Friday, March 5, 2010

FOOD CHAINS

Suatu organisme hidup akan selalu membutuhkan organisme lain dan lingkungan hidupnya. Hubungan yang terjadi antara individu dengan lingkungannya sangat kompleks, bersifat saling mempengaruhi atau timbal balik.
  • Hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungan itu membentuk suatu sistem . 
  • Sistem yang terbentuk bisa berupa sistem hubungan mahkluk hidup dengan lingkungan biotik , namun bisa juga antar mahkluk hidup dengan lingkungan Abiotik 
  • Hubungan timbal balik antara unsur-unsur hayati dengan lingkungan hayati dan non hayati itu membentuk sistem ekologi yang disebut Ekosistem
 Tentu yang terpenting yang harus diketahui , Mengapa Mahkluk hidup itu harus berhubungan di lingkungan ? kenapa dan bagaimana kalau ia nya soliter tanpa mempedulikannya ? Inilah sebenarnya Rohnya pembelajaran yang berbasis ekologi dimulai , sehungga kita bisa memahami apa artinya lingkungan (Environment)
  • Di lingkungan Mahkluk hidup akan berhubungan dengan mahkluk hidup dan tak hidup , tidak bisa soliter , menyendiri , tidak bisa membentuk konsep individu 
  • Di lingkungan Mahkluk hidup akan berhubungan dengan mahkluk hidup dengan tujuan ingin mendapat kan makanan dengan memakan mahkluk hidup lain atau memanfaatkan energi dari mahkluk hidup yang lain
  • Di lingkungan Mahkluk hidup akan berhubungan dengan mahkluk hidup agar bisa bersosialisasi bisa sesamanya ataupun  lainnya dengan tujuan membentuk populasi , komunitas untuk simbiotis ataupun untuk sekedar reproduksi sehingga menurunkan keturunnya agar tetap eksis di lingkungan
  • Di lingkungan Mahkluk hidup akan berhubungan dengan lingkungan tak hidup atau abiotik agar bisa menempatinya sebagai habitat atau mencari materi yang tidak bisa terpenuhi dari hubungannya dengan mahkluk hidup . OK 
  • Maka kemudian pada sistem hubungan ini  terjadi hubungan antar mahkluk hidup yang membentuk rantai makanan atau jaring makanan , sehingga tercipta aliran energi, dan siklus biogeokimia.
Komponen itulah yang harus dimaknai dalam belajar Ekologi secara sederhana
Dalam postingan ini sengaja hanya akan dibahas hal yang berhubungan dengan makan memakan antar mahkluk hidup yang membentuk rantai makanan karena Emang penting makan bagi mahkluk hidup . ada yang bilang Hidup untuk makan dan ada pula yang bilang makan untuk hidup OK
 
Rantai makanan adalah pengalihan energi yang diawali dengan pemindahan materi dari sumbernya dalam tumbuhan melalui sederetan organisme yang makan dan yang dimakan.
Para ilmuwan ekologi mengenal tiga macam rantai pokok, yaitu
  1. rantai pemangsa
  2. rantai parasit
  3. rantai saprofit.
  1. Rantai Pemangsa/Rantai Perumput Rantai pemangsa landasan utamanya adalah tumbuhan hijau sebagai produsen. Rantai pemangsa dimulai dari hewan yang bersifat herbivora sebagai konsumen I, dilanjutkan dengan hewan karnivora yang memangsa herbivora sebagai konsumen ke-2 dan berakhir pada hewan pemangsa karnivora maupun herbivora sebagai konsumen ke-3.
  2. Rantai Parasit Rantai parasit dimulai dari organisme besar hingga organisme yang hidup sebagai parasit. Contoh organisme parasit antara lain cacing, bakteri, dan benalu.
  3. Rantai Saprofit/rantai Detritus Rantai saprofit dimulai dari organisme mati ke jasad pengurai. Misalnya jamur dan bakteri. Rantai-rantai di atas tidak berdiri sendiri tapi saling berkaitan satu dengan lainnya sehingga membentuk faring-faring makanan.

Peran dekomposer ditempati oleh organisme yang bersifat saprofit, yaitu bakteri pengurai dan jamur saproba. Keberadaan dekomposer sangat penting dalam ekosistem. Oleh dekomposer, hewan atau tumbuhan yang mati akan diuraikan dan dikembalikan ke tanah menjadi unsur hara (zat anorganik) yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan. Aktivitas pengurai juga menghasilkan gas karbondioksida yang penting bagi fotosintesis. Apa yang terjadi jika di dunia ini tidak ada bakteri pengurai dan jamur saproba?

Pada ekosistem, setiap organisme mempunyai suatu peranan, ada yang berperan sebagai produsen, konsumen ataupun dekomposer.
  • Produsen adalah penghasil makanan untuk makhluk hidup sedangkan konsumen adalah pemakan produsen.
  • Produsen terdiri dari organisme-organisme berklorofil (autotrof) yang mampu mempro duksi zat-zat organik dari zat-zat anorganik (melalui fotosintesis).
  • Zat-zat organik ini kemudian dimanfaatkan oleh organisme-organisme heterotrof (manusia dan hewan) yang berperan sebagai konsumen.
Rantai Makanan dan Tingkat Trofik
  • Salah satu cara suatu komunitas berinteraksi adalah dengan peristiwa makan dan dimakan, sehingga terjadi pemindahan energi, elemen kimia, dan komponen lain dari satu bentuk ke bentuk lain di sepanjang rantai makanan.
  • Organisme dalam kelompok ekologis yang terlibat dalam rantai makanan digolongkan dalam tingkat-tingkat trofik.
  • Tingkat trofik tersusun dari seluruh organisme pada rantai makanan yang bernomor sama dalam tingkat memakan.
  • Sumber asal energi adalah matahari.
  • Tumbuhan yang menghasilkan gula lewat proses fotosintesis hanya memakai energi matahari dan C02 dari udara. Tumbuhan tersebut digolongkan dalam tingkat trofik pertama.
  • Hewan herbivora atau organisme yang memakan tumbuhan termasuk anggota tingkat trofik kedua.
  • Karnivora yang secara langsung memakan herbivora termasuk tingkat trofik ketiga,
  • sedangkan karnivora yang memakan karnivora di tingkat trofik tiga termasuk dalam anggota Tingkat trofik keempat. begitu seterusnya OK


Piramida Ekologi
Struktur trofik pada ekosistem dapat disajikan dalam bentuk piramida ekologi. Ada 3 jenis piramida ekologi, yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.

a. Piramida jumlah
  • Organisme dengan tingkat trofik masing - masing dapat disajikan dalam piramida jumlah,
  • Organisme di tingkat trofik pertama biasanya paling melimpah,
  • sedangkan organisme di tingkat trofik kedua, ketiga, dan selanjutnya makin berkurang.
  • Dapat dikatakan bahwa pada kebanyakan komunitas normal, jumlah tumbuhan selalu lebih banyak daripada organisme herbivora.
  • Demikian pula jumlah herbivora selalu lebih banyak daripada jumlah karnivora tingkat 1.
  • Kamivora tingkat 1 juga selalu lebih banyak daripada karnivora tingkat 2.
  • Piramida jumlah ini di dasarkan atas jumlah organisme di tiap tingkat trofik. karena semakin keatas semakin kecil jumlah kwantitasnya maka membentuk piramida , disebutlah piramida Jumlah
b. Piramida biomassa
  • Seringkali piramida jumlah yang sederhana kurang membantu dalam memperagakan aliran energi dalam ekosistem.
  • Penggambaran yang lebih realistik dapat disajikan dengan piramida biomassa.
  • Biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu.
  • Untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik maka rata-rata berat organisme di tiap tingkat harus diukur kemudian barulah jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan.
  • Piramida biomassa berfungsi menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu, dan diukur dalam gram.
  • Untuk menghindari kerusakan habitat maka biasanya hanya diambil sedikit sampel dan diukur, kemudian total seluruh biomassa dihitung.
  • Dengan pengukuran seperti ini akan didapat informasi yang lebih akurat tentang apa yang terjadi pada ekosistem.
c. Piramida energi
  • Seringkali piramida biomassa tidak selalu memberi informasi yang kita butuhkan tentang ekosistem tertentu.
  • Lain dengan Piramida energi yang dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama.
  • Piramida energi mampu memberikan gambaran paling akurat tentang aliran energi dalam ekosistem.
Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofik. Berkurang-nya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut.
  1. Hanya sejumlah makanan tertentu yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  2. Beberapa makanan yang dimakan tidak bisa dicernakan dan dikeluarkan sebagai sampah.
  3. Hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisms,sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.
  • Pada hakikatnya dalam organisasi kehidupan tingkat ekosistem terjadi proses-proses sirkulasi materi, transformasi, akumulasi energi, dan akumulasi materi melalui organisme.
  • Ekosistem juga merupakan suatu sistem yang terbuka dan dinamis.
  • Keluar masuknya energi dan materi bertujuan mempertahankan organisasinya serta mempertahankan fungsinya.
  • Baik dalam rantai makanan maupun jaring yang terjadi transfer materi dan energi yang penting kita analisa , Selalu rantai makanan itu tidak parnah sampai ada yang di tingkat konsumen misalnya 10 ? mengapa demikian ?
  • Jawabnya adalah setiap perpindahan baik materi dan energi dari tingkat tropik satu ke yang lain selalu dalam perpindahannya berkurang / kehilangan energinya 90 % sehingga yang sampai di sel tubuhnya hanya 10 %
  • Kemana yang 90% , ternyata : ada bagian komponen tubuh organisme yang dimakan tidak bisa dikonsumsi (misalnya tanduk/bagian yang keras . akar yang ditanah) , ada komponen meskipun sudah termakan ternyata tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaanya sehingga tidak masuk ke sel tetapi menjadi egesta dalam bentuk faeces, ternyata meskipun komponen itu masuk ke sel digunakan untuk respirasi yang energinya digunakan aktivitas dan terbuang sebagai komponen ekresta berupa ekskret OK
  • Dari uraian bisa diartikan bahwa jika dari sinar matahari terdapat energi sebesar 100000 kal (misalnya)  , energi itu samapai di jarigan palisade daun pada tumbuhan hanya 10000 kal , 90000 kal tidak menuju sasaran misal kena akarnya kena genteng dll , dari 10000 kalori sebagai PPK itu untuk menjadi PPB (produktifitas primer bersih) setelah untuk aktivitas produsen tinggal 1000 kalori , jika energi itu dimakan herbivora sampai di tubuh herbivor setelah digunakan untuk aktivitas , egesta , ekresta , energi yang sampai sel tubuh untuk pertumbuhannya hanya 100 kalori , dari jumlah kalori yang ada sampai di karnivora ( konsumen 2 ) hanya 10 kalori , apabila konsumen ke 2 itu termakan maka yang dipindahkan dan sampai ditubuhnya tinggal 1 kalori OK
  • Sehingga Food Chain tidak pernah panjang sampai konsumen 10 hehehe
  • Zat-zat anorganik dalam suatu ekosistem tetap konstan atau seimbang, karena unsur-unsur kimia esensial pembentuk protoplasma beredar dalam biosfer melalui siklus biogeokimiawi.
  • Contoh siklus biogeokimiawi adalah siklus carbon, siklus oksigen, siklus nitrogen, siklus fosfor, dan siklus sulfur. yang di Blog ini juga akan dibahas nggak usah kawatir ye ...hehehe
  • Maka keseimbangan dalam ekosistem sangat penting untuk selalu terjaga. OK

GARIS TRANSEK 
  • Transek garis (“Line Intercept Transect”) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur distribusi species di suatu lokasi untuk mengetahui perubahan habitat  
  •  Metode ini merupakan metode sampling untuk menghitung persentase distribusi suatu species  yang sangat efisien dan dapat dipercaya.
  • Hanya memerlukan sedikit peralatan dan relatif sederhana dalam penerapannya.
  • Dalam melakukan transek garis tidak hanya ditekankan pada species yang akan ditentukan namun juga  meliputi seluruh species lain yang berasosiasi dengan ekosistem tersebut disamping itu juga dapat digunakan untuk analisis faktor abiotiknya OK
Sekali lagi penjelasan Piramida ekologi OK
  • Alam begitu kaya setelah selesai diciptakan , baik deversitas maupun kwantitas mahkluk hidup yang ada didalamnya
  • Macam-macam mahkluk hidup itu tentu menjadi sulit jika kita tidak mengelompokkan
  • Pengelompokkan bisa dari berbagai sudut pandang , tergantung dari orang yang akan mengelompokkkan namun yang pasti semua bertijuan sama memudahkan
  • Ketika hal pengelompokkan ini menjadi tidak strategis lagi lebih baik ditinggalkan saja

Postingan ini akan mengelompokkan berbagai kegiatan mahkluk hidup itu berdasar atas
  1. Cara mendapatkan makanan suatu mahkluk hidup itu
  2. Aliran energinya
  3. Dan hal hal yang berhubungan dengan sosialisasi mahkluk hidup yang ada di dalamnya

Cara mendapatkan makanan ( Tingkat tropic )
  • Dalam sosialisasi ternyata mahkluk hidup untuk mendapatkan makanan tidak sama satu dengan lainnya sehingga terbentuk jalur , yang dalam ilmu ekologi disebut rantai makanan

Pada rantai makanan mahkluk hidup terbagi kedalam tingkat trofik yang terdiri atas
  1. produsen ysng menduduki tingkat tropi I
  2. konsumen I menduduki tingkat tropi II
  3. konsumen II menduduki tingkat tropi III
  4. dan seterusnya.
  • Umumnya tingkat trofik pada suatu habitat hanya terdiri atas empat sampai lima tingkatan.
  • Produsen selalu menempati tingkat trofik yang pertama, herbivora menempati tingkat trofik yang kedua, karnivora primer menempati tingkat tropik ketiga dan seterusnya.
  • Jika tumbuhan hijau dimakan organisme lain (konsumen primer), maka hanya 10% energi yang berasal dari tumbuhan hijau dimanfaatkan oleh organisme itu untuk pertumbuhannya dan sisanya terdegradasi dalam bentuk panas terbuang ke atmosfer.
  • Dengan demikian, pada rantai makanan yang panjang, energi yang tersedia untuk tingkat tropik paling tinggi adalah makin sedikit sehingga dapat digambarkan dalam suatu  piramida.
  • Piramida ini dikenal dengan istilah piramida ekologi.
  • Dengan kata lain Piramida ekologi adalah sebuah diagram yang menunjukkan jumlah relatif dari energi atau bahan yang terkandung dalam setiap tingkat trofik dalam rantai makanan atau jaring makanan.
Piramida ekologi dibedakan menjadi tiga macam.
  1. Piramida Jumlah
  2. Piramida Biomasa
  3. Piramida Energi

Piramida jumlah
  • Piramida jumlah dilukiskan dengan jumlah individu yang membangunnya.
  • Elton (1972) yang menemukan teori ini mengatakan bahwa binatang yang menempati tingkat trofik yang lebih rendah, jumlahnya lebih banyak dibanding dengan binatang yang menempati tingkat trofik yang lebih tinggi.
  • Dasar piramida ini digambarkan oleh produsen yang sangat banyak dan jumlah organisme menurun cepat sampai tinggal beberapa individu karnivora puncak
  • Organisme di tingkat trofik pertama biasanya paling melimpah, sedangkan organisme ditingkat trofik kedua, ketiga, dan selanjutnya makin berkurang. 
  • Dapat dikatakan bahwa pada kebanyakan komunitas normal, jumlah tumbuhan selalu lebih banyak daripada organismeherbivora. 
  • Demikian pula jumlah herbivora selalu lebih banyak daripada jumlah karnivora tingkat 1. Karnivora tingkat 1 juga selalu lebih banyak daripada karnivora tingkat 2. 
  • Piramida jumlah dibuat berdasarkan jumlah organisme di tiap tingkat trofik.
Piramida Biomassa
  • Penggunaan piramida jumlah sering menemui kesulitan, di antaranya jika kita membandingkan dua ekosistem yang berbeda dengan menghitung berapa jumlah binatang dan tumbuhan yang mendukung ekosistem itu?
  • Kesulitan lain, terasa kurang informatif jika kita menyamakan ganggang sebagai pohon (produsen) atau menyamakan gajah dengan udang-udangan (herbivora).
  • Untuk mengetahui kesulitan itu, maka sering digunakan piramida biomassa.
  • Biomassa adalah berat kering suatu organisme.
  • Piramida biomassa di Silver Springs, Florida. Angka-angka merupakan bobot kering bahan organik (per meter persegi).
  • Piramida terbalik biomassa dalam suatu danau. Angka-angka merupakan miligram bahan organik kering (dalam satu meter kubik air
  • Untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik, maka rata-rata berat organisme di tiap tingkat harus diukur kemudian jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan. 
  • Piramida biomassa berfungsi untuk menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu yang diukur dalam gram. 
  • Untuk menghindari kerusakan habitat, biasanya hanya diambil sedikit sampel dan diukur, kemudian total seluruh biomassa dihitung. 
  • Dengan pengukuran seperti ini akan didapat informasi yang lebih akurat tentang apa yang terjadi pada ekosistem.

Piramida Energi
  • Pada piramida ini akan terlihat adanya penurunan energi yang tersedia untuk setiap tingkat trofik.
  • Jumlah energi sebagai persediaan terbesar adalah produsen dan lebih kecil pada tingkat-tingkat trofik berikutnya.
  • Cara paling teliti untuk mengetahui hubungan antara organisme dari berbagai tingkat trofik adalah dengan piramida energi.
  • Hal ini disebabkan pada biomassa yang sama dari organisme yang berbeda belum tentu mempunyai kandungan energi yang sama
  • Seringkali piramida biomassa tidak selalu memberi informasi yang dibutuhkan untuk menggambarkan suatu ekosistem.
  • Oleh karena itu dibuat piramida energi berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lebih lama.
  • Piramida energi mampu memberikan gambaran paling akurat tentang aliran energi dalam ekosistem.
  • Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofik.

Berkurangnya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut.
  1. Hanya sejumlah makanan tertentu yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  2. Beberapa makanan yang dimakan tidak bisa dicerna dan dikeluarkan sebagai sampah.
  3. Hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisms, sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.

Peran Komponen Ekosistem dalam Aliran Energi
  • Di dalam suatu ekosistem, terjadi interaksi antara komunitas dan komunitas lainnya serta lingkungan abiotiknya. 
  • Interaksi ini dapat menyebabkan aliran energi melalui peristiwa makan dan dimakan (predasi). 
  • Pada peristiwa aliran energi ini, komponen ekosistem, khususnya komponen biotik, memiliki tiga peran dasar, yaitu sebagai produsen, konsumen dan dekomposer. 
  • Penyusun utama produsen dalam suatu ekosistem, khususnya di daratan adalah tumbuhan. 
  • Organisme ini mampu membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari. Peristiwa ini disebut fotosintesis.
  • Produsen merupakan organisme autotrof, yaitu organisme yang mampu menyusun atau membuat makanannya sendiri. 
  • Adapun konsumen adalah organisme heterotrof, yaitu organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. 
  • Untuk memenuhi kebutuhannya, organisme ini bergantung pada organisme lain.
  • Komponen biotik yang terakhir, yaitu dekomposer (pengurai). 
  • Dekomposer adalah organisme yang menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati menjadi zat-zat organik sederhana. 
  • Zat-zat sederhana ini akan digunakan kembali oleh produsen sebagai bahan nutrisi untuk membuat makanannya. 
  • Proses tersebut akan berlangsung terus-menerus di dalam suatu ekosistem. 
  • Adanya peran komponen biotik sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer menimbulkan aliran energi dari produsen, konsumen hingga ke dekomposer. 
  • Proses aliran energi ini terjadi pada peristiwa rantai makanan.
  • Peristiwa perpindahan energi terjadi melalui proses makan dan dimakan di dalam suatu rantai makanan. 
  • Peristiwa tersebut membentuk struktur trofik. 
  • Struktur trofik terdiri atas tingkat-tingkat trofik. 
  • Setiap tingkat trofik terdiri atas kumpulan berbagai organisme. 
  • Tingkat trofik pertama ditempati oleh produsen atau organisme autotrof. 
  • Pada tingkat ini, produsen ekosistem darat adalah tumbuhan, sedangkan pada ekosistem perairan adalah ganggang dan fitoplankton. 
  • Tingkat trofik kedua ditempati oleh organisme heterotrof atau konsumen. 
  • Konsumen adalah organisme yang bergantung kepada organisme lain sebagai sumber makanannya. 
  • Konsumen pada tingkat trofik kedua ini adalah herbivora. 
  • Konsumen juga terdiri atas tingkat trofik ketiga, keempat, dan seterusnya. 
  • Aliran energi tidak hanya terjadi pada tingkatan yang sederhana, yaitu rantai makanan, tetapi terjadi juga pada tingkatan yang lebih kompleks, yaitu pada jaring-jaring makanan. 
  • Jaring-jaring makanan ini tersusun oleh beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. 
  • Aliran energi mulai dari produsen hingga konsumen, jumlah akhirnya tidak sama.
INTERAKSI ANTAR SPECIES

Tipe-Tipe Interaksi Antar Spesies

Secara teori, spesies-spesies anggota populasi saling berinterkasi satu dengan lainnya dan membentuk interaksi yang positif, negatif, netral, atau kombinasi yang bentuk interkasi itu dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu neutralisme, kompetisi, amensalisme, parasitime, predasi (pemangsaan), komensalisme, protokooperasi, dan mutualisme.
  1. Neutralisme, yaitu interkasi antara dua atau lebih spesies yang masing-masing tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi. Contoh, antara kucing dan ayam. Keduanya tidak saling mempengaruhi karena memiliki jenis makanan yang berbeda.
  2. Kompetisi, jenis interaksi ini dapat terjadi diantara makhluk hidup yang dapat menimbulkan seleksi alam dalam evolusi. Antara organisme yang satu dengan yanga lain terjadi persaingan untuk memperoleh kebutuhan hidupnya, seperti makanan, cahaya matahari, tempat berlindung dan sebagainya. Contoh, persaingan antara kambing dan kerbau di padang rumput dan persaingan rumput teki dan ilalang dalam memperebutkan sinar matahari atau lahan.
  3. Amensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang berakibat saat salah satu pihak dirugikan (mendapat rintangan) sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi.  Interaksi amensalisme sama dengan allelopati (pelepasan senyawa toksik ke lingkungan). Contoh,   Salvia leucophylla, yaitu suatu jenis semak yang dapat melepaskan senyawa kimia berupa terpenes. Terpenes yang dikeluarkan tumbuhan tersebut setelah masuk ke dalam tanah dapat menghambat peekecambahan dan pertumbuhan tumbuhan lainnya.
  4. Parasitisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang berakibat salah satu pihak (inang) dirugikan, sedangkan pihak lainnya (parasit) beruntung. Contoh, cacing tambang dan cacing perut yang hidup dalam usus manusia.
  5. Predasi (pemangsaan), yaitu interaksi antara dau atau lebih spesie yang salah satu pihak ( organisme yang dimangsa) dirugikan, dan pihak lainnya predator atau pemangsa) diuntungkan. Contoh, singa yang memangsa rusa.
  6. Komensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang salah satu pihak diuntungkan sedangakan pihak lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi. Contoh, ikan ikan kecil yang hidup bersama dengan ikan hiu. Ikan-ikan ini disebut remora. Remora mendapat makanan sisa-sisa dari ikan hiu. Selain itu, mereka akan terlindungi dari predator yang akan memangsanya.Ikan hiu tidak merasa tergangu dengan kehadiran remora.
  7. Protokooperasi, yaitu interaksi anatara dua spesies atau lebih yang masing-masing saling memperoleh keuntungan adanya asosiasi, tetapi  asosiasi yang terjadi tidak merupakan keharusan. Contoh,  hubungan kerbau dengan burung bangau. Burung bangau bertengger di atas punggung kerbau dan mematuk kutu yang ada. Dari interaksi tersebut, bangau memperoleh makanan dan kutu yang menjadi hama pada kerbau berkurang, sehingga kerbau dapat hidup lebih sejahtera. Interaksi ini bukan suatu keharusan, artinya tanpa interaksi tersebut kerbau dan bangau tetap mampu mempertahankan hidupnya.
  8. Mutualisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang masing-masing saling memperoleh keuntungan engan adanya asosiasi, dan hubugan tersebut merupakan suatu keharusan untuk berasosiasi.Contoh, hubungan bunga kembang sepatu dengan serangga misalnya lebah. bunga di bantu penyebaran sporanya oleh kupu-kupu dan lebah memperoleh makanan dari bunga tersebut.

Persaingan Intra-Interspseifik

Persaingan Intraspesifik, yaitu persaingan yang terjadi antara organisme ang berspesies sama. Persaingan Interspesifik persaingan  memperebutkan sesuatu antara dua organisme atau sesies yang berbeda.


TRY AGAIN


1. The study of the interrelationships of living organisms and their environment is:

A ecosystem

B environment
C ecology

2. All the living and non-living conditions that act on an organism and affect its chances of survival is the:
A ecology
B living factor
C environment

3. Another term meaning 'living' is:
A biology
B ecological
C biotic

4. Another term for 'non-living' is:
A biotic
B dead
C abiotic

5. All the organisms in a particular area at a given time is the:
A species
B community
C habitat

6. The number of a particular species in an area at a given time is the:
A community
B population
C species

7. The area in which an organism lives is its:
A range
B habitat
C nesting site

8. Another term for 'on land' is:
A aquatic
B marine
C terrestrial

9. The role or position a species occupies in a community is its:
Ahabitat
Bniche
Cmicro-habitat

10. A natural unit of living and non-living parts that interacts to produce a stable system in which the exchange of materials between living and non-living parts follows a circular path is called:
Aa cycle
Ban environment
Can ecosystem

11. Photosynthesis is the process used by plants to:
Aproduce carbon dioxide
Bproduce oxygen
Ctake in nitrogen dioxide

12. Aquatic abiotic factors include:
Anumber of marine predators
Bamount of algae for food
Cwater temperature and pressure

13. What aspects of sunlight affect plants?
ATurbidity and salinity
BDuration and intensity
CGeotropism and intensity

14. What is the difference between the terms 'freshwater' and 'marine'?
AFreshwater = seawater; Marine = lake water
BFreshwater = stationary; Marine = moving
CFreshwater = low dissolved salt; Marine = high dissolved salt

15. Two factors that affect the population of a species are:
Aavailable resources (food, water, shelter)
Bactivities of other organisms (predators, disease-causing parasites)
Cboth of the above



16. Biotic relationships involves interactions between:
A organisms and their living and non-living surroundings
B living organisms of different species
C organisms of the same species

17. The term 'symbiosis' means the 'living together' of different organisms for a:
A permanent association always
B short time
C long time

18. The symbiotic relationship where two different organisms both benefit is called:
A commensalism
B mutualism
C predator-prey relationship

19. A tick lives on a dog. In this case, the dog is the:
A parasite
B prey
C host

20. A parasite derives nutrients from its host but does not kill it. This is because it:
A would lose its food source
B cannot kill the host
C the host would kill it

21. Lions hunt and kill antelopes. The antelopes are the:
A predators
B prey
C hosts

22. An example of commensalism where one organism benefits from the relationship but the other is neither helped nor harmed is:
A a leech living on a possum
B E. Coli bacteria in the gut
C influenza virus in the lungs

23. Sheep and rabbits require the same food - grass. This is an example of:
A mutualism
B competition
C greed

24. The living thing formed from the mutualistic association of an alga and a fungus is the:
Alichen
Bmushroom
Cseaweed

25. The clown fish living inside the sea anemone is an example of:
Acommensalism
Bpredation
Cparasitism

26. The resources for which organisms compete may be:
Afood and water
Bnesting sites
Cboth of the above

27 Beneficial bacteria in the gut produce Vitamin C for humans and in return use the digested food for their food source. This is an example of:
Apredation
Bparasitism
Cmutualism

28. The term 'biotic' means:
Asurvival
Bnon-living
Cliving

29. One other resource for which organisms compete apart from food and water is:
Aspace such as nesting sites
Bdisease such as bacteria
Cozone

30. The name for the relationship between the water buffalo and the small bird which rids the buffalo of annoying ticks and other parasites is:
Amutualism
Bparasitism
Cneither of the above



31. The arrow in a food chain means:
A is eaten by
B eats
C hunts

32. In biology, an example of a producer is a:
A human
B herbivore
C green plant

33. Another name for a plant eater is:
A a second order consumer
B a herbivore
C both of the above

34. Another name for the organism that eats the herbivore is the:
A secondary consumer
B primary consumer
C producer

35. Each level in a food chain is called the:
A consumer level
B trophic level
C production level

36. A consumer that eats already dead animals is the:
A parasite
B scavenger
C prey

37. Examples of decomposers are:
A bacteria
B fungi
C both of the above

38. An animal that eats both plant and animal matter is a:
A greedy animal
B omnivore
C herbivore

39. The organism that is never included in a food chain is the:
Aherbivore
Bproducer
Cdecomposer

40. A network of interrelated food chains is:
Aa food chain
Ban ecosystem
Ca food web

41. An organism at the end of a food chain is a:
Aproducer
Bconsumer
Cdecomposer

42. The size of organisms along a food chain tends to:
Aincrease
Bdecrease
Cremain constant

43. Food chains are of a limited length because:
Aproducers require an animal food source
Bmatter and energy are lost at each trophic level as waste and heat respectively
Cmatter increases at each trophic level due to global temperature rises

44. What is the difference between phytoplankton and zooplankton?
AZooplankton = plants e.g. sea grass; Phytoplankton = animals e.g. whales
BPhytoplankton = plants e.g. seaweed; Zooplankton = animals e.g. jellyfish
CThere is no difference

45. An example of a food chain in the ocean is:
AAlgae - Seal - Killer Krill
BAlgae - Krill - Whale
CSeal - Polar Bear - Innuit
 
TRY AGAIN

SOAL

1. Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut….
A. Ekosistem
B. Populasi
C. genetika

D. habitat
E. bioma

2. Di bawah ini adalah beberapa ciri ekosistem air.
1) Tidak dipengaruhi oleh iklim dan cuaca
2) Variasi suhu di daerah sekitar rendah
3) Penetrasi cahaya matahari kurang
4) Konsentrasi makanan sangat luas
5) Salinitas rendah bahkan lebih rendah dari protoplasma
6) Arus air selalu mengalamai perputaran.
Yang merupakan ciri ekosistem air tawar adalah….
A. 1-2-5
B. 1-3-6
C. 1-4-6

D. 2-3-5
E. 2-4-6

3. Perhatikan skema jaring-jaring makanan di bawah ini:
Bila populasi zooplankton berkurang maka akan diikuti penurunan populasi….
A. Ikan besar
B. Ikan kecil
C. Udang

D. pengurai
E. fitoplankton
 
4. Peranan dekomposer terhadap kesuburan tanah adalah….
A. Menyusun senyawa-senyawa organik
B. Menguraikan bahan-bahan organik
C. Menambah kandungan bahan organik
D. Meningkatkan pH tanah
E. Meningkatkan porositas (lubang) tanah

5. Berdasarkan kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewan yang aktif berenang tanpa terpengaruh oleh arus air dinamakan….
A. Nekton
B. Plankton
C. Peuston

D. bentos
E. perifiton

6. Kelompok tumbuhan padi yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu….
A. Species
B. individu
C. ekosistem

D. komunitas
E. populasi
 
7. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat.
1) Ikan karnivor 
2) Bakteri pengurai
3) Fitoplankton

4) Ikan herbivore
5) Zat-zat organik 
Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yaitu dengan urutan….
A. 3-4-5-1-2
B. 2-5-3-4-1
C. 5-3-4-2-1

D. 3-4-1-5-2
E. 5-3-4-1-2

8. Dinamika populasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali….
A. Imigrasi
B. Natalitas
C. Mortalitas

D. emigrasi
E. transmigrasi

9. Dalam ekosistem perairan banyak ditemukan Rhodophyta (alga merah) berperan sebagai….
A. detritivor
B. herbivor
C. karnivor

D.produsen
E. pengurai

10. Di dalam ekosistem sawah, yang merupakan konsumen primer adalah….
A. Burung hantu 
B. Burung elang
C. Burung pipit

D. Burung bangau
E. Burung prenjak 
 
11. Pada suatu areal terdapat populasi sebagai berikut.
1) Padi
2) Burung pipit
3) Tikus
4) Belalang

5) katak 
6) ulat 
7) ular
Bila populasi ular dimusnahkan akan berakibat….
A. Populasi katak meningkat, populasi belalang menurun
B. Populasi tikus meningkat, populasi belalang meningkat
C. Populasi ulat menurun, populasi padi meningkat
D. Populasi burung meningkat, populasi padi menurun
E. Populasi katak meningkat, populasi tikus menurun

12. Pada suatu areal terdapat populasi sebagai berikut.
1) Padi
2) Burung pipit
3) Tikus
4) Belalang

5) katak
6) ulat 
7) ular 
Interaksi yang terjadi antara tikus dan burung pipit adalah….
A. predasi
B. kompetisi
C. netral

D. parasit
E. komensalis

13. Bintil-bintil akar ditemukan pada akar kacang-kacangan merupakan bentuk interaksi antara tanaman dan bakteri Rhizobium. Interaksi ini ….
A. Tanaman kedelai dirugikan karena akar jadi membesar
B. Tanaman kedelai diuntungkan karena mendapat sumber nitrogen
C. Bakteri dirugika karena tidak dapa berkembang biak
D. Bakteri diuntungkan karena mendapat sumber nitrogen
E. Bakteri dan tanaman kedelai sama-sama dirugikan

14. Skema di bawah ini adalah jaring-jaring makanan pada ekosistem laut:
Bila populasi ikan kecil menurun, maka akan mengakibatkan….
A. Populasi udang menurun
B. Populasi ikan sedang meningkat
C. Populasi udang meningkat
D. Populasi kakap meningkat
E. Populasi udang menurun

15. Ditemukan ciri-ciri ekosistem darat.
1) Curah hujan sangat rendah
2) Perbedaan suhu siang malam mencolok
3) Evaporasi (penguapan) lebih tinggi
4) Tumbuhan berdaun kecil (bentuk jarum)
5) Fauna kelompok hewan melata
Dapat kita asumsikan bahwa bioma tersebut adalah…
A. hutan basah
B. hutan gugur
C. gurun

D. taiga
E. tundra

16. Pada piramida energi, energi akan semakin berkurang dari trofik dasar sampai trofik puncak. Kehilangan energi itu terjadi karena….
A. jumlah individu dari trofik dasar semakin besar
B. penurunan biomassa
C. konsumen kedua memakan konsumen pertama
D. respirasi dan aktifitas metabolisme
E. penurunan jumlah organisme

17. Sebagian besar biomassa yang diperoleh tumbuhan selama tumbuh berasal dari….
A. Senyawa organik dalam tanah yang diambil oleh akar
B. Mineral larut di dalam air dan di ambil oleh akar
C. Karbon dioksida di udara melalui stomata (mulut daun)
D. Energi matahari yang ditangkap klorofil
E. Karbon dari serasah daun yang hancur dalam tanah

18. Jika terjadi letusan gunung berapi yang memusnahkan organisme di tempat tersebut, dalam beberapa tahun kemudian akan terjadi kehidupan di tempat tersebut. Urutan tumbuhan yang mungkin tumbuh di tempat tersebut adalah….
A. Lumut-tumbuhan paku-tumbuhan berbiji
B. Tumbuhan paku-lumut-tumbuhan berbiji
C. Tumbuhan berbiji-tumbuhan paku-lumut
D. Tumbuhan paku-lumut-tumbuhan berbiji
E. Tumbuhan berbiji-lumut-tumbuhan paku

19. Dalam daur karbon, kandungan karbon dioksida digunakan untuk …
A. respirasi
B. fotosintesis
C. menarik oksigen

D. bernapas
E. katabolisme
 
20. Peranan bakteri Rhizobium dalam siklus nitrogen adalah….
A. mengubah nitrat menjadi gas nitrogen
B. mengubah urea menjadi ammonia
C. mengubah nitrit menjadi nitrat
D. mengubah ammonia menjadi nitrit
E. mengikat gas nitrogen bebas di udara


JAWABAN


1.  Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut….
A. Ekosistem               D. habitat
B. Populasi                   E. bioma
C. genetika

2.  Di bawah ini adalah beberapa ciri ekosistem air.
1)  Tidak dipengaruhi oleh iklim dan cuaca
2)  Variasi suhu di daerah sekitar rendah
3)  Penetrasi cahaya matahari kurang
4)  Konsentrasi makanan sangat luas
5)  Salinitas rendah bahkan lebih rendah dari protoplasma
6) Arus air selalu mengalamai perputaran.
Yang merupakan ciri ekosistem air tawar adalah….
A. 1-2-5                        D. 2-3-5
B. 1-3-6                        E. 2-4-6
C. 1-4-6

3.  Perhatikan skema jaring-jaring makanan di bawah ini:
     

     Bila populasi zooplankton berkurang maka akan diikuti penurunan populasi….
A. Ikan besar                D. pengurai
B. Ikan kecil                 E. fitoplankton
C. Udang

4.  Peranan dekomposer terhadap kesuburan tanah adalah….
A. Menyusun senyawa-senyawa organik
B. Menguraikan bahan-bahan organik
C. Menambah kandungan bahan organik
D. Meningkatkan pH tanah
E. Meningkatkan porositas (lubang) tanah

5. Berdasarkan kategori kehidupan pada ekosistem perairan, hewan yang aktif berenang tanpa terpengaruh oleh arus air dinamakan….
A. Nekton                     D. bentos
B. Plankton                    E. perifiton
C. Peuston

6.  Kelompok tumbuhan padi yang hidup di sebidang sawah, berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu….
A. Species                     D. komunitas
B. individu                    E. populasi
C. ekosistem

7.  Dalam suatu ekosistem kolam terdapat.
1) Ikan karnivor           4) Ikan herbivore
2) Bakteri pengurai      5) Zat-zat organik
3) Fitoplankton
Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yaitu dengan urutan….
A. 3-4-5-1-2                 D. 3-4-1-5-2
B. 2-5-3-4-1                 E. 5-3-4-1-2
C. 5-3-4-2-1

8.   Dinamika populasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali….
A. Imigrasi                    D. emigrasi
B. Natalitas                   E. transmigrasi
C. Mortalitas

9.  Dalam ekosistem perairan banyak ditemukan Rhodophyta (alga merah) berperan sebagai….
A. detritivor                 D.produsen
B. herbivor                  E. pengurai
C. karnivor

10. Di dalam ekosistem sawah, yang merupakan konsumen primer adalah….
A. Burung hantu           D. Burung bangau
B. Burung elang          E. Burung prenjak
C. Burung pipit
11. Pada suatu areal terdapat populasi sebagai berikut.
1)  Padi                        5) katak 
2)  Burung pipit            6) ulat
3)  Tikus                      7) ular
4)  Belalang
Bila populasi ular dimusnahkan akan berakibat….
A. Populasi katak meningkat, populasi belalang menurun
B. Populasi tikus meningkat, populasi belalang meningkat
C. Populasi ulat menurun, populasi padi meningkat
D. Populasi burung meningkat, populasi padi menurun
E. Populasi katak meningkat, populasi tikus menurun

12. Pada suatu areal terdapat populasi sebagai berikut.
1)  Padi                        5) katak 
2)  Burung pipit            6) ulat
3)  Tikus                      7) ular
4)  Belalang
Interaksi yang terjadi antara tikus dan burung pipit adalah….
A. predasi                      D. parasit
B. kompetisi                 E. komensalis
C. netral

13. Bintil-bintil akar ditemukan pada akar kacang-kacangan merupakan bentuk interaksi antara tanaman dan bakteri Rhizobium. Interaksi ini ….
A. Tanaman kedelai dirugikan karena akar jadi membesar
B. Tanaman kedelai diuntungkan karena mendapat sumber nitrogen
C. Bakteri dirugika karena tidak dapa berkembang biak
D. Bakteri diuntungkan karena mendapat sumber nitrogen
E. Bakteri dan tanaman kedelai sama-sama dirugikan

14. Skema di bawah ini adalah jaring-jaring makanan pada ekosistem laut:

Bila populasi ikan kecil menurun, maka akan mengakibatkan….
A. Populasi udang menurun
B. Populasi ikan sedang meningkat
C. Populasi udang meningkat
D. Populasi kakap meningkat
E. Populasi udang menurun

15. Ditemukan ciri-ciri ekosistem darat.
1)  Curah hujan sangat rendah
2)  Perbedaan suhu siang malam mencolok
3)  Evaporasi (penguapan) lebih tinggi
4)  Tumbuhan berdaun kecil (bentuk jarum)
5)  Fauna kelompok hewan melata
Dapat kita asumsikan bahwa bioma tersebut adalah…
A. hutan basah            D. taiga
B. hutan gugur            E. tundra
C. gurun

16. Pada piramida energi, energi akan semakin berkurang dari trofik dasar sampai trofik puncak. Kehilangan energi itu terjadi karena….
A. jumlah individu dari trofik dasar semakin besar
B. penurunan biomassa
C. konsumen kedua memakan konsumen pertama
D. respirasi dan aktifitas metabolisme
E. penurunan jumlah organisme

17. Sebagian besar biomassa yang diperoleh tumbuhan selama tumbuh berasal dari….
A. Senyawa organik dalam tanah yang diambil oleh akar
B. Mineral larut di dalam air dan di ambil oleh akar
C. Karbon dioksida di udara melalui stomata (mulut daun)
D. Energi matahari yang ditangkap klorofil
E. Karbon dari serasah daun yang hancur dalam tanah

18. Jika terjadi letusan gunung berapi yang memusnahkan organisme di tempat tersebut, dalam beberapa tahun kemudian akan terjadi kehidupan di tempat tersebut. Urutan tumbuhan yang mungkin tumbuh di tempat tersebut adalah….
A. Lumut-tumbuhan paku-tumbuhan berbiji
B. Tumbuhan paku-lumut-tumbuhan berbiji
C. Tumbuhan berbiji-tumbuhan paku-lumut
D. Tumbuhan paku-lumut-tumbuhan berbiji
E. Tumbuhan berbiji-lumut-tumbuhan paku

19.  Dalam daur karbon, kandungan karbon dioksida digunakan untuk …
A. respirasi                   D. bernapas
B. fotosintesis              E. katabolisme
C. menarik oksigen

20. Peranan bakteri Rhizobium dalam siklus nitrogen adalah….
A. mengubah nitrat menjadi gas nitrogen
B. mengubah urea menjadi ammonia
C. mengubah nitrit menjadi nitrat
D. mengubah ammonia menjadi nitrit
E. mengikat gas nitrogen bebas di udara

1 comment:

Anonymous said...

makasih tulisannya..
lumayan sebagai tambahan bacaan dalam kuliah Ekologi Hutan yg saya ambil...
^.^

Support web ini

BEST ARTIKEL