osteosit





Jawab: sel penyengat yang terdapat pada Coelentrata disebut knidosit, di dalamnya terdapat racun nematosit yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsa dan mampu membunuhnya. Contoh pada tentakel ubur-ubur dan obelia.









55. Suatu hewan yang hidupnya mengapung di permukaan laut, pada waktu dipegang menyebabkan rasa gatal, hewan tadi termasuk filum ...





A. Molusca





B. Ekinodermata





C. Arthropoda





D. Coelentrata





E. Porifera





Jawab: pada tentakel ubur-ubur terdapat sel khusus yang beracun dan mampu melumpuhkan mangsa, yaitu dari jenis ikan dan Molusca kecil. Tentakel ini jika tersentuh tangan atau tubuh seseorang akan terasa gatal dan nyeri. Contoh pada tentakel ubur-ubur (Aurelia)









56. Pada daur hidup Aurelia, stadium dengan ciri berenang bebas, mempunyai silia, dan tidak bertentakel disebut ...





A. Efira





B. Skifistoma





C. Planula





D. Medusa





E. Strobilus





Jawab: Aurelia.sp mampu mengadakan pergiliran keturunan (metagenesis), dimulai dari :





§ Zigot





§ St. Planula (medusa)





§ St. Skifistoma (polip)





§ St. Efira (medusa)





§ St. Dewasa (medusa)









57. Ada 2 macam bentuk polip Obelia.sp yaitu polip yang berfungsi untuk reproduksi disebut ...





A. Gonagium





B. Tentakel





C. Hidran





D. Gastrosoid





E. Mesoblea





Jawab: ada 2 macam bentuk polip Obelia.sp, dari anggota Coelentrata, yaitu:





§ Polip yang berfungsi untuk reproduksi dengan membentuk medusa yang disebut Gonanium





§ Polip yang berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan Hidran polip adalah bentuk dewasa yang bertentakel









58. Struktur berikut yang merupakan bagian dari daur hidup Hidrosoa (Cnidaria) dan mampu menghasilkan gamet adalah ...





A. Gemmulai





B. Planula





C. Polip





D. Medusa





E. Tunas





Jawab: pada struktur daur hidup Hidrosoa (Cnidala). Polip reproduktif (Gonanium), menghasilkan bentuk medusa yang mampu berbiak secara generatif dengan menghasilkan gamet. Sedangkan polip Hidran karena bertentakel maka berfungsi untuk melumpuhkan mangsa.









59. Karakteristik hewan yang termasuk dalam filum Coelentrata adalah ...





A. Bersifat diploblastik





B. Memiliki tentakel





C. Memiliki sel penyengat





D. Memiliki sel-sel amuboit





Jawab: karakteristik anggota filum Coelentrata, antara lain:





§ Bersifat diploblastik





§ Memiliki tentakel





§ Memiliki sel penyengat (nematokis)





Contoh : hidra, ubur-ubur, bunga karang dan Ctenopora









60. Hewan yang tidak mempunyai alat pencernaan makanan termasuk kelompok ...





A. Nematoda





B. Turbelaria





C. Annelida





D. Tramatoda





E. Cestoda





Jawab: cestoda merupakan cacing pita (Taenia) yang tidak mempunyai alat pencernaan seperti mulut, kerongkongan, lambung dan usus. Karena sari makanan dari inang langsung diambil (diapsopsi) lewat dinding tubuh cacing tersebut. Pada Trematoda ada mulut, kerongkongan, usus gastrovasculer yang tidak beranus.









61. Apabila spora tumbuhan lumut jatuh di tempat yang sesuai maka spora akan tumbuh menjadi ...





A. Gamet





B. Zygot





C. Sporogonium





D. Tumbuhan lumut





E. Protonema





Jawab: spora tumbuhan lumut jika jatuh di tempat yang sesuai maka akan tumbuh menjadi protonema yang berkembang menjadi tumbuhan lumut (sebagai generasi gametofit), sedangkan sporofitnya bersifat diploid, sebagai generasi penghasil spora.









62. Tumbuhan lumut yang tampak sehari-hari berwarna hijau adalah bagian dari ...





A. Sporofit





B. Gametofit





C. Protonema





D. Protalium





E. Sporofit





Jawab: tumbuhan lumut yang sehari-hari tampak berwarna hijau adalah bagian dari generasi gametofit, yaitu generasi penghasil gamet, lewat pembelahan sel secara mitosis yang haploid. Yaitu pada dawktu anteridium menghasilkan sel spermatozoa dan arkegomium menghasilkan sel telur.









63. Pada tumbuhan lumut, sel telur yang telah dibuahi kelak akan tumbuh menjadi ...





A. Protonema





B. Arkegonium





C. Protalium





D. Sporangium





E. Anteridium





Jawab: generasi sporofit pada tumbuhan lumut dimulai dari zigot, yaitu sel telur yang telah dibuahi, kemudian akan berkembang menjadi sporogonium, yang di dalamnya terdapat kantong sporangium tempat pembentukan spora (melalui pembelahan sel secara meiosis).





64. Ditinjau dari spora yang dihasilkannya paku air dari jenis azolla pinnata tergolong tumbuhan paku yang ...





A. Homospora





B. Isospora





C. Heterospora





D. Anemokor





E. Hidrokor





Jawab: ditinjau dari spora yang dihasilkan, paku air dari jenis Azolla pinnata termasuk paku heteropora karena mampu menghasilkan dua macam spora yang berbeda bentuk dan ukutan (mikrospora dan makrospora)









65. Contoh dari tumbuhan kormofita yang berspora antara lain ...





A. Anthoceros laevis





B. Cycas rumphii





C. Dioon edule





D. Ginkio biloba





E. Eugenia molucensis





Jawab: kelompok kormofita berspora meliputi :





a. Tumbuhan lumut:





lumut hati (Hepaticae), pada Anthoceros.sp.





lumut daun (Musci), pada marchantia.sp.





b. Tumbuhan paku meliputi :





Paku Homospora, pada Filicinae





Paku Heterospora, pada Marsilea.sp





Paku peralihan, pada Equistem.sp









66. Sphagum.sp yang biasanya ditemukan di pegunungan digolongkan ke dalam kelas ...





A. Hepaticae





B. Musci





C. Filicinae





D. Lycopodinae





E. Equisetinae





Jawab: Spaghnum.sp yang biasanya banyak ditemukan di daera pegunungan dalam sistem klasifikasi:





Divisio Bryophyta





Classis Musci (lumut daun)





Ordo Sphagnales





Famili Sphagnaceae





Genus Sphagnum









67. Mikrospora tumbuhan semanggi (Marsilea.sp) jika dijatuhkan di lingkungan yang lembab akan tumbuh menjadi ...





A. Sporogonium





B. Mikroprotalium





C. Tumbuhan paku





D. Protalium





E. Protonema





Jawab: Mikrospora dari tumbuhan semanggi (Marsilea crenata) jika jatuh di tempat yang cocok (lembab) akan tumbuh menjadi protalium, yang selanjutnya akan mengalami mitosis untuk menghasilkan sel spermatozoa yang haploid









68. Anteridium dan arkegonium tumbuhan paku ditemukan pada ...





A. Zigot





B. Protalium





C. Tumbuhan paku





D. Sorus





E. Indusium





Jawab: anteridium dan arkefonium pada tumbuhan paku ditemukan pada generasi gametofit yaitu pada bagian protalium. Kelak bagian anteridium ini akan menghasilkan sel spermatozoa dan arkegoniumnya akan menghasilkan sel telur, masing-masing bersifat haploid.












69. Protalium adalah bagian siklus hidup dari tumbuhan paku yang disebut sebagai ...





A. Anteridium





B. Arkegonium





C. Gametofit





D. Sporofit





E. Sporogonium





Jawab: protalium merupakan salah satu tahapan dari generasi gametofit pada tumbuhan paku yang mempunyai ciri-ciri :





a. Kromosomnya haploid





b. Berumur pendek





c. Berasal dari perkecambahan spora









70. Protalium jantan dari Selaginela.sp merupakan hasil pertumbuhan dari ...





A. Sporangium





B. Strobilus





C. Sporofit





D. Mikrospora





E. Makrosporofil





Jawab: protalium jantan dari Selaginela.sp merupakan pertumbuhan dari mikrospora yang kelak akan tumbuh dan berkembang menjadi tumbuhan paku setelah melalui fase zigot hasil fertilisasi antara spermatozoa dan sel telur.









71. Untuk memperoleh 12 mol ATP, suatu reaksi flikolisis memerlukan glukosa sebanyak ...





A. 2 mol





B. 3 mol





C. 4 mol





D. 6 mol





E. 12 mol





Jawab: untuk memperoleh 12 molekul ATP suatu reaksi glikolisis akan memerlukan glukosa sebanyak : 12 molekul ATP : 2 molekul ATP = 6 molekul









72. Proses manakah di bawah ini yang merupakan proses katabolisme?





A. Asam amino dijadikan protein





B. Glukosa berubah menjadi CO2 dan H2O





C. Gliserol dan asam lemak menjadi lemak





D. ADP + P menjadi ATP





E. Monosakarida menjadi polisakarida





Jawab: katabolisme merupakan proses peruraian zat dari senyawa komplieks menjadi senyawa yang lebih sederhana atau dari senyawa organik menjadi anorganik dengan bantuan enzim. Contoh :





a. Glukosa à CO2 + H2O





b. ATP àADP + P + Energi





c. Protein à asam amino





d. Lemak à asam lemak + gliserol









73. Lemak diubah menadi gliserol, asam lemak diubah menjadi asetil KoA, selanjutnya bersama dengan asam oksalo-asetat akan dirubah menjadi ...





A. Asam piruvat





B. Asam sitrat





C. Asam malat





D. Asam suksinat





E. Asam fosfat anorganik





Jawab: pada siklus krebs (tahapan respirasi), maka hasil utama dari proses dekarboksilasi berupa asetil koenzim A yang akan bereaksi dengan amsam oksalo asetat untuk menghasilkan asam sitrat dengan pembebasan koenzim A dan H2O.









74. Respirasi aerob sempurna terhadap dua mol glukosa dapat menghasilkan ATP sebanyak ...





A. 72 mol





B. 36 mol





C. 34 mol





D. 8 mol





E. 4 mol





Jawab: pada proses respirasi sel secara awrob (butuh oksigen), banyaknya ATP yang dihasilkan :





a. Proses gikolisis = 2 ATP





b. Proses siklus krebs = 2 ATP





c. Rantai transfer elektron = 34 ATP





Untuk menembus membran mitokondria (rangkap) dibutuhkan 2 molekul ATP, sehingga setiap 1 molekul glukosa akan dihasilkan 36 ATP. Maka jika terjadi respirasi aerob sempurnanya terhadap 2 molekul glukosa akan dibutuhkan energi sebesar : 2 X 36 ATP = 72 molekul ATP.









75. Pada proses respirasi sel tahap yang paling banyak menghasilkan ATP adalah ...





A. Glikolisis





B. Siklus krebs





C. Transfer elektron





D. Oksidasi asam piruvat





E. Oksidasi asetil KoA





Jawab: pada respirasi sel, maka tahapan reaksi kimia yang paling banyak menghasilkan energi per satuan molekul glukosa adalah pada rantai transfer elektron.dimana tiap 1 molekul glukosa dihasilkan :





a. 10 NADH + 5O2 à 10NAD + 10H2O = 30 ATP





b. 2FADH2 + O2 à 2FAD + 2H2O = 4 ATP





Jumlah ATP yang dihasilkan = 34 ATP









76. Perhatikan skema berikut :





1. C6H12O6 + 6O2 à6CO2 + 6H2O





2. ADP + P à ATP





3. ATP à ADP + P + E





4. Asam amino à protein





Anabolisme dan katabolisme ditunjukkan pada bagian nomor ...





A. 1 dan 3





B. 4 dan 1





C. 3 dan 2





D. 2 dan 4





E. 3 dan 4





Jawab: peristiwa anabolisme, yaitu penyususnan dari senyawa sederhana menjadi senyawa komplek. Contoh : penyusunan protein dari gabungan asam-asam amino (4)





Katabolisme, merupakan proses penguraian dari senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana. Contoh : glukosa yang dioksidasi menjadi karbondioksida dan air (1)









77. Ketika daur Krebs telah menyelesaikan empat putaran lengkap, CO2 yang dibebaskan sebanyak ...





A. 4 mol





B. 8 mol





C. 12 mol





D. 16 mol





E. 20 mol





Jawab: dalam satu putaran siklus Krebs (siklus asam trikarboksilat) akan dihasilkan 2CO2, sehingga jika terjadi 4 kali putaran dalam siklus Krebs tersebut, maka akan dihasilkan CO2 sebanyak 8 molekul.









78. Manakah di antara zat berikut yang persatuan massa membutuhkan oksigen terbanyak untuk oksidasi sempurna ...





A. Asam amino





B. Protein





C. Lemak





D. Monoksida





E. Polisakarida





Jawab: di antara senyawa berikut :





a. Lemak





b. Protein





c. Pollisakarida





d. Monosakarida





e. Asam amino





Maka banyaknya proses oksidasi sempurna untuk menghasilkan energi adalah pada oksidasi lemak yang mempunyai perbandingan C : H : O lebih besar dari komponen organik lainnya. Contoh : tristearin à C57H110O6





Glukosa à C6H12O6









79. Pada waktu kita lapar, hati akan kekurangan cadangan makanan, sehingga molekul-molekul lemak dan protein bisa diubah menjadi glukosa dalam hati. Proses sintesa glukosa dari sumber-sumber bukan karbohidrat disebut ...





A. Glukogenesis





B. Glikolisis





C. Glukoneogenesis





D. Glikogenolisis





E. Glukogenolisis





Jawab: jika cadangan glikogen dalam hati menipis, maka cadangan molekul-molekul lemak dan protein bisa dirubah menjadi glukosa. Maka proses sintesis glukosa yang bukan berasal dari sumber karbohidrat disebut glukoneogenesis. Adapun glikogenesis adalah proses sintesis glikogen dari glukosa dengan bantuan insulin. Sedangkan proses perombakan glikogen menjadi glukosa dengan bantuan adrenalin disebut glikogenolisis.









80. Setelah berolah raga berat seorang atlet merasa kelelahan. Hal ini disebabkan ...





A. Rendahnya kadar asam laktat dalam otot





B. Terjadi proses germentasi dengan cepat





C. Proses glikolisis tidak terjadi





D. Laju pembentukan asam laktat cepat





E. Laju pembentukan asam oksaloasetat cepat





Jawab: setelah berolah raga berat, tubuh seorang atlet merasa kelelahan hal ini disebabkan proses respirasi yang berlangsung dalam tubuh atlet bersifat anaerob sehingga glikogen (gula otot) akan dirombak menjadi glukosa + laktasidogen atau asama laktat atau asam kelelahan dengan rumus molekul CH3 CHO HCOOH.

2 comments:

Page of KrisNa said...

Terimakasih .. sangat membantu :)

Unknown said...

Terimakasih, sangat bermanfaat💜

Support web ini

BEST ARTIKEL