Tuesday, March 4, 2014

SOAL GENETIKA SEDERHANA



1.  Testcross pada vektor penyakit malaria, nyamuk Anopheles culicifacies, melibatkan tiga mutasi yakni bw (mata coklat), c (mata tak berwarna), dan Blk (badan hitam).  Pada setiap persilangan, nyamuk heterozigot repulsi di kawinkan dengan nyamuk homozigot untuk alel resesif. Keturunannya dihitung menurut tipe genotipenya, yakni tipe parental atau rekombinan, dan hasilnya disajikan seperti dibawah ini. 
     
   Apakah ketiga gen yang dikaji tersebut terpaut?.  Jika terpaut, buat peta pautannya.  Mengapa % rekombinasi antara bw dan c lebih kecil daripada jarak sesungguhnya antara kedua gen tersebut ?

   Clues : % Rekombinasi adalah bentuk lain dari frekuensi rekombinasi. Jarak antara bw dan c sesungguhnya adalah 46.5 cM.

2.   Pada lalat buah Drosophila melanogaster, tiga alel mutan yang bersifat resesif dari gen yang terpaut pada kromosom X  menentukan sifat singed bristles (sn), warna mata vermilion (v), dan sayap crossveinless (cv).  Seekor lalat betina yang heterozigot untuk setiap gen tersebut di silang uji (testcross) dengan seekor jantan singed, vermilion, dan crossveinless menghasilkan keturunan sebagai berikut :
     
Kelas
Fenotipe
Jumlah
1
singed, crossveinless, vermilion
3
2
crossveinless, vermilion
392
3
vermilion
34
4
crossveinless
61
5
singed, crossveinless
32
6
singed, vermilion
65
7
singed
410
8
tipe liar
3
Total
1000

      Pertanyaannya :
  1. Apa urutan ketiga gen yang terpaut pada kromosom tersebut?
  2. Tentukan jarak ketiga gen tersebut.
  3. Berapa koefisien koinsidennya?
    Clues : Tentukan dahulu genotipe betina heterozigot dengan memperhatikan tipe parental yang terdapat pada turunan.  Urutan gen dapat dilacak dengan mengidentifikasi kelas pindah silang berganda. Tentukan genotipe masing-masing kelas di atas, lalu cari kombinasi non-parental untuk penentuan frekuensi rekombinan antar gen.
      Kunci  :   cv—7.2—sn—13.2---v.  koefisien koinsiden = 0.63
3.   Seorang wanita mempunyai dua sifat dominan, masing-masing disebabkan oleh mutasi yang berbeda : 1. katarak (abnormalitas mata) diwarisi dari bapanya dan 2. polidaktili (jari ekstra) yang diwarisi dari ibunya.  Suaminya tidak mempunyai sifat tersebut.  Jika kedua gen pengendali sifat tersebut terletak pada kromosom yang sama dan berjarak 15 cM, berapakah peluang anak pertama dari pasangan suami-isteri tersebut mendapat sifat katarak dan polidaktili?
     
      Clues :  Tentukan genotipe sang ibu (repulsi).  Setengah dari rekombinan merupakan kombinasi katarak dan polidaktili.

4.   Jika a terpaut dengan b, dan b dengan c, dan c dengan d, apakah rekombinasi yang diamati pada suatu percobaan dapat menunjukan adanya pautan antara a dan d ?  Jelaskan!  

      Clues :  Pautan ditunjukan oleh frekuensi rekombinasi  < 50 %.

5.   Gen a dan b berjarak 20 cM.  Individidu bergenotipe a+ b+ / a+ b+  dikawinkan dengan individu a b / a b.  Pertanyaannya :
  1. Gambarkan diagram persilangannya dan tunjukan gamet yang dihasilkan oleh tiap induknya dan genotipe setiap turunan F1.
  2. Gamet apa saja yang di hasilkan F1 dan berapa proporsinya.
  3. Jika F1 disilangkan dengan individu a b / a b, apa saja turunan yang akan dihasilkan dan berapa proporsi masing-masing turunan ?
  4. Apakah persilangan di atas merupakan contoh yang menunjukan terpaut yang bersifat coupling atau repulsi ?
  5. Jika terjadi persilangan antar (intercross) F1, apa saja turunan yang dihasilkan dan berapa proporsi masing-masing turunan ?

6.   Jawablah pertanyaan (a)  sampai (e)  seperti pertanyaan di atas dari hasil perkawinan antara a+ b / a+ b   X  a+ b / a+ b.

7.   Jika frekuensi  rekombinasi pada ke dua soal di atas adalah 20 %, berapakah proporsi gamet dan turunan hasil testcross jika frekuensi rekombinasinya menjadi 40 % ?

8.   Pada jagung, gen PI mengendalikan warna daun ungu yang dominan terhadap pl (warna daun hijau), rambut warna salmon (sm) resesif terhadap warna kuning (Sm), serta ukuran tanaman kerdil (py) resesif terhadap ukuran tanaman normal (Py).  Ketiga gen tersebut terletak pada kromosom 6 dengan posisi seperti peta di bawah :

 
      Hibrid dari persilangan antara Pl sm py / Pl sm py X pl Sm py / pl Sm py di silang-uji dengan tanaman pl sm  py / pl sm py.  Dugalah fenotipe dan frekuensi   turunannya jika diasumsikan :
                                    a.  tidak ada interferensi  (I = 0).
                                    b.  interferensi sempurna ( I = 1).

9.   Dua galur jagung, M1 dan M2 adalah homozigot untuk empat mutasi resesif yakni a, b, c, dan d  yang semuanya terletak pada satu kromosom besar  dalam genom jagung.  Galur W1 homozigot untuk alel dominan dari mutasi tersbut.  Hibrid yang dihasilkan oleh persilangan antara M1 dan W1 menghasilkan berbagai macam  kelas rekombinan tetapi hibirid yang dihasilkan oelh persilangan antara M2 dan W1 tidak menghasilkan rekombinan sama sekali.  Apa perbedaan antara M1 dan M2 ?

      Clues :  Perubahan urutan gen akibat mutasi inversi.

10. Pada Drosophila, alel dp+ menentukan sayap panjang sedangkan alel dp menentukan sayap pendek (“dumpy”).  Pada lokus yang terpisah e menentukan warna badan abu-abu dan e+ warna badan ebony. Kedua lokus dp dan e  adalah autosom. Persilangan berikut dilakukan, dimulai dari persilangan dari induk yang galur murni.


     
Gunakan uji X2 untuk menentukan apakah kedua lokus tersebut terpaut. Untuk melakukan itu perlu a) pernyataan hipotesis, b) perhitungan X2, c) menetapkan nilai p, d) mengetahui apa arti nilai p, e) membuat kesimpulan, f) menentukan genotipe tetua, tester, dan turunan.

SOAL SANGAT SEDERHANA

1.Persilangan dua sifat beda pada keturunan F2 nya menghasilkan
perbandingan fenotip 9 : 3 : 4, hal ini terjadi karena adanya
A. Kriptomeri
B. Polimeri
C. Epistasis-hipostasis
D. Pautan
E. Pindah silang

2. Kalau seorang pria mengandung gen terpaut seks dalam kromosom X-nya, maka sifat itu akan diwariskan kepada….
A. 25% anak laki-laki
B. 50% anak laki-laki
C. 50% anak perempuan
D. 100% anak perempuan
E. 100% anak laki-laki

3. Hemofilia disebabkan oleh gen resesif terpaut X. Seorang laki-laki hemofilia kawan dengan seorang wanita non hemofilia homozigotik. Berapa % kemungkinan terjadi hemofilia kalu anak pertama mereka laki-laki?
A. 0%
B. 25%
C. 50%
D. 75%
E. 100%

4. Pernikahan antara wanita dan laki-laki yang keduanya berpenglihatan normal menghasilkan seorang anak laki-laki yang buta warna dan dua anak perempuan berpenglihatan normal. Dari kasus ini dapat diketahui bahwa…
A. ibu adalah homozigot dominan
B. ibu adalah homozigot resesif
C. ibu adalah karier
D. ayah adalah karier
E. ayah adalah homozigot dominan

5. Kromosom sel somatic wanita normal, terdiri atas…
A. 44 autosom dan satu kromosom X
B. 22 pasang autosom dan satu kromosom X
C. 23 autosom dan sepasang kromosom X
D. 44 autosom dan sepasang kromosom X
E. 22 autosom dan sepasang kromosom X

6. Apabila terjadi perkawinan antara parental bergolongan darah A heterozigot dengan B heterozigot, maka kemungkinan golongan darah anak-anaknya adalah….
A. A dan B
B. A dan AB
C. AB dan O
D. A, B, AB dan O
E. B dan AB

7. Pada marmot, warna bulu hitam dominant terhadap albino dan bulu kasar dominant terhadap bulu halus. Marmot yang berbulu hitam kasar dikawinkan dengan berbulu albino halus menghasilkan keturunan F1 yang semuanya berbulu hitam kasr. Kalau marmot dari keturunan F1 tersebut dikawinkan dengan yang berbulu albino halus maka keturunannya yang berbulu hitam kasar adalah sebanyak…
A. 75%
B. 56%
C. 37%
D. 25%
E. 6%

8. Apabila rambut lurus adalah sifat resesif, maka dari perkawinan dua orang tua yang keduanya berambut keriting heterozigotik, kemungkinan anak-anaknya…
A. semua berambut keriting
B. semua berambut lurus
C. 50% berambut keriting dan 50% berambut lurus
D. 25% berambut keriting dan 75% berambut lurus
E. 75% berambut keriting dan 25% berambut lurus

9. Pada ayam, bentuk pial disebabkan oleh interaksi gen sebagai berikut: rr P = pial biji, R.pp = pial ros, R.P = pial walnut, dan rr.pp = pial tunggal. Daiadakan penyilangan antara ayam berpial biji dengan ayam berpial ros. Anak ayam keturunan F1 ada yang berpial tunggal. Dari hasil penyilangan ini diketahui bahwa genotip kedua parental adalah….
A. Rr Pp x rr Pp
B. Rr PP x Rr pp
C. Rr Pp x Rr pp
D. Rr Pp x RR pp
E. Rr Pp x rr pp

10. Pada manusia, rambut keriting dominant terhadap rambut lurus. Seorang wanita berambut keriting menikah dengan pria berambut lurus. Dari kenyataan tersebut anda dapat menentukan berapa persen peluang pasangan suami istri tersebut untuk menambatkan anak berambut keriting homozigot?
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
E. 10%

11. Perkawanan lalat buah warba abu-abu, sayap panjang dengan lalat buah warna hitam, sayap pendek. Memperoleh keturunan lalat buah dengan fenotip warna abu-abu, sayap panjang dengan warna hitam sayap pendek. Keadaan demikian dapat terjadi karena adanya peristiwa
A. dominasi
B. gagal berpisah
C. gen terikat sempurna
D. gen terikat tidak sempurna
E. epistasis

12. Pada kacang, bunga ungu dominant terhadap bunga putih. Persilangan antara galur murni berbunga ungu dengan galur murni berbunga putih menghasilkan keturunan F1 berjumlah 40 tanaman. Satu tanaman F1 dibiarkan menyerbuk sendiri dan menghasilkan tanaman F2, dari 80 tanaman F2 ini yang berwarna ungu ada…
A. 40 tanaman
B. 50 tanaman
C. 60 tanaman
D. 70 tanaman
E. 80 tanaman

13. Sumber gen dari hewan dan tumbuhan yang dilestarikan dan digunakan untuk menaikan mutu hewan ternak dan tanaman budidaya tersebut…
A. suaka margasatwa
B. cagar alam
C. domestikasi
D. hibrida
E. palasma nutfah

14. Jumlah kromosom manusi yang normal adalah:
A. 22 pasang
B. 23 pasang
C. 24 pasang
D. 25 pasang
E. 23 pasang + XX atau 23 pasang + XY

15. Tuan dan nyonya Hartoyo mempunyai dua orang anak laki-laki. Sekarang nyonya Hartoyo hamil tua. Berapa kemungkinan nyonya tersebut akan melahirkan anak perempuan?
A. ½
B. 1/3
C. ¼
D. 2/3
E. ¾

16. Penyimpangan perbandingan fenotip F1 pada persilangan dengan dua sifat beda, misalnya dari 9:3:3:1 menjadi 9:3:4 disebut…
A. pelindung silang
B. hipostasis
C. epistasis
D. polimeri
E. kriptomeri

17. Apabila rambut lurus adalah sifat resesif, maka dari perkawaian dua orang tua yang keduanya berambut keriting heterozigotik, kemungkinan anak-anaknya adalah…
A. semua berambut keriting
B. semua berambut lurus
C. 50% berambut keriting dan 50% berambut lurus
D. 25% berambut keriting dan 50% berambut lurus
E. 75% berambut keriting dan 25% berambut lurus

18. Pernikahan anatara wanita dan laki-laki yang keduanya berpenglihatan normal menghasilkan seorang anak laki-laki yang buta warna dan dua anak perempuan berpenglihatan normal. Dari kasus ini dapat diketahui bahwa…
A. ibu adalah homozigot dominant
B. ibu adalah homozigot resesif
C. ibu adalah karier
D. ayah adalah karier
E. ayah adalah homozigot dominant

19. Berdasarkan analisis genetic, seorang gadis buta warna (XCXC)harus memiliki seorang ayah yang mempunyai genotip…
A. XCXC
B. XCYC
C. XC
D. XY
E. XCY

20. Pada tanaman kapri, biji bulat (B) dominant terhadap kisut (b) dan kulit biji berwarna coklat (C) dominant terhadap putih (c). tanaman kapri yang bijinya bulat coklat dikawinkan dengan yang bijinya kisut putih menghasilkan tanaman yang berbiji bulat coklat, bulat putih, kisut coklat, dan kisut putih dengan perbandingan 1:1:1:1. Masing-masing genotip dari kedua induk adalah…
A. BBCC dan bbcc
B. BBCc dan bbcc
C. BbCC dan bbcc
D. BbCc dan bbcc
E. BbCc dan bbCc

21. Sepasang suami istri normal, masing-masing membawa sifat albino. Bila suami istri tersebut merencanakan mempunyai 4 anak, kemungkinan bahwa semua anaknya tidak albino adalah…
A. 0,2500
B. 0,5000
C. 0,0625
D. 0,0039
E. 0,3164

22. Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominant terhadap gen bulu putih (h). Perkawainan dua ekor kucing menghasilkan keturunan dengan rasio hitam:putih = 1:1.
Berdasarkan data di atas, maka genotip kedua induk kucing masing-masing adalah…
A. HH dan HH
B. HH dan hh
C. Hh dan Hh
D. Hh dan hh
E. Hh dan hh

23. Ayam berpial biji disilangkan dengan ayam berpial gerigi. Keturunan terdiri atas sumpel : biji, bilah : 9 : 3 : 3 : 1. Berdasarkan data tersebut di atas, pernyataan berikut yang benar adalah. . . .
A. pial sumpel merupakan hasil interaksi 2 sifat resesif
B. sifat gerigi masing-masing dominan terhadap biji
C. pial biji merupakan hasil interaksi dua sifat resesif
D. ayam berpial sumpel selalu heterozigot dominan
E. pial sumpel hasil interaksi gen dominan resesif

24. Ayam berpial walnut (PPRr) dikawinkan dengan ayam berpial walnut (PrRr), berapa macam genotip ayam berpial walnut yang dihasilkan pada F1 :
A. 4
B. 7
C. 5
D. 8
E. 6

25. Warna biji gandum merah ditentukan oleh M1 dan M2 , warna biji. Dari persilangan gandum merah sesamanya didapat hasil perkawinan dengan ratio 15 gandum biji merah dan 1 gandum biji putih. Genotif parentalnya adalah :
A. M1m1 M2m2 x M1m1 M2m2
B. M1M1 M2m2 x m1m1 M2m2
C. M1m1 M2M2 x m1m1 M2m2
D. M1M1 m2m2 x M1m1 m2m2
E. M1m1 M2m2 x M1M1 m2m2

26. Modifikasi ratio 25%, 56,25% : 18,95% dijumpai pada . . . .
A. kriptomeri
B. epistasis
C. interaksi gen
D. hipostasis
E. polimeri

27. Linaria marocana warna ungu (AaBb) disilangkan dengan linaria marocana merah (Aabb) dari hasil persilangan didapatkan linaria warna putih sebanyak
A. 75%
B. 12,5%
C. 50%
D. 6,25%
E. 25%

28. Persilangan 2 tanaman KKhh dengan kkHH pada F2 menghasilkan ratio fenotif 9 : 7 berdasarkan data di atas berarti ada penyimpangan yang dimaksud adalah . . . .
A. epistasis
B. komplementer
C. hipostasis
D. kriptomeri
E. interaksi gen

29. Suami istri masing-masing bisu-tuli sejak lahir mempunyai 3 orang anak yang semuanya mem- punyai pendengaran dan dapat berbicara normal. Orang tua anak-anak itu dapat diperkirakan mem-punyai genotif.
A. aaBB x aaBB
B. aabb x aabb
C. AaBb x Aabb
D. AAbb x aaBB
E. AaBb x AaBb

30 . Gen untuk pigmen M1 dan M2 dan olelnya m1 dan m2 tidak menghasilkan pigmen. Pada peristiwa polimeri, gandum dengan pigmen merah dibastarkan dengan gandum pigmen merah menghasilkan turunan merah muda, merah muda sekali dan putih (tak berpigmen) dengan perbandingan 1 : 2 : 1 parentalnya adalah . . . .
A. M1M1M2M2 x M1M1m2m2
B. M1 M1 M2 M2 x M1 m1 m2 m2
C. M1M1m2m2 x m1m1M2m2
D. M1m1m2m2 x m1m1 M2m2
E. M1M1m2m2 x M1m1m2m2

31. Perkawinan tikus hitam dan tikus kuning dimana faktor (H) pembawa sifat hitam bersifat epistasis terhadap faktor (K) pembawa sifat kuning yang hipostasis. Jika Hhkk disilangkan dengan HhKK, genotif tikus hitam yang akan dihasilkan adalah . .
A. 2 macam
B. 5 macam
C. 3 macam
D. 6 macam
E. 4 macam

31. Pernikahan antara wanita dan laki-laki yang keduanya berpenglihatan normal menghasilkan seorang anak laki-laki buta warna dan dua anak perempuan berpenglihatan normal. Dari kasus ini dapat diketahui bahwa .....
A. ibu adalah homozigot dominan
B. ibu adalah homozigot resesif
C. ibu adalah karier
D. ayah adalah karier
E. ayah adalah homozigot dominan

32. Pada pembastaran dua jenis tan (jenis K dan L) yang masing-masing berbunga merah muda, didapatkan 985 tanaman berbunga putih dan 3128 berbunga merah muda. Hasil ini menunjukkan bahwa :
A. Dalam hal ini merah muda resesif terhadapbunga putih
B. K dan L adalah homozigot dominan
C. K dan L adalah heterozigot
D. K adalah homozigot dominan dan L heterozoigot
E. K adalah homozigot resesif dan L adalah homozigot dominan

33. Dari penyilangan tanaman kapri yang kedua induknya berbiji bulat dan berwarna kuning diperoleh hasil 556 biji yang bervariasi : 315 bulat, kuning; 108 bulat, hijau; 101 keriput, kuning; dan 32 keriput hijau. Dari hasil ini dapat diduga bahwa :
A. kedua induk kapri adalah heterozigot
B. kedua induk kapri adalah homozigot
C. induk yang satu homozigot dan yang lain heterozigot
D. pada pembentukan gamet terjadi mutasi.
E. terjadi penyimpangan dari hukum Mendell

34. Sumber gen dari hewan dan tumbuhan yang dilestarikan dan digunakan untuk menaikkan mutu hewan ternak dan tanaman budidaya disebut :
A. suaka margasatwa
B. cagar alam
C. plasma nutfah
D. hibrida
E. domestikasi

35. Diketahui bahwa genringgi pada tumbuhan polong dominan tehadap gen pendek. Pada penyilangan monohibrida keturunan pertama (F1) didapatkan keturunan kedua (F2) dengan perbandingan antara ringgi dan pendek 3 : 1. Hasil persilangan tersebut mendukung kebenaranya :
A. gen dalam kromosom
B. peristiwa hipostasis
C. hukum rekombinasi gen
D. hukum kebebasan
E. hukum segregasi

36. Jika alelnya disusun secara bebas, maka genotip berikut yang akan menghasilkan banyak variasi gamet adalah rose (gerigi) genotip Rrpp. Perbandingan keturunan yang dihasilkan antara walnut:ross : biji : bilah adalah ..
A. 9 3 3 1
B. 4 : 2 : 1 : 1
C. 4 : 1 : 1 : 1
D. 3 : 3 : 1 : 1
E. 1 : 1 : 1 : 1

37. Jika alelnya disusun secara bebas maka genotip berikut yang akan menghasilkan banyak variasi gamet adalah
A. aa bb CC DD
B. aa BB Cc Dd
C. AA BB CC DD
D. AA bb cc Dd
E. Aa Bb CC Dd

38. Jika alelnya disusun secara bebas maka genotip berikut yang akan menghasilkan sedikitvariasi gamet adalah
A. aa bb CC DD EE
B. aa BB Cc Dd Ee
C. AA Bb CC Dd EE
D. AA bb cc Dd EE
E. Aa Bb CC Dd Ee

39. Warna biji gandum merah ditentukan oleh M1 dan M2, dari persilangan gandum merah sesamanya didapatkan keturunan dengan rasio 15 gandum biji merah dan 1 gandum biji putih, Genotip parental yang disilangkan adalah:
A. M1m1M2m2 x M1m1m2m2
B. M1M1M2m2 x m1m1M2m2
C. M1m1M2M2xm1m1M2m2
D. M1M1M2m2Xm1M1M2M2
E. M1m1M2m2 x M1m1M2m2

40. Apabila seorang laki laki normal kawin dengan perempuan buta warna maka presentase anak perempuan yang buta warna adalah
A. 100%
B. 75%
C. 50%
D. 25%
E. 0%

41. Bunga linaria sp. Berwarna merah (Aabb) disilangkan dengan bunga putih (aaBb). Presentase keturunan yang fenotipnya beda dengan induknya adalah
A. 0%
B. 25%
C. 50%
D. 75%
E. 100%

42. Gandum berkulit hitam (HhKk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKk). Bila keturunan yang dihasilkan 800 biji, maka gandum yang berwarna putih adalah ..
A. 100
B. 200
C. 300
D. 400
E. 600

43. Bila suami memiliki genotype golongan darah IaIb dan istri IoIo. Jumlah genotype dan fenotipe golongan darah yang mungkin dimiliki keturunannya adalah
A. 2 genotipe;3fenotipe
B. 3 genotipe;3fenotipe
C. 3 genotipe;4fenotipe
D. 4 genotipe;3fenotipe
E. 4 genotipe;4fenotipe

44. .Persilangan pada Drosopilia melanogaster kelabu panjang BBVV dengan kelabu pendek Bbvv menghasilkan F1 seluruhnya kelabu panjang, bila F1 yang bergenotip heterozygote dites cross dan persilangan tersebut menjadi pautan, maka rasio genotip yang dihasilkan adalah
A. 1:1
B. 1:1:1
C. !:1:1:1
D. 1:2:1:2
E. 9:3:3:1

LATIHAN












LATIHAN LAGI
1. Sel manusia yang mengandung 22 autosom dan satu kromosom Y adalah….
a. Sel somatik pria
b. Zigot
c. Sel somatik wanita
d. Sel sperma
e. Ovum

2. Kromosom homolog akan bergerak ke kutub-kutub yang berlawanan dari suatu sel yang sedang membelah diri selama…..
a. Mitosis
b. Meiosis I
c. Meiosis II
d. Fertilisasi
e. Pembelahan biner

3. Meiosis ii memiliki kesamaan dengan mitosis, yaitu…..
a. Kromosom homolog mengalami sinapsis
b. DNA bereplikasi sebelum pembelahan
c. Sel anaknya adalah sel diploid
d. Kromatid bersaudara berpisah selama anaphase
e. Jumlah kromosomnya berkurang

4. Berapa banyakkah kombinasi kromosom paternal dan maternal yang dapat dikemas dalam gamet-gamet yang dibuat oleh suatu organisme dengan bilangan diploid 8 (2n = 8)?
a. 2
b. 4
c. 8
d. 16
e. 32

5. Produk langsung meiosis pada tumbuhan adalah…...
a. Spora
b. Gamet
c. Zigot
d. Sporofit
e. Gametofit

6. Organisme haploid multiseluler……
a. Biasa disebut sporofit
b. Memproduksi sel pertumbuhan dengan cara meiosis
c. Memproduksi gamet dengan cara mitosis
d. Ditemukan hanya di lingkungan-lingkungan yang berair
e. Adalah hasil langsung dari singami

7. Pindah silang biasanya menimbulkan variasi genetik melalui pertukaran segmen-segmen kromosomal antara…….
a. Kromatid saudara dari kromosom
b. Kromatid dari nonhomolog
c. Kromatid bukan saudara dari homolog
d. Lokus-lokus nonhomolog dari genom
e. Autosom dan kromosom seks

8. Pada waktu membandingkan siklus-siklus yang umumnya dimiliki oleh tumbuhan dan hewan, satu tahap yang ditemukan pada tumbuhan tapi tidak ditemukan pada hewan adalah tahap…….
a. Gamet
b. Zigot
c. Diploid multiseluler
d. Haploid multiseluler
e. Gametofit

9. Pernikahan antara wanita dan laki-laki yang keduanya berpenglihatan normal menghasilkan seorang anak laki-laki buta warna dan dua anak perempuan berpenglihatan normal. Dari kasus ini dapat diketahui bahwa .....
a. ibu adalah homozigot dominan
b. ibu adalah homozigot resesif
c. ibu adalah karier
d. ayah adalah karier
e. ayah adalah homozigot dominan

10. Sumber gen dari hewan dan tumbuhan yang dilestarikan dan digunakan untuk menaikkan mutu hewan ternak dan tanaman budidaya disebut :
a. suaka margasatwa
b. cagar alam
c. plasma nutfah
d. hibrida
e. domestikasi

11. Kromosom haploid merupakan kromosom yang ….
a. jumlahnya setengah dari kromosom sel kelamin
b. jumlahnya dua kali kromosom sel kelamin
c. tidak berpasangan
d. berpasang-pasangan


12. Jika kromosom diploid suatu organisme adalah 48, jumlah kromosom haploidnya adalah ….
a. 48 pasang
b. 24 pasang
c. 48 buah
d. 24 buah

13. Jumlah kromosom diploid pada selbtubuh manusia adalah ….
a. 48 buah
b. 24 buah
c. 46 buah
d. 23 buah

14. Filial merupakan ….
a. induk dari suatu persilangan
b. keturunan dari suatu persilangan
c. sifat beda dari suatu persilangan
d. gamet dari suatu persilangan

15. Sel zigot manusia mempunyai 46 kromosom yang berasal dari ….
a. sel telur 21 dan sel sperma 25
b. sel telur 22 dan sel sperma 24
c. sel telur 23 dan sel sperma 23
d. sel telur 24 dan sel sperma 22
16. Berikut ini terdapat beberapa macam genotipe:
1. AaBb
2. Aabb
3. CcDd
4. aaDD
5. CcDD

Genotipe yang heterozigot sempurna ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 3 dan 4
c. 2 dan 3
d. 4 dan 4
17. Sifat warna bunga merah dan bentuk biji lonjong merupakan contoh ….
a. fenotipe
b. gen
c. genotipe
d. kromosom

18. Faktor penentu sifat pada makhluk hidup adalah ….
a. genotipe
b. gen
c. kromosom
d. nukleus

19. Ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat makhluk hidup disebut
a. genotipe
b. ekologi
c. genetika
d. taksonomi

20. Seorang anak lahir dari rahim ibunya. Oleh karena itu, sifat yang dimilikinya selalu ….
a. lebih banyak ditentukan oleh ayahnya
b. lebih banyak ditentukan oleh sifat ibunya
c. ditentukan oleh sifat ayah dan ibunya
d. tidak dipengaruhi oleh sifat yang dibawa ayah dan ibu

21. Alasan Mendel menggunakan kacang ercis dalam percobaannya, antara lain….
a. cepat berbuah
b. tahan lama
c. tanaman menahun
d. berbunga menarik

22. Tanaman kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih. F1 100% berupa kapri berbunga merah. Hal itu menunjukkan bahwa
a. sifat merah resesif terhadap putih
b. sifat putih resesif terhadap merah
c. sifat putih intermediat terhadap merah
d. sifat merah resesif terhadap putih

23. Jeruk berbuah manis (MM) disilangkan dengan jeruk berbuah asam (mm). F1 yang dihasilkan adalah jeruk berbuah manis (Mm). Jika sesama F1 disilangkan dihasilkan keturunan kedua (F2) 1MM:2Mm:1mm Jika pada F2 diperoleh 240 keturunan, jumlah keturunan yang berbuah manis heterozigot adalah ….
a. 60
b. 120
c. 90
d. 240

24. Ercis biji bulat disilangkan dengan ercis biji kisut. Jika bulat bersifat dominan yang muncul adalah…
a. 50 % bulat : 50 % kisut
b. 75 % bulat : 25 % kisut
c. 100 % kisut
d. 100 % bulat

25. Kelinci hitam dengan genotipe Hh dikawinkan dengan kelinci putih bergenotipe hh. F1 pada perkawinan tersebut adalah ….
a. 100 % hitam
b. hitam : putih = 3 : 1
c. hitam : putih = 3 : 1
d. hitam : putih = 1: 1

26. Dalam suatu persilangan, sifat resesif tidak tampak pada fenotipe keturunannya jika ….
a. gen resesif hilang
b. gen resesif berpasangan dengan gen dominan
c. gen dominan bertambah
d. gen resesif berkurang

27. Persilangan antarsesama F1 menghasilkan F2 dengan perbandingan genotipe  MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1. Jika diketahui gen M dominan terhadap gen m, kemungkinan untuk mendapatkan individu homozigot resesif adalah ….
a. 25 %
b. 75 %
c. 50 %
d. 100 %

28. Kambing berbulu hitam (Hh) disilangkan dengan kambing berbulu putih (hh). Gamet pada persilangan tersebut adalah ….
a. Hh dan hh
b. h dan h
c. Hh dan Hh
d. H dan h

ESSAY

1. Apakah perbedaan gonosom dan autosom?
2. Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut.
a. Genotipe d. Resesif
b. Fenotipe f. Intermediet
c. Dominan e. Heterozigot

3. Tentukan macam-macam gamet individu berikut.
a. TTMM c. TtMM
b. TtMm d. TtMMLl

4. Tanaman bunga mawar merah disilangkan dengan tanaman bunga mawar putih. Keturunan pertama (F1) dari persilangan tersebut 100% berupa tanaman bunga mawar merah muda.
Jika diketahui M adalah gen merah dan m adalah gen putih, tentukan perbandingan genotip dan fenotip keturunan kedua (F2) dari persilangan tersebut.

5. Tanaman mangga berbuah manis kecil disilangkan dengan tanaman mangga berbuah asam besar. Persilangan tersebut menghasilkan keturunan pertama (F1) tanaman mangga berbuah manis besar. Jika diketahui M adalah gen manis dominan terhadap gen asam, yaitu m dan B adalah gen besar dominan terhadap gen buah kecil, yaitu b, tentukanlah hal-hal berikut.
a. Rasio genotipe F2.
b. Rasio fenotipe F2.
c. Persentase tanaman yang berbuah manis besar homozigot pada F2 .
d. Kemungkinan tanaman yang bergenotipe MmBb pada F2


TRY AGAIN


1. The number of chromosomes in a human body cell is:
A 23 pairs
B 23
C 2 pairs (one from each parent)

2. The sex chromosomes of a normal human male are:
A XX
B XXXX
C XY

3. The chromosomes that are not sex chromosomes are called:
A X and Y
B autosomes
C chromatin

4. In a pedigree, an affected male is shown by a:
A shaded square
B shaded circle
C blank circle

5. The inherited appearance is the:
A genotype
B phenotype
C co-dominance

6. Homozygous is known as:
A hybrid
B pure-breeding
C wild type

7. The less frequently inherited characteristic is called:
A co-inherited
B dominant
C recessive

8. Genes determining sex-linked conditions are found on the:
A autosomes
B X chromosome
C Y chromosome

9. A disease of blood clotting inability is:
Aheparin
Bhaemochromatosis
Chaemophilia

10. The ratio of phenotypes of offspring of a monohybrid cross is:
A1:2:1
B9:3:3:1
C3:1

11. Somatic cells are:
Agametes
Bbody cells
Csex cells

12. If the phenotype is brown eye colour, then the genotype is:
ABB or Bb
BBB only
Cbb only

13. How can one determine the exact genotype of an animal with a dominant characteristic?
ABreed it once with an animal of similar appearance
BBreed it with an animal that is homozygous recessive for that characteristic
CTake a biopsy to determine its chromosome number

14. The parent who determines the sex of a child is the:
Amother
Bfather
Cneither parent

15. What are the possible children's blood type phenotypes if parents have O and AB blood types?
AA, B, AB
BA, B

CA, O

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL