Wednesday, February 2, 2011

SKL BIOLOGI 2011 DENGAN 40 INDIKATOR SOAL

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR

SKL 1 Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

1. Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem).

2. Mendeskripsikan klasifikasi organisme makhluk hidup.

3. Mendeskripsikan peranan sumber daya alam (hewan/tumbuhan) bagi kehidupan.

SKL 2 Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

4. Mengidentifikasi Virus dan Protista.

5. Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi kehidupan.

SKL. 3 Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

6. Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.

7. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji.

8. Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.

9. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata.

SKL. 4 Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

10. Mendeskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan di sekitarnya.

11. Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.

12. Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

SKL 5. Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

13. Mendeskripsikan struktur sel dan proses yang terjadi pada sel tersebut.

14. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan/hewan beserta fungsinya.

15. Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsinya.

SKL. 6 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

16. Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia.

17. Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya.

18. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya.

19. Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia serta gangguannya.

20. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya.

21. Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

22. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya.

SKL. 7 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan.

23. Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

SKL. 8 Menjelaskan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.

24. Mendeskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja, dan fungsinya dalam metabolisme tubuh.

25. Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi).

26. Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.

27. Mendeskripsikan proses respirasi anaerob beserta contohnya.

SKL. 9 Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi.

28. Mendeskripsikan susunan nukleotida (DNA, RNA dan kromosom) yang merupakan konsep dasar hereditas.

29. Menjabarkan tahapan sintesis protein.

30. Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan.

31. Mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida.

32. Mendeskripsikan hasil persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.

33. Menginterpretasi pola hereditas pada manusia.

34. Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya.

SKL. 10 Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.

35 Mendeskripsikan prinsip teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.

36 Mendeskripsikan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi.

37 Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi.

SKL 11 Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada masyarakat dan lingkungan.

38 Mengidentifikasi contoh bioteknologi konvensional dan modern.

39 Mendeskripsikan peran bioteknologi.

40 Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.

3 comments:

Unknown said...

apabila 1% tikus dalam satu populasi mempunyai ekor pendek, persentasi tikus yang pempunyai ekor panjang heterozigot adalah...
min mita penjelasannya...
THANKS..

biologigonz.blogspot.com said...

1% = 0,01 = q2
q=0,1
p+q =1
P=0,99
2PQ= 2X0,99X0,1 = 0,198=19,8 %
P2 = Homozygot panjang PP =0,99 X0,99 = 98,01%
tikus pendek qq = 0,1 X 0,1 = 0,01 XC 100% = 1 %

Unknown said...

Ka boleh nanya?

Support web ini

BEST ARTIKEL