SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati di Indonesia | |
Konsep Esensial: · Kunci determinasi · Tata nama binomial | |
1 | Mampu menjelaskan aturan tatanama binomial pada pemberian nama spesies |
Dengan diberikan contoh nama ilmiah beberapa organisme siswa mampu menginterpretasikan nama ilmiah tersebut Perhatikan nama ilmiah beberapa organisme berikut ini 1) Felis domestica 2) Felis tigris 3) Canis familiaris 4) Curcuma domestica Organisme yang merupakan makhluk hidup yang bergenus sama adalah ... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 3 dan 4 | |
Dengan diberikan contoh kunci determinas sederhana, siswa dapat menggunakan untuk mengidentifikasi contoh organisme yang diberikan. |
SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem | |
Konsep Esensial: Tingkat keanekaragaman Hayati · Gen · Jenis Ekosistem | |
2 | Dengan disajikan berbagai kelompok organism, siswa mampu menentukan kelompok yang menunjukkan keanekaragaman pada tingkat gen Perhatikan beberapa contoh keanekaragaman pada berbagai pedagang berikut ini 1) Berbagai macam pohon mawar 2) Berbagai macam ikan hias 3) Berbagai macam pisang 4) Berbagai macam burung Keanekaragaman barang dagangan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis / spesies ditunjukkan oleh .... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 4 |
Dengan disajikan beberapa contoh organisme, siswa mampu menentukan organisme –organisme yang menunjukkan keanekaragaman pada tingkat spesies | |
Dengan disajikan beberapa contoh organisme, siswa mampu menyimpulkan tingkat keanekaragamanhayatinya |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia | |
Konsep Esensial: Virus · Ciri-ciri · Siklus lisogenik dan litik · Peranan Monera/Prokariota · Ciri-ciri (prokariotik, koloni, cara hidup) · Peranan (menguntungkan dan merugikan) | |
3 | Mampu mendeskripsikan ciri-ciri bakteri /virus |
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri/siklus hidup virus berdasarkan gambar yang disajikan Perhatikan gambar struktur bakteriofage berikut ini
Hubungan ciri hidup yang dimiliki virus dan bagian pengaturnya yang benar adalah … A. Reproduksi – X B. Koordinasi – X C. Metabolisme – Y D. Pencernaan – Y E. Gerak - Z | |
Mampu menentukan peranan virus dan bakteri bagi kehidupan manusia |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia | |||||||||||
Konsep Esensial: Protista · Menyerupai hewan/protozoa: (Ciri, Klasifikasi, Reproduksi,peranan) · Menyerupai tumbuhan · Menyerupai jamur | |||||||||||
4 | Menggunakan gambar, siswa mampu membedakan kelompok protozoa (Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, Sporozoa) berdasarkan ciri-ciri spesifiknya. Perhatikan gambar beberapa protista yang menyerupai hewan berikut ini
Berdasarkan alat gerak yang dimilikinya kelompok flagellata ditunjukkan oleh organisme yang bernomor ... A. 1 dan 2 B. 1 dan 5 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 E. 3 dan 5 | ||||||||||
Mampu memberikan contoh jenis protista yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia | |||||||||||
Mampu membedakan organisme kelompok Algae (Chlorophyta, Chysophyta, Phaeophyta, Rhodophyta) berdasarkan ciri-ciri yang diberikan |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia | ||||||||||
Konsep Esensial: Fungi · Ciri-ciri · Klasifikasi (spora seksual) · Peranan | ||||||||||
5 | Dengan diberikan nama/gambar beberapa contoh jamur siswa Mampu menentukan contoh jenis Jamur yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia | |||||||||
Mampu mengidentifikasi fungà berdasarkan gambar/ciri-cirinya | ||||||||||
Mampu membedakan ciri-ciri umum pengelompokan Jamur Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basidiomycotina, baik menggunakan gambar/ciri yang diberikan Perhatikan gambar spora seksual dan jenis hifa yang dimiliki fungi berikut ini
Zigomycotina mempunyai ciri-ciri spora seksual dan hifa secara urut yang ditunjukkan oleh gambar .... A. 1 dan 4 B. 1 dan 5 C. 2 dan 4 D. 2 dan 5 E. 3 dan 4 |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Konsep Esensial: Plantae : Siklus Hidup Bryophyta, Pteridophyta dan Spermatophyta | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan lumut | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan lumut/paku Perhatikan skema siklus perkembangan tumbuhan paku berikut ini Penjelasan yang benar berkaitan dengan bagian X dan Y pada tabel berikut ini yang benar adalah...
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menggunakan gambar, mampu menjelaskan ciri-ciri pada tahap tertentu metagenesis tumbuhan spermatophyta |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata | |
Konsep Esensial:
· Colenterata (obelia dan aurelia) · Plathelminthes (Fasciola hepatica,Taenia solium dan Taenia saginata) · Nemathelminthes (Ancelostoma duodenale, Ascaris lumbricoides, Oxyuris vermicularis, Wuchereria bancrofti) | |
7 | Mampu mendeskripsikan daur hidup insecta pada tahap tertentu Seorang siswa mengamati sekelompok belalang yang menyerang tanaman jeruk dan mendapatkan banyak belalang yang belum mempunyai sayap. Belalang dengan ciri tersebut dalam siklus hidupnya merupakan fase .... A. Larva B. Pupa C. kepompong D. Nimfa E. imago |
Mampu mendeskripsikan daur hidup Obelia/aurelia pada tahap tertentu | |
Mampu mendeskripsikan daur hidup Cacing (platelminthes, nemathelminthes ) pada tahap tertentu |
SKL: Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan. Kemampuan Yang di Uji: Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata | |||||||||||||||||||||||
Konsep Esensial: Perbandingan ciri-ciri klas vertebrata | |||||||||||||||||||||||
8 | Mampu membandingkan ciri-ciri Vertebrata untuk kelompok taxón tertentu berdasarkan gambar Perhatikan gambar 2 contoh hewan vertebrata berikut ini
Perbedaan ciri kedua hewan pada tabel berikut ini yang benar adalah .....
| ||||||||||||||||||||||
Mampu menentukan kelompok chordata pada tingkat pada tingkat takson tertentu berdasarkan ciri-ciri yang diberikan | |||||||||||||||||||||||
Mampu mengindentifikasi ciri-ciri hewan chordata tertentu berdasar gambar yang diberikan |
SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengankeseimbangan lingkungan dan pelestariannya Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia | |
Konsep Esensial: Ekosistem · Komponen ekosistem (biotik dan abiotik) · Mendeskripsikan aliran energi dan siklus materi · Daur biogeokimia (daur air, daur Nitrogen, daur Karbon, daur sulfur, daur phosphor) · Rantai dan jaring makanan · Suksesi | |
9 | Mampu mendeskripsikan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem |
Mampu menginterpretasikan daur biogeokimia C/air /N berdasarkan gambar yang diberikan Perhatikan skema siklus nitrogen berikut ini Senyawa yang terdapat pada bagian X dan Y secara urut adalah … A. NO2- dan N2 B. NO3- dan N2 C. NH3 dan N2 D. NH3 dan NO3- E. NO2- dan NO3- | |
Mampu menginterpretasikan gambar sebuah rantai/jaring-jaringan makanan dalam eksosistem |
SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya | |
Konsep Esensial: Perubahan Lingkungan Efek polusi dari · CO2 (efek rumah kaca) · NOx,SO2 (hujan asam) · CFC (lobang ozon) · Eutrofikasi | |
10 | Mampu mendeskripsikan penyebab pada kasus pencemaran yang terjadi pada suatu wilayah dengan diberikan akibatnya/dampaknya Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. Zat pencemar yang diduga menjadi penyebab gangguan iklim ini adalah .... A. CO2 B. SO3 C. NO3 D. Freon E. Ozon |
Mampu menjelaskan akibat yang ditimbulkan pada kasus pencemarantertentu yang terjadi pada suatu wilayah | |
Mampu memberikan contoh pengolahan/ pemanfaatan limbah |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan. | |
Konsep Esensial: sel hewan dan tumbuhan · Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan · Organel sel dan fungsinya | |
11 | Mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel berdasarkan ciri-ciri yang disajikan |
Mampu membandingkan sel tumbuhan dan hewan berdasarkan gambar atau ciri-cirinya | |
Mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel berdasarkan gambar yang disajikan Perhatikan gambar sel berikut ini! Organel sel yang menghasilkann energi untuk aktifitas hidup dan memproses protein sebelum dikeluarkan dari sel adalah .... A. 1 dan 3 B. 3 dan 2 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 E. 4 dan 3 |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan. | |
Konsep Esensial: Membran sel · Struktur membran sel Transpor melalui membran · Pasif (difusi – osmosis) · Aktif (protein kotranspor, pompa ion, endositosis dan eksositosis) | |
12 | Mampu mengidentifikasi jenis transpor (aktif)pada membran berdasarkan gambar/diagram/ hasil percobaan |
Mampu mengidentifikasi jenis transpor (pasif)pada membran berdasarkan gambar/diagram/ hasil percobaan Larutan A dan B diletakan dalam bejana dengan ketinggian permukaan sama dan dipisahkan oleh membran (M). Setelah dibiarkan 1 jam diperoleh hasil sperti pada gaambar berikut ini
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sifat membran M , larutan A dan B adalah ..... A. Permeabel, A hipertonis dan B hipotonis B. Permeable, A hipotonis dan B hipertonis C. Permeable, A dan B isotonis D. Semipermeabel, A hipertonis dan B hipotonis E. Semipermeabel, A hipotonis dan B hipertonis | |
Mampu mengidentifikasi struktur membran sel dengan diberikan gambar struktur membran sel |
| |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya | |
Konsep Esensial: Struktur tumbuhan · Jaringan pada tumbuhan · Organ pada tumbuhan | |
13 | Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi pada organ (daun) berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan Perhatikan gambar akar tumbuhan monokotil berikut ini! Perhatikan gambar struktur potongan melintang daun berikut ini Proses fotosintesis terjadi pada bagian ... a. 1, 2, dan 3 b. 1, 2, dan 4 c. 2, 3, dan 4 d. 2, 3, dan 5 e. 3, 4, dan 5 |
Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi pada organ akar/batang berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan | |
Mampu menentukan jenis/fungsi jaringan tertentu pada tumbuhandengan diberikan gambar/ciri-cirinya |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Kemampuan Yang di Uji: Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya | |
Konsep Esensial: · Jaringan pada hewan/manusia · Organ pada hewan/manusia · sistem organ hewan/manusia | |
14 | Mampu mengidentifikasi jenis jaringan pada hewan/manusioa berdasarkan ciri/gambar yang diberikan |
Mampu mengidentifikasi jenisfungsia jaringan penyusun pada gambar contoh organ yang diberikan Perhatikan sayatan mikroskopis usus halus di bawah ini. No 1, 2 dan 3 adalah... A. Jaringan ikat longgar, jaringan otot polos, jaringan otot lurik B. Jaringan ikat padat, jaringan otot polos, jaringan epitel C. Sel epitel, jaringan otot polos lingkar, jaringan otot polos memanjang D. Sel epitel, jaringan ikat longgar, ligamen E. Jaringan epitel kelenjar, ligament, fasia propria | |
Mampu mengidentifikasi fungsi jaringan pada hewan berdasarkan ciri/gambar yang diberikan |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia | ||||
Konsep Esensial: Sistem Gerak · Struktur sendi dan jenis-jenis sendi · Mekanisme gerak otot bisep dan trisep otot antagonis (flexor ,ekstensor dll) dalam gambar · Penyakit pada sistem gerak | ||||
15 | Mampu menjelaskan mekanisme kerja /gerak otot pada gerakan tertentu yang dilakukan manusia | |||
Mampu menjelaskan kelainan/penyakit pada sistem gerak manusia serta penyebab kelainan/penyakit tersebut Seorang wanita tua mengalami kesulitan untuk berjalan tegak dan hasil pemeriksaan mikroskopis tulangnya dibandingkan dengan struktur tulang normal nampak seperti berikut ini
Berdasarkan pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita tersebut mengalami .... A. Fraktura B. Fisura C. Dislokasi D. artritis E. osteoporosis | ||||
Mampu menentukan jenis persendian yang terlibat dalam gerakan tertentu pada manusia /berdasarkan gambar yang diberikan |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya | ||||||
Konsep Esensial: Sistem Peredaran darah · Struktur jantung · komponen darah · Pembuluh darah vena, arteri dan kapiler · Sistem peredaran darah ganda · Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia | ||||||
16 | Mampu mengidentifikasi kelainan atau penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah | |||||
Mampu menjelaskan penggolongan darah pada manusia dan kemungkinan transfusi darah | ||||||
Mampu mendeskripsikan organ/fungsi pada sistem transportasi manusia berdasarkan bagan/gambar yang tersedia Perhatikan gambar skema sistem peredaran darah manusia berikut ini x Pembuluh darah yang ditunjuk oleh X dan Y adalah ... a. Arteri pulmonalis dan vena kava b. arteri pulmonalis dan aorta c. Vena pulmonalis dan aorta d. Vena pulmonalis dan vena kava e. Vena kava dan aorta |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan identifikasi gangguannya | |
Konsep Esensial: Sistem Respirasi · Organ pada sistem respirasi · Mekanisme Pernafasan dada dan perut · Difusi dan pengangkutan gas · bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya · | |
18 | Mampu mendeskripsikan proses pada sistem pernapasan manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang tersedia Di bawah ini adalah beberapa pernyataan tentang mekanisme pernapasan: 1. Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik, 2. Otot diafragma kontraksi, diafragma mendatar 3. Otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang rusuk turun 4. Otot diafragma relaksasi, diafragma melengkung Mekanisme yang menyebabkan terjadinya inspirasi … A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 1 dan 4 D. 2 dan 3 E. 3 dan 4 |
Mampu mengidentifikasi kelainan /penyakit pada sistem pernapasan | |
Mampu mendeskripsikan fungsi organ-organ pada sistem pernapasan manusia berdasarkan gambar/pernyataan tersedia |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya | |
Konsep Esensial: Sistem Ekskresi Ginjal · Struktur ginjal · Struktur nefron dan proses pembentukan urine · Gangguan/penyakit Paru-paru Hati-hati Kulit | |
19 | Mampu mendeskripsikan proses/organ-organ pada sistem ekskresi manusia berdasarkan gambar/fungsi/proses yang terjadi A. |
Mampu menhubungkan struktur nefron dan proses pembentukan urine pada sistem ekskresi manusia Perhatikan potongan gambar nefron berikut ini ! Bagian tersebut dan peranannya adalah … B. Tubulus kolektipus, mengumpulkan urine C. Tubulus kontortus distal, tempat terjadinya proses augmentasi D. Lengkung Henle, menampung urine primer E. Tubulus kolektipus proksimal, berisi urine primer Badan Malpighi terjadi proses filtrasi | |
Mampu mendeskripsikan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi dengan diberikan data/gejala yang terjadi |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya | |
Konsep Esensial: Sistem Koordinasi Sistem Syaraf · Struktur dari neuron dengan perannya · Gambar sistem syaraf pusat dengan bagian dan perannya · Arah impuls pada gerak sadar / refleks dengan gambar · Efek zat aditif pada system syaraf Sistem Hormon Gambar tubuh kelenjar/ penghasil hormon dengan perannya Sistem Indra Struktur/gambar organ dengan peranan & kelainan pada · Mata · Telinga · Kulit · Lidah · hidung | |
20 | Mampu mengidentifikasi struktur neuron berdasarkan gambar yang tersedia/ urutan proses pada sistem saraf manusia |
Mampu mengidentifikasi hubungan kelenjar dan fungsi hormon yang dihasilkan/ sistem saraf pada manusia Perhatikan gambar otak manusia berikut ini Pada otak manusia terdapat bagian yang mengatur hubungan antara sistem saraf dan sistem hormon sehingga disebut daerah kendali saraf endokrin. Bagian tersebut ditunjukkan oleh bagian yang diberi nomor ....
| |
Mampu menjelaskan proses/fungsi/organ pada alat-alat indera manusia berdasarkan gambar/carta/kasus yang diberikan |
SKL: Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya | |
Konsep Esensial: REPRODUKSI MANUSIA · Organ Reproduksi Pria · Spermatogenesis dan hormon yang berperan · Organ reproduksi Wanita · Ooogenesis, ovulasi dan menstruasi | |
21 | Mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit pada sistem reproduksi berdasarkan kasus/pernyataan yang disajikan |
Mampu menjelaskan proses/fungsi organ pada sistem reproduksi manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan Perhatikan gambar organ reproduksi dalam wanita berikut ini Proses fertilisasi dan tempat penempelan zigot hasil fertilisasi terjadi pada bagian A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 2 dan 5 D. 4 dan 5 E. 5 dan 3 | |
Mampu menjelaskan proses yang terjadi padasistem reproduksi dikaitkan dengan peran hormon yang mempengaruhinya |
SKL: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan Kemampuan Yang di Uji: Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan | |
Konsep Esensial: Pertumbuhan dan Perkembangan · Pengertian pertumbuhan dan perkembangan · Meristem dan aktifitasnya · Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan 1. Faktor Eksternal 2. Faktor Internal (gen dan Hormon) | |
22 | Mampu mengidentifikasi faktor luar/eksternal yang mempengaruhi perteumbuhan berdasarkan percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman Dua stek batang tanaman mawar ditanam pada 2 pot (A dan B) dengan media sekam padi. Setelah tumbuh tumbuh tunas pada pot A diberi pupuk urea sedangkan pada pot B tidak diberi urea. Setelah 1 bulan ternyata tanam mawar pada pot A tumbuh lebih cepat dari pada pot B. Komponen pupuk urea yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan tanaman mawar adalah .... A. Fosfor B. Sulfur C. Nitrogen D. Hidrogen E. Karbon |
Mampu mengidentifikasi faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan berdasarkan percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman | |
Mampu menjelaskan penggunaan hormone pertumbuhan dalam implementasinya di dunia pertanian/perkebunan |
SKL: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan Kemampuan Yang di Uji: Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman | |||
Konsep Esensial: Eksperimen pertumbuhan · Metodologi penelitian · Interpretasi grafik · Interpretasi tabel | |||
23 | Mampu menentukan variable penelitian berdasarkan contoh eksperimenpertumbuhan yang diberikan Seorang siswa melakukan eksperimen dengan menumbuhkan biji kacang hijau pada 10 buah gelas air minum yang diberi kapas dan air. Setelah biji berkecambah tanaman 5 gelas dibiarkan terbuka dan tanaman dan 5 gelas lainnya ditutup dengan sungkup gelap sehingga cahaya tidak dapat masuk. Setelah 2 hari tinggi tanaman di ukur. Yang merupakan variabel terikat (dependen variabel) pada eksperimen tersebut adalah . A. Kapas dan air B. Tinggi tanaman sebagai C. Cahaya matahari D. E. 5 biji kacang hijau | ||
Mampu menginterpretasikan data hasil percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan | |||
Mampu menginterpretasikan grafik hasil percobaan tentang pertumbuhan/perkembangan |
SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. Kemampuan Yang di Uji: Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein | |
Konsep Esensial: ENZIM · Struktur Enzim · Mekanisme kerja enzim · Faktor yang mempengaruhi kerja enzim | |
24 | Mampu mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme berdasarkan percobaan |
Mampu mendeskripsikan ciri-ciri/sifat-sifat enzim berdasarkan gamabar/table/grafik percobaan | |
Mampu mendeskripsikan factor yang mempengaruhi kerja enzim berdasarkan data/grafik hasil eksperimen Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut ini yang menunjukkan hubungan antara kecepatan reaksi dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim
Keterangan : sumbu Y = kecepatan reaksi Berdasarkan grafik tersebut faktor yang mempengaruhi kerja enzim yang ditunjukkan oleh sumbu X adalah ..... A. PH B. Suhu C. Inhibitor D. konsentrasi substrat bila jumlah enzim tetap E. konsentrasi enzim bila substrat tak terbatas |
SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak) | |
Konsep Esensial: RESPIRASI Tahap , tempat dan hasil dari: · Glikolisis · DO · Siklus Krebs · Sistem Transport elektron | |
25 | Mampu mendeskripsikan hubungan proses/hasil pada tahap-tahap reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan gambar/diagram/ pernyataan Perhatikan gambar skema tahap reaksi respirasi berikut ini
Bagian yang ditunjuk oleh X dan Y secara urut adalah .... A. Piruvat dan NADH B. Piruvat dan Asetil KoA C. NADH dan Asetil KoA D. Asetil KoA dan NADH E. Asetil KoA dan Piruvat |
Mampu menjelaskan hasil pada tahap tertentu reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan pernyataan yang diberikan. | |
Mampu menjelaskan substrat, lokasi dan hasil pada tahap tertentu reaksi katabolisme karbohidrat berdasarkan diagram/ gambar/pernyataan |
SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak) | |
Konsep Esensial: RESPIRASI ANAEROB (FERMENTASI) · perbedaan reaksi anaerob dan aerob · fermentasi alkohol , cuka , asam laktat | |
26 | Mampu membandingkan perbedaan respirasi aerob dan anaerob |
Mampu mengidentifikasi hasil respirasi anaerob berdasarkan pernyataan yang tersedia | |
Mampu mengidentifikasi tahap respirasi anaerob berdasarkan diagram yang tersedia Perhatikan skema proses respirasi anaerob yang dilakukan oleh Sacharromyces berikut ini Yang ditunjuk oleh X, Y dan Z secara urut dalam proses respirasi anaerob adalah ....
|
SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya. | |||||||||
Konsep Esensial: FOTOSINTESIS · Struktur kloroplas Dan peranannya dalam reaksi fotosintesis · Tahapan Fotosintesa Reaksi terang · Tahapan foto sintesis Reaksi gelap | |||||||||
27 | Mampu mengidentifikasi tahap reaksi fotosintesis berdasarkan sajian gambar kloroplas yang tersedia X Pada reaksi fotosintesis pada bagian X terjadi peristiwa ....
| ||||||||
Mampu menjelaskan hasil tahap tertentu reaksi fotosintesis berdasarkan pernyataan yang tersedia | |||||||||
Mampu menjelaskan proses reaksi fotosintesis berdasarkan sajian skema yang tersedia |
SKL: Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya. | ||
Konsep Esensial: Eksperimen Fotosintesis · Ingenhouse · Engelmann · Sachs | ||
28 | Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Ingenhouse pada reaksi fotosintesis | |
Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Sachs pada reaksi fotosintesis | ||
Mampu menginterpretasikan data/hasil percobaan Engelmann pada reaksi fotosÃntesis Perhatikan rangkaian percobaan berikut ini: Benang Spirogyra dan bakteri yang suka oksigen diberi penyinaran dengan spektrum cahaya tampak seperti pada gambar Bakteri oksigen Berdasarkan hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa spektrum cahaya tampak yang dapat paling efektif ditangkap pada reaksi terang fotosintesis adalah ...
|
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan kromosom | |||||||||||||||||||||||||
Konsep Esensial: Substansi Genetika · Struktur Kromosom · Struktur DNA atau RNA · Replikasi DNA | |||||||||||||||||||||||||
29 | Mampu mengidentifikasi struktur molekul DNA/RNA berdasarkan gambar/pernyataan struktur yang diberikan Perhatikan gambar rantai struktur asam nukleat berikut ini X Perbedaan DNA dan RNA pada struktur yang ditunjukkan oleh X pada tabel berikut ini yang benar adalah ....
| ||||||||||||||||||||||||
Mampu mengidentifikasi jenis kromosom berdasarkan gambar yang diberikan | |||||||||||||||||||||||||
Mampu menafsirkan struktur 3 dimensi DNA berdasarkan sajian data/gambar |
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan proses sintesis protein | |||
Konsep Esensial: SINTESIS PROTEIN · Proses sintesis protein · Transkripsi · Translasi | |||
30 | Mampu menjelaskan tahap sintesis protein berdasarkan skema/charta Perhatikan gambar model salah satu tahap sintesis protein berikut ini X Tahap sintesis protein yang sesuai dengan gambar dan bagian yang ditunjuk X secara berurutan adalah ....
| ||
Mampu mengidentifikasi rangkaian asam amino hasil sintesis protein berdasarkan sense/antisense/kodon yang tersedia | |||
Mampu menjelaskan proses sintesis protein berdasarkan pernyataan/skema yang tersedia |
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan | |
Konsep Esensial: Pembelahan Sel · Siklus sel · perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis | |
31 | Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi sel pada organisme berdasarkan ciri-ciri yang tersedia |
Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi sel pada organisme berdasarkan gambar yang tersedia Suatu organisme selnya mempunyai kromosom 4 buah. Pada saat membelah mempunyai susunan seperti nampak pada gambar berikut ini Gambar tersebut menunjukkan sel yang sedang membelah pada fase ....
| |
Mampu mengidentifikasi perbedaan reproduksi sel secara mitosis dan meiosis |
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan | |
Konsep Esensial: Gametogenesis · Oogenesis dan Spermatogenesis · Megasporogenesis dan mikrosporogenesis · Pembuahan ganda pada angiospermae | |
32 | Mampu mengidentifikasi tahapan oogenesis berdasarkan gambar/pernyataa yang tersedia |
Mampu menjelaskan hasil spermatogenesis/oogenesis berdasarkan pernyataan yang tersedia | |
Mampu mengidentifikasi tahapan spermatogenesis berdasarkan gambar/pernyaan yang tersedia Sebuah sel yang terdapat ditestis dianalisis keadaan kromosom ternyata memiliki jumlah kromosom setengah kromosom (n) sel asalnya dan masing-masing kromosom terdiri dari 2 kopi (2C). Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa sel tersebut adalah ...
|
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel | |
Konsep Esensial: HEREDITAS/GENETIKA · hukum Mendel (Segregasi , assortasi) · Menentukan gamet · Ratio fenotif dan Genotif F2 · Penyimpangan semu Mendel 1. Atavisme (interaksi gen) 2. Kriptomeri 3. Epistasis –hipostasis 4. Gen lethal 5. Alel Ganda | |
33 | Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum Mendel untuk menentukan jumlah/jenis gamet yang dihasilkan |
Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum Mendel dalam penurunan sifat berdasarkan kasus/pernyataan yang tersedia Mendel menemukan ada 2 sifat warna bunga ercis yaitu tanaman ercis berbunga ungu dan tanaman ercis berbunga putih. Apabila tanaman ercis berbunga ungu dikawinkan dengan tanaman ercis berbunga putih menghasilkan 180 biji yang kemudian ditanam ternyata ketika berbunga ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tanpa menghitung langsung di kebun dapat diperkirakan banyaknya tanaman yang berbunga putih adalah ....
| |
Mampu menentukan hasil penyimpangan semu hukum mendel berdasarkan kasus yang terjadi |
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel | |
Konsep Esensial: GENETIKA PADA MANUSIA · Albino · Butawarna · Hemofilia · Golongan darah · Thalesemia · Siklemia · Pedigree(peta silsilah) | |
34 | Mampu mendeskripsikan penurunan sifat buta warna/hemofilia pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia |
Mampu mendeskripsikan penurunan sifat golongan darah pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia Dalam satu keluarga Ayah mempunyai golongan darah A sedangkan Ibu bergolongan darah B. Mempunyai anak bergolongan darah O dan AB. Berdasarkan data tersebut genotif ayah dan ibu secara urut adalah ...
| |
Mampu menjelaskan cirri-ciri cacat menurun pada manusia (albino,hemofilia, buta warna dll) |
SKL: Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya | |
Konsep Esensial: Mutasi · Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi · Mutasi kromosom Abrasi Delesi, duplikasi dll · Aneuploid dan Euploid dan dampaknya | |
35 | Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi gen berdasar skema/carta/kasus yang tersedia |
Mampu menjelaskan keuntungan/kerugian dari mutasi melalui kasus | |
Mampu mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom berdasar skema/carta/kasus yang tersedia Perhatikan susunan kromosom seseorang berikut ini Orang tersebut mengalami kelainan kromosom yang mengakibatkan gangguan yang disebut ...
|
SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains. Kemampuan Yang di Uji: Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya | |
Konsep Esensial: TEORI ASAL-USUL KEHIDUPAN · Abiogenesis · Biogenesis · Evolusi Biologi-kimia ( Urey ,Oparin) · Percobaaan S. Miller | |
36 | Mampu menjelaskan percobaan S. Miller untuk membuktikan asal usul kehidupan Perhatikan gaambar perangkat percobaan S. Miller berikut ini
Gas yang bereaksi pada bagian X sehingga terbentuk zat organik sederhana adalah ... A. Asam amino dan asam lemak B. CO2, H2O, O2 dan NH3 C. CO2, H2O, NH3 H2 D. H2O, NH3 H2, CH4 E. O2, NH3 H2, CH4 |
Mampu menjelaskan percobaan untuk membuktikan teori biogenesis | |
Mampu mendeskripsikan evolusi kimiadan atau evolusi biologi |
SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi | |
Konsep Esensial: Petunjuk Teori evolusi · Bukti Fosil (fosil Kuda) · Homologi · Organ Rudimender · Embryologi perbandingan · DNA | |
37 | Mampu mendeskripsikan fosil/embriologi sebagai petunjuk adanya evolusi |
Mampu mendeskripsikan homologi/organ rudimender sebagai petunjuk adanya evolusi Perhatikan gambar rangka sayap ayam dan tangan manusia berikut ini
Organ tersebut memberikan petunjuk terjadinya evolusi karena keduannya ... A. Menunjukkan adanya homologi B. Menunjukkan adanya analogi C. Merupakan organ sisa yang tidak fungsional lagi D. Mempunyai fungsi yang sama E. Mempunyai struktur yang identik | |
Mampu menjelaskan mekanisme seleksi alam berdasarkan gambar /contoh yang tersedia |
SKL: Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains Kemampuan Yang di Uji: Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi | |
Konsep Esensial: HK. Hardy-Weinberg · Asumsi Hukum Hardy-Weinberg · Kesetimbangan gen dalam populasi | |
38 | Mampu menerapkan hukum Hardy Weiberg berdasar kasus yang tersedia |
Mampu menjelaskan syarat berlakunya hukum Hardy-Weinberg | |
Mampu menerapkan hukum Hardy Weiberg berdasar kasus yang tersedia Disuatu kota yang berpenduduk 100.000 jiwa 5 % penduduk laki-lakinya menderita buta warna. Penduduk kota tersebut yang bersifat normal tetapi membawa gen buta warna diperkirakan berjumlah ....
|
SKL: Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan | |
Konsep Esensial: Dampak Bioteknologi · Positif · negatif | |
39 | Mampu mendeskripsikan etika penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia |
Mampu mendeskripsikan dampak positif penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia | |
Mampu mendeskripsikan dampak negatif penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia Produk-produk makanan yang menggunakan bahan berasal dari organisme transgenik masih banyak ditolak oleh masyarakat . Alasan penolakan yang paling sesuai adalah .... A. Mengandung mikroorganisme patogen baru yang lebih berbahaya B. Mengandung protein asing yang bersifat toksik atau mengakibatkan alergi C. Perkawinan tanaman transgenik dengan liar memunculkan gulma yang sulit dibasmi D. Harga produk lebih mahal dibandingkan produk non transgenik E. Bentuk dan rasa yang lebih rendah dari pada produk non transgenik |
SKL: Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan. Kemampuan Yang di Uji: Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh-contohnya | |
Konsep Esensial: Perkembangan Bioteknologi · Bioteknologi konvensional - Pengolahan makanan - Obat - Pemurnian logam - Insektisida biologi - Kultur jaringan · Bioteknologi modern - Teknologi Plasmid - Teknik hibridoma - antibodi monoklonal - Cloning | |
40 | Mampu mengidentifikasi penerapan prinsip dasar bioteknologi modern berdasarkan kasus/pernyataan Penderita Diabetes Melitus sangat membutuhkan insulin untuk mempertahankan hidupnya. Tetapi sekarang insulin dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Insulin ini disintesis dengan cara ... A. mengekstrak pankreas mamalia B. membuat insulin sintetis dengan reaksi kimia C. merekayasa bakteri coli untuk memproduksi insulin D. mensintesis insulin dari tumbuhan E. mengekstak insulin dari batuan |
Mampu mengidentifikasi penerapan prinsip dasar bioteknologi konvensional berdasarkan kasus/contoh/pernyataan | |
Mampu menentukan jenis bioteknologi yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik berdasarkan kasus |
2 comments:
terimakasih banyak.. mg berumr panjang dan mampu mengamalkan ilmunya bagi lami para guru...
Terima kasih...
Post a Comment