Tuesday, March 23, 2010

JEJUNUM-USUS KOSONG

Usus kosong atau Jejunum adalah usus halus lanjutan dari usus 12 jari ( duodenum) sebelum menuju ke usus penyerapan (Illeum) usus kosong ini sering ditulis yeyunum
  • Usus duabelas jari , usus kososng dan usus penyerapan adalah bagian dari Usus halus yang disebut puka Intesrinum tenue
  • Usus dua belas jari bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus. Secara histologis, terdapat kelenjar Brunner yang menghasilkan lendir.
  • Dinding usus dua belas jari tersusun atas lapisan-lapisan sel yang sangat tipis yang membentuk mukosa otot.
  • Pada manusia dewasa, panjang seluruh usus halus antara 2-8 meter, 1-2 meter adalah bagian usus kosong.
  • Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh dengan mesenterium.
  • Usus kosong ini berawal dari akhir saluran usus 12 jari yang disebut Ligamentum Treitz



  • Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus / berlendir
  • Permukaannya terdapat jonjot usus (vili), yang memperluas permukaan dari usus.
  • Secara histologis dapat dibedakan dengan usus dua belas jari, yakni berkurangnya kelenjar Brunner.
  • Secara histologis pula dapat dibedakan dengan usus penyerapan, yakni sedikitnya Sel Goblet dan Plak Peyeri.
  • Sedikit sulit untuk membedakan usus kosong dan usus penyerapan secara makroskopis.
  • Jejunum diturunkan dari kata sifat jejune yang berarti "lapar"
  • Jejunum arti aslinya berasal dari bahasa Laton, jejunus, yang berarti "kosong".

5 comments:

Wawan Kurn said...

blognya bermanfaat bgt buat aku!

i like bio!

this is it... said...

terima kasih untuk artikelnya.
sangat bermanfaat..
sukses selalu,.

Unknown said...

saya suka belajar biologi!

Anonymous said...

kalian semua kalah !
aku suka banget sama biologi, sampe2 aku nikahin biologi !

Anonymous said...

Celine semoga kamu baca ini.. Ini aku Leonard sebenernya sayang banget sama kamu.. Karena kamu anak biologi, aku pikir cara untuk ngasih tau kamu perasaan aku lewat blog ini yang suka kamu baca... :)

Support web ini

BEST ARTIKEL