Sunday, March 2, 2014

BELAJAR SABAR



Dari pengalaman ikut dalam pertemuan pembelajaran guru guru ASJI Indonesia (28 - 2 maret 2014) ada pengalaman baru yang bisa saya dapatkan setelah melihat dinamika proses pembelajaran dan share dari teman teman ASJI
   
Menjelaskan sesuatu – termasuk juga mengajarkan sebuah topik – ternyata membutuhkan kesabaran, yang kadang kadarnya harus luar biasa.
Seringkali kita tidak dapat menjelaskan sekali saja langsung dapat dimengerti. Kadang-kadang setelah berkali-kali mencoba menjelaskan ternyata tetap tidak dimengerti. Kalau sudah begini, seringkali kita  malah jadi frustasi dan marah-marah. he he he.
Ada beberapa alasan mengapa orang tidak dapat menerima apa yang kita sampaikan:

  1. belum cukup ilmu untuk dapat memahami / mengerti pentingnya apa yang kita ajarkan,
  2. penjelasan kita kurang baik, dan nggak jelas haha
  3. memang yang bersangkutan tidak mau mengerti (misalnya, karena sudah punya pemahaman yang berbeda).
Ketika kita  mengajar, mungkin yang paling sering dihadapi adalah yang nomor satu. Dulu ketika saya belajar Biometri ( Stsatistik Biologi ), saya tidak tahu untuk apa. Ilmu saya belum cukup. Setelah lulus, bertahun-tahun kemudian, baru mengerti untuk apa dan mengapa itu penting. ha ha ha.
Yang paling repot adalah yang nomor tiga, tidak mau mengerti. Yang ini malah kadang orangnya sudah memiliki ilmu yang cukup tinggi. Mestinya sih dia dapat mengerti, tapi tidak mau aja. Kalau sudah begini ya kita punya dua pilihan, menyerah atau menambahkan tingkat kesabaran. hehehe.
Sabar, sabar, sabar.

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL