Friday, January 1, 2010

EVOLUSI KUDA

PERHATIKAN PERUBAHAN YANG TERJADI PADA

  • JUMLAH JARI
  • UKURAN GIGI
  • JARAK MATA DENGAN MULUT
  • ROTASI TUBUH
  • ZAMAN GEOLOGI



(HYRACOTHERIUM)
EOHIPPUS - MESSOHIPPUS - MERRYHYPPUS - PLIOHIPPUS - EQUUS(sorry artinya MESO dulu baru MERRY)


Berikut juga disertakan gambar fosil dalam Foto Asli kuda Hiracotherium /Eohippus Kuda zaman Eosin (56 Juta tahun yang lalu)




  • Evolusi merupakan proses perubahan struktur tubuh makhluk hidup yang berlangsung sangat lambat dan dalam kurun waktu yang sangat lama. 
  • Evolusi berjalan terus sepanjang masa. 
  • Evolusi menyebabkan keanekaragaman makhluk hidup, Begitu banyak hewan dan tumbuhan yang mengalami evolusi. salah satu hewan yang mengalami evolusi adalah Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus),
  • Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus, kuda adalah salah satu hewan yang fosilnya ditemukan sangat lengkap, kuda adalah hewan yang penting secara ekonomis dan sangat berperan penting dalam asa pengangkutan.
  • Apakah kalian tau ? bahwa bentuk kuda pada zaman dahulu tidak seperti bentuk kuda yang kita lihat saat ini, karna pada zaman dahulu kuda tidak berentuk kuat dan kekar seperti yag kita lihat saat ini bentuk tubuh kuda berubah/berkembang dari masa kemasa karna menyesuaikan dengan lingkungannya , karna faktor utama penyebab evolusi adalah lingkungan
  • perubahan kuda, pertama terlihat dari jumlah jari dan membesarnya jari kuda tersebut hal itu terjadi karenamenyesuaikan diri terhadap tempat berpijaknya yang awal mulanya berupa hutan berawa mejadi padang berumput
Perubahan jari jari kuda

  • 2.Perubahan geraham menjadi tinggi dan bergerigi disebabkankarena menyesuaikan diri dengan jenis makanannya yang semula buah – buahan lunak menjadi rumput yang mengandung silica
  • 3.Leher berubah menjadi panjang dan gerakan makin lincah karenamenyesuaikan diri untuk memperluas jangkauan pandangan terhadap predator dipadang rumput dan dan dapat menengok kesegala arah. 
  • Gambar Evolusi Kuda perubahan bentuk geraham , kaki dan tubuh kuda itu adalah penyebab mengapa kuda yang pada zaman dahulu tidak seperti apa yang kita lihat saat ini, bukan hanya karena faktor lingkungan tapi juga karna faktor makanannya, sehingga kuda yang kita temukan saat ini terlihat kekar dan kuat .

Jadi evolusi kuda itu Pertama muncul 56 juta tahun lalu di Amerika Utara. Genus ini adalah hewan kecil yang hidup di hutan dan dipandang merupakan anggota pertama famili Equidae, dan leluhur semua anggota famili ini. Hyracotherium teradaptasi dengan habitatnya di hutan Eosen di belahan utara: ia memiliki empat kuku di kaki depan dan tiga di kaki belakang. Ini membantunya berpindah dengan mudah di lantai hutan yang lembut. Ukurannya kecil, memungkinkannya bergerak mudah di antara vegetasi yang padat dan menyembunyikannya dari predator. Hewan ini memliki 4 jari kaki pada kaki depan. Tubuhnya sebesar anjing, yang memakan dedaunan.


2. Mesohippus

Sekitar 36 juta tahun yang silam, proses evolusi telah mengubah wujud kuda lebih drastis. Waktu jaman Ologocene, muncul hewan Mesohippus. Mesohippus tampil lebih besar dari pendahulunya, dengan tinggi pundak mempunyai 60 cm. Mempujai 3 jari kaki depan.

3. Merychippus

Muncul semasa jaman Miocene yaitu sekitar 25 juta tahun yang lalu sebagai kuda yang benar baru. Ini adalah jenis kuda dengan 3 jari yang penampilannya tegak, tingginya sekitar 100 cm dan mempunyai 3 jari baik pada kaki depan maupun kaki belakang. Satu dari tiga jari kakinya membentuk sebuah kuku besar.

4. Pliohippus


Kemudian sekitar 10 juta tahun yang lalu, semasa jaman Pliocene kuda berkembang menjadi Pliohippus. Leluhur kuda jenis ini mempunyai satu jari atau satu tracak pada tiap kakinya. Pliohippus merupakan hewan monodaktil (hewan bertracak tunggal) sejati yang pertama dalam sejarah evolusi .

5. Equus (kuda modern)


Muncul sekitar 2 juta tahun yang lalu sebagai makhluk yang lebih besar. Namun sekitar 8 ribu tahun yang lalu, spesies Equus ini punah di daratan Amerika Serikat dan tidak muncul lagi sampai orang-orang Spanyol membawa kuda masuk ke benua Amerika pada tahun 1400-an. Mempunyai jari kaki atau kuku pada setiap kakinya.

Jadi, berikut urutan evolusinya dari yang tertua hingga sekarang..




Ini juga terjadi Evolusi 


No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL