Saturday, February 5, 2011

UN SMP

PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !
01. Perhatikan data berikut ini !
Besaran Fisika :
(A). Suhu
(B). Kecepatan
(C). Massa jenis
(D). waktu
Satuan :
(1) Km/jam
(2) Menit
(3) Celcius
(4) Kg/m3
Pasangan besaran fisika dan satuan dalam Sistem Internasional ( SI ) yang benar adalah ....
a. A dan 3
b. B dan 1
c. C dan 4
d. D dan 2

02. Perhatikan data koefisien muai panjang beberapa logam berikut !
(1) Alumunium = 0,000024/oC
(2) Tembaga = 0,000017/oC
(3) Besi = 0,000012/oC
(4) Perak = 0,000020/oC
Dari ke empat jenis bahan tersebut dibuat “BIMETAL”. Jika suhu bimetal dinaikkan, maka yang terjadi adalah….
a. Bimetal dari logam perak dan alumunium akan membengkok ke arah alumunium
b. Bimetal dari logam alumunium dan besi akan membengkok ke arah alumunium
c. Bimetal dari logam tembaga dan perak akan memebengkok ke arah perak
d. Bimetal dari besi dan tembaga akan membengkok ke arah besi

03. Perhatikan gambar berikut !


Pengukuran volume benda dilakukan dengan mencelupkan benda pada bejana. Dari data yang tampak pada alat ukur, volume benda tersebut adalah ....
a. 25 cm³
b. 35 cm³
c. 60 cm³
d. 85 cm³


04. Sebuah logam volumenya 30 cm3. Jika massa jenis logam tersebut 7.900 kg/m³, maka massanya adalah ....
a. 237 gram
b. 263 gram
c. 300 gram
d. 380 gram

05. Gambar berikut menunjukkan grafik antara suhu dan waktu dari sebongkah es yang dipanaskan,

Jika kalor jenis es = 2.100 J/kgºC, kalor lebur es = 340.000 J/kg, kalor jenis air 4.200 J/kgºC dan massanya 300 gram, maka jumlah kalor yang diperlukan untuk meleburkan es menjadi air pada titik leburnya ( proses B – C ) adalah ....
a. 3.150 joule
b. 25.200 joule
c. 102.000 joule
d. 130.350 joule

06. Perhatikan gambar berikut !

Gerakan kelapa jatuh ( gambar I ) dan gerak bola yang dilempar vertikal ke atas oleh seorang siswa ( gambar II ) secara berturut-turut memiliki jenis gerak ….
a. GLBB dipercepat – GLBB diperlambat
b. Gerak Lurus Beraturan – GLBB dipercepat
c. GLBB dipercepat – GLBB dipercepat
d. GLBB diperlambat – Gerak Lurus Beraturan

07. Perhatikan gambar berikut !

Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat di mulut ikan tersebut sebesar….
a. 1.000 N/m2
b. 1.500 N/m2
c. 8.500 N/m2
d. 10.000 N/m2

08. Perhatikan gambar bagian depan sepeda lengkap dengan dynamo dan lampunya berikut !

Ketika sepeda tersebut dikendarai seorang siswa dengan kelajuan sebesar 5 m/s, proses perubahan energi yang terjadi hingga lampu dapat menyala adalah …
a. energi kimia --> energi listrik --> energi kalor + energi cahaya
b. energi listrik --> energi cahaya --> energi kalor + energi gerak
c. energi kimia --> energi cahaya --> energi listrik + energi kalor
d. energi gerak --> energi listrik --> energi cahaya + energi kalor

09. Perhatikan gambar berikut !

Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah....
a. 1000 joule
b. 600 joule
c. 400 joule
d. 200 joule

10. Perhatikan gambar!


Ali yang tubuhnya bermassa 60 kg ingin menaiki tangga dari lantai A ke lantai B seperti tampak pada gambar. Jika percepatan gravitasi bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ali sebesar ….
a. 225 joule
b. 200 joule
c. 300 joule
d. 450 joule

11. Untuk menaikkan peti ke atas truk ke dua pekerja menggunakan alat yang termasuk pesawat sederhana seperti pada gambar (I)

Jenis-jenis pesawat sederhana yang lain terdapat pada gambar (II).

Di antara keempat pesawat sederhana berikut yang prinsip kerjanya sejenis dengan alat di atas adalah ....
a. I
b. II
c. III
d. IV

12. Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium.


Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah ….
a. 3 m/s
b. 6 m/s
c. 8 m/s
d. 12 m/s

13. Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar berikut :

Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap menitnya, namun siswa tersebut tidak mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
a. dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi
b. bunyi yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA
c. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz
d. frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz

14. Gambar berikut menunjukkan benda B diletakkan di depan cermin .

Bayangan yang terbentuk akan berada pada posisi yang berjarak dari cermin (titik O) sejauh....
a. 60 cm
b. 22 cm
c. 12 cm
d. 10 cm

15. Seorang siswa melakukan penyelidikan perilaku sisir terhadap serpihan kertas. Hasil penyelidikannya, sisir plastik tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah ....
a. Sisir plastik telah digosok dengan kain sutera, sisir plastik mendapat tambahan elektron, sisir plastik bermuatan negatif
b. Sisir plastik telah digosok dengan kain wol, sisir plastik mendapat tambahan elektron, sisir plastik bermuatan negatif
c. Sisir plastik telah digosok dengan kain sutera, sisir plastik kehilangan beberapa elektron, sisir plastik bermuatan positif
d. Sisir plastik telah digosok dengan kain wol, sisir plastik kehilangan beberapa elektron, sisir plastik bermuatan positif

16. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !

Setelah saklar S ditutup, arus listrik I1 yang mengalir melalui hambatan 6? dan arus listrik I2 yang melalui hambatan 3 ? adalah ….
a. I1 = 2 A; I2 = 1 A
b. I1 = 1 A; I2 = 3 A
c. I1 = 1 A; I2 = 2 A
d. I1 = 2 A; I2 = 3 A

17. Ketika tarif harga energi listrik per kWh adalah Rp 400,00, pesawat TV setiap hari bekerja rata-rata 4 jam. Jika alat ini dihubungkan dengan sumber tegangan listrik 220 volt dan memakai arus listrik sebesar 0,5 ampere, maka biaya pemakaian energi listrik per bulan ( 30 hari ) sebesar ....
a. Rp 52.800,00
b. Rp 5.280,00
c. Rp 5.250,00
d. Rp 4.280,00

18. Seorang siswa menggosokkan sebuah magnet KL dengan batang batang besi dengan arah seperti pada gambar berikut :


Jenis kutub magnet L yang digosokkan dan kutub magnet besi P dan Q yang dihasilkan dalam percobaan dicatat dalam tabel berikut :
(1) L kutub utara, P kutub selatan, Q kutub utara
(2) L kutub selatan, P kutub utara, Q kutub utara
(3) L kutub utara, P kutub utara, Q kutub selatan
(4) L kutub selatan, P kutub selatan, Q kutub utara
Hasil yang benar dilakukan pada percobaan ke ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)

19. Komet merupakan benda langit yang memiliki ekor. Ketika bergerak mendekati matahari melalui orbitnya, ekornya selalu bertambah....
a. panjang, arah mendekati matahari
b. panjang, arah menjauhi matahari
c. pendek, arah menjauhi matahari
d. pendek, arah mendekati matahari

20. Perhatikan gambar bulan mengelilingi bumi dan bersama-sama beredar mengelilingi matahari berikut !

Peredaran bulan tersebut menyebabkan air laut pasang di bumi. Pasang minimum dan pasang maksimum terjadi ketika bulan berturut-turut berada pada titik….
a. (1), (3) dan (2), (4)
b. (1), (4) dan (2), (3)
c. (2), (4) dan (1), (3)
d. (2), (3) dan (1), (4)

21. Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas menunjukkan ciri makhluk hidup …
a. berkembangbiak
b. memerlukan makanan
c. tumbuh dan berkembang
d. peka terhadap rangsang


22. Perhatikan gambar berikut!

Kelompok hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah …..
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 1

23. Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut!


Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para petani adalah... .
a. populasi padi meningkat, populasi ular menurun
b. populasi padi menurun, populasi elang meningkat
c. populasi padi meningkat, populasi ulat menurun
d. populasi elang meningkat, populasi ular menurun

24. Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah perkotaan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara adalah...
a. membatasi penggunaan kendaraan bermotor
b. menutup pabrik yang tidak bercerobong asap
c. menanam pohon dipinggir jalan jalur hjau
d. membuat undang-undang anti pencemaran

25. Perhatikan gambar berikut

Usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
a. membangun suaka margasatwa
b. membuati kebun raya
c. menyilangkan jenis tanaman tersebut
d. menanfaatkan untuk hiasan

26. Pertumbuhan penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap sumber daya alam, yaitu....
a. meningkatnya kriminalitas
b. munculnya kasus kelaparan
c. menipisnya sumber air bersih
d. sempitnya lapangan kerja

27. Perhatikan gambar sendi berikut!

Nama sendi yang di tunjuk oleh tanda K adalah ….
a. sendi engsel
b. sendi peluru
c. sendi pelana
d. sendi putar

28. Perhatikan gambar berikut!

Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor : ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

29. Seseorang yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan dalam proses pembekuan darahnya, sebab….
a. trombosit tidak dapat membentuk enzim trombokinase
b. trombosit tidak dapat mengubah trombokinase
c. fibrinogen tidak dapat membentuk fibrin
d. protrombin tidak dapat membentuk trombin

30. Perhatikan gambar berikut!

Bagian ginjal yang berfungsi untuk filtrasi darah di tunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 1

31. Perhatikan nama-nama organ berikut!
(1) otot
(2) sumsum tulang belakang
(3) saraf motorik
(4) pusat saraf
(5) alat indera
(6) saraf sensorik
Urutan gerak refleks adalah … .
a. 6, 5, 1, 3, 2
b. 6, 4, 2, 1, 3
c. 5, 3, 4, 6, 1
d. 5, 6, 2, 3, 1

32. Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!

Fungsi bagian yang bertanda X adalah mengangkut ….
a. air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan
b. hasil fotosintesis dari seluruh tubuh tumbuhan
c. oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan
d. karbondioksida ke seluruh organ daun

33. Perhatikan data berikut!
(1) Ujung tanaman menghindari matahari, jenis rangsangan cahaya matahari
(2) Ujung akar menuju kea rah pusat bumi, jenis rangsangan gaya tarik bumi
(3) Sulur tanaman membelit dahan, jenis rangsangan sentuhan
(4) Daun putri malu mengatup, jenis rangsangan sentuhan
Dari tabel di atas, bagian tanaman yang sesuai dengan jenis rangsang dan arah geraknya adalah . . . .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

34. Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut!

Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis ....
a. menghasilkan amilum
b. menghasilkan oksigen
c. memerlukan oksigen dan air
d. memerlukan air dan amilum

35. Dalam keadaan bahaya, cecak akan mengelabui musuhnya dengan cara ….
a. mengubah warna tubuhnya
b. memutuskan ekornya
c. mengeluarkan cairan
d. mengeluarkan bau

36. Tanaman mangga berbuah besar dan berasa asam ( BBmm ) disilangkan dengan mangga yang berbuah kecil dan berasa manis (bbMM) menghasilkan F1 (BbMm) dengan fenotip buah besar rasa manis . Jika F1 disilangkan sesamanya, perbandingnan buah mangga yang besar dan berrasa manis adalah ...
a. 1/16
b. 2/16
c. 3/16
d. 9/16

37. Untuk mendapatkan keturunan sapi yang unggul, seorang dokter hewan memasukkan spermatozoid sapi unggul ke dalam rahim sapi betina. Proses yang dilakukan oleh dokter tersebut disebut....
a. kloning
b. bayi tabung
c. inseminasi buatan
d. transplantasi inti

38. Bakteri yang yang membantu perubahan singkong menjadi tape adalah ....
a. Rizhopus sp
b. Lactobacillus sp
c. Acetobacter xylinum
d. Saccharomyces cereviceae

39. Bahan makanan berikut yang termasuk jenis penyedap rasa adalah …
a. Aspartam, sakarin, MSG
b. isoamil asetat, etil butirat, MSG
c. metil anthranilat, vesin, aspartame
d. natirum benzoate, MSG, karamel

40. Ciri-ciri korban ketergantungan narkotika:
(1) merasa rileks
(2) pupil mata menyempit
(3) tekanan darah menurun
(4) denyut urat nadi melambat
(5) menimbulkan rasa gembira berlebihan
Diantara ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri pengguna heroin adalah ....
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 4, 5, dan 1



KLIK INI UNTUK LATIHAN

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_29 (WaktuVolume–Benda1–20C)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_30 (MassaKuat–Nama1–20C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_31 (VolumeKuat–Aluminium–26,8F)

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_32 (VolumeMassa–Kaca–18F)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_33 (VolumeGaya–Es–40F)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_34 (MassaGaya–Kayu–80F)

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_35 (MassaMassa–Besi–17C)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_36 (VolumeKuat–Air–28C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_37 (WaktuVolume–Aluminium–18F)

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_38 (VolumeKuat–Es–80F)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_39 (VolumeGaya–Besi–20C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_40 (MassaMassa–Nama1–26,8F)

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_41 (MassaKuat–Kaca–40F)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_42 (VolumeMassa–Kayu–17C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_43 (MassaGaya–Air–28C)

  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_44 (VolumeKuat–Benda1–20C)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_45 (WaktuVolume–Benda1–20C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_46 (VolumeKuat–Aluminium–18F)


  1. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_47 (VolumeGaya–Es–80F)
  2. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_48 (MassaMassa–Besi–20C)
  3. Soal UN IPA SMP – Kode IPA_SP_50 (VolumeMassa–Kaca–40F)


No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL