Thursday, March 25, 2010

PRE TEST KLASIFIKASI + EKOLOGI

SOAL

1. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan dekat adalah yang memiliki ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak memiliki persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan

2. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

3. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk menentukan kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

4. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi adalah sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum


5. Tokoh pelopor sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu ....
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke

6. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.

  1. Panthera leo 
  2. Canis familiaris 
  3. Cavia cobaya 
  4. Panthera tigris 
Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

7. Pasangan berikut ini yang memiliki kekerabatan paling dekat,yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah

8. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis jagung adalah ....
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.

9. Nama ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera L. Arti huruf L adalah ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. singkatan nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas

10. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak memiliki dinding sel
d. tidak memiliki membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit

11. Jika kamu seorang ahli klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki
ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut?
a. Kingdom animalia
b. Kingdom monera
c. Kingdom protista
d. Kingdom fungi
e. Kingdom plantae

12. Kunci dikotomi, mengklasifikasikan organisme dengan membagi kelompoknya enjadi ....
a. empat kelompok yang lebih kecil
b. dua kelompok yang lebih kecil
c. tiga kelompok yang lebih kecil
d. tiga atau empat kelompok yang lebih kecil
e. dua atau lebih kelompok yang lebih kecil

13. Tingkat takson hewan yang terbesar adalah ....
a. Phyllum
b. Species
c. Divisio
d. Genus
e. Familia

14. Sistem klasifikasi yang berdasarkan cara memperoleh makanan menghasilkan
kingdom ....
a. fungi, animalia, dan plantae
b. fungi dan animalia
c. virus dan monera
d. plantae dan animalia
e. fungi, monera, dan plantae

15. Urutan takson dalam klasifikasi hewan dari takson yang terkecil hingga ke takson yang terbesar adalah ....
a. species-genus-familia-ordo-classis-phyllum
b. species-ordo-genus-familia-classis-phyllum
c. species-familia-genus-ordo-classis-phyllum
d. classis-phyllum-ordo-familia-genus-species
e. classis-phyllum-familia-ordo-genus-species

16. Di dalam sistem klasifikasi, Solanum tuberosum dan Solanum lycopersicum
termasuk ke dalam satu takson, yaitu pada tingkat ....
a. classis
b. ordo
c. familia
d. genus
e. species

17. Tanaman kapri (Pisum sativum) yang digunakan oleh Mendel untuk percobaan genetika, termasuk satu familia dengan ....
a. bawang putih (Allium sativum)
b. nanas (Ananas sativus)
c. mentimun (Cucumis comosus)
d. kedelai (Soja max)
e. semangka (Citrullus vulgaris)

8. Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ....
a. divisio
b. familia
c. classis
d. genus
e. ordo

19. Kata indica dari Mangifera indica, sebagai penunjuk ....
a. species
b. familia
c. ordo
d. divisio
e. genus

20. Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur, morfologi, anatomi, fisiologi dan struktur alat reproduksinya adalah sistem klasifikasi ....
a. alami
b. konvergen
c. buatan
d. divergen
e. filogenik

21. Yang bukan merupakan perbedaan antara monokotil dan dikotil dilihat dari ciri khasnya, terdapat pada ....
a. susunan akarnya
b. susunan anatomi batangnya
c. morfologi bunganya
d. sifat haploid sel kelaminnya
e. bangun dasar daunnya

22. Suatu tumbuhan dengan ciri-ciri akarnya tunggang, bercabang, daun umumnya sempit dan kaku, organ reproduksi berupa strobilus. Dari ciri-ciri tersebut maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan tersebut tergolong ....
a. thallophyta
b. monokotil
c. dikotil
d. angiospermae
e. gymnospermae

23. Pada pasangan tanaman di bawah ini, manakah yang paling banyak memiliki kesamaan ciri ....
a. Citrus nobilis dan Citrus maxima
b. Citrus maxima dan Shorgum vulgare
c. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
d. Shorghum vulgare dan Phaseolus vulgaris
e. Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris

24. Misalnya dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetik yang sama tetapi fenotipe keduanya berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh ....
a. lingkungan yang berbeda
b. faktor reproduksi
c. makanan yang berbeda
d. sumber nutrisi yang berbeda
e. faktor keturunan

25. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup adalah ....
a. identifikasi
b. taksonomi
c. klasifikasi
d. pencandraan
e. anatomi biogeografi

26. Tujuan dari klasifikasi adalah ....
a. mencari perbedaan makhluk hidup
b. mencari kesamaan dan perbedaan makhluk hidup
c. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
d. setiap makhluk hidup diberi satu nama
e. mengidentifikasikan tumbuhan untuk herbarium

27. Salah satu dasar untuk mengklasifikasikan makhluk hidup adalah seperkembangan evolusinya. Ini berarti setiap makhluk hidup yang ....
a. berbeda fillumnya berarti dekat kekerabatannya
b. makin tinggi taksonnya makin dekat kekerabatannya
c. speciesnya berlainan maka makin dekat kekerabatannya
d. makin dekat kekerabatannya makin banyak pula persamaan sifatnya
e. makin tinggi tingkat taksonnya maka makin banyak pula persamaannya

28. Manfaat utama pemberian nama species dengan sistem tata nama ganda ada
a. mudah dihafal oleh semua orang
b. ditulis dengan bahasa latin
c. hanya satu nama diberikan untuk satu jenis organisme
d. setiap jenis organisme dapat dikelompok-kelompokkan
e. mudah untuk mengetahui ciri-ciri organisme

29. Dari nama ilmiah di bawah ini yang termasuk ke dalam nama suku adalah
a. solanaceae
b. equisetinae
c. pandanales
d. selaginales
e. solanum

30. Cara penulisan species pada tumbuhan berikut yang benar adalah ....
a. Hibiscus rosasinensis
b. Hibiscus Rosasinensis
c. Hibiscus rosasinensis
d. Hibiscus Rosasinensis
e. Hibiscus Rosasinensis

31. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu contoh bakteri yang membantu proses tersebut misalnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter

32. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin dekat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen adalah sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring makanan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut

33. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi

34. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak adalah . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang dapat memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang memiliki jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang memiliki jumlah individu terkecil

35. Hubungan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan adalah . . . .
a. jaring makanan menyusun rantai makanan
b. memiliki organisme yang sama
c. rantai makanan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. memiliki penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama

36. Manfaat kita mempelajari aliran energi yang terjadi dalam ekosistem adalah . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin mencintai lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem

37. Dalam ekosistem tersusun atas:
1) Ikan karnivora
2) Bakteri pengurai
3) Fitoplankton

4) Ikan herbivora
5) Zat-zat organik
Dari beberapa komponen yang ada di atas, dapat disusun suatu rantai makanan dengan susunan urutan
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 4, 3, 1, dan 2
c. 5, 2, 3, 4, dan 1
d. 5, 3, 4, 1, dan 2
e. 5, 1, 3, 2, dan 4

38. Hal yang terjadi jika suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . .
a. penyebarannya terbatas
b. mudah mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak

39. Ketika sulfur dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini adalah dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik

40. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- pengurai


TRY AGAIN


1. The study of the interrelationships of living organisms and their environment is:

A ecosystem
B environment
C ecology

2. All the living and non-living conditions that act on an organism and affect its chances of survival is the:
A ecology
B living factor
C environment

3. Another term meaning 'living' is:
A biology
B ecological
C biotic

4. Another term for 'non-living' is:
A biotic
B dead
C abiotic

5. All the organisms in a particular area at a given time is the:
A species
B community
C habitat

6. The number of a particular species in an area at a given time is the:
A community
B population
C species

7. The area in which an organism lives is its:
A range
B habitat
C nesting site

8. Another term for 'on land' is:
A aquatic
B marine
C terrestrial

9. The role or position a species occupies in a community is its:
Ahabitat
Bniche
Cmicro-habitat

10. A natural unit of living and non-living parts that interacts to produce a stable system in which the exchange of materials between living and non-living parts follows a circular path is called:
Aa cycle
Ban environment
Can ecosystem

11. Photosynthesis is the process used by plants to:
Aproduce carbon dioxide
Bproduce oxygen
Ctake in nitrogen dioxide

12. Aquatic abiotic factors include:
Anumber of marine predators
Bamount of algae for food
Cwater temperature and pressure

13. What aspects of sunlight affect plants?
ATurbidity and salinity
BDuration and intensity
CGeotropism and intensity

14. What is the difference between the terms 'freshwater' and 'marine'?
AFreshwater = seawater; Marine = lake water
BFreshwater = stationary; Marine = moving
CFreshwater = low dissolved salt; Marine = high dissolved salt

15. Two factors that affect the population of a species are:
Aavailable resources (food, water, shelter)
Bactivities of other organisms (predators, disease-causing parasites)
Cboth of the above



16. Biotic relationships involves interactions between:
A organisms and their living and non-living surroundings
B living organisms of different species
C organisms of the same species

17. The term 'symbiosis' means the 'living together' of different organisms for a:
A permanent association always
B short time
C long time

18. The symbiotic relationship where two different organisms both benefit is called:
A commensalism
B mutualism
C predator-prey relationship

19. A tick lives on a dog. In this case, the dog is the:
A parasite
B prey
C host

20. A parasite derives nutrients from its host but does not kill it. This is because it:
A would lose its food source
B cannot kill the host
C the host would kill it

21. Lions hunt and kill antelopes. The antelopes are the:
A predators
B prey
C hosts

22. An example of commensalism where one organism benefits from the relationship but the other is neither helped nor harmed is:
A a leech living on a possum
B E. Coli bacteria in the gut
C influenza virus in the lungs

23. Sheep and rabbits require the same food - grass. This is an example of:
A mutualism
B competition
C greed

24. The living thing formed from the mutualistic association of an alga and a fungus is the:
Alichen
Bmushroom
Cseaweed

25. The clown fish living inside the sea anemone is an example of:
Acommensalism
Bpredation
Cparasitism

26. The resources for which organisms compete may be:
Afood and water
Bnesting sites
Cboth of the above

27 Beneficial bacteria in the gut produce Vitamin C for humans and in return use the digested food for their food source. This is an example of:
Apredation
Bparasitism
Cmutualism

28. The term 'biotic' means:
Asurvival
Bnon-living
Cliving

29. One other resource for which organisms compete apart from food and water is:
Aspace such as nesting sites
Bdisease such as bacteria
Cozone

30. The name for the relationship between the water buffalo and the small bird which rids the buffalo of annoying ticks and other parasites is:
Amutualism
Bparasitism
Cneither of the above
  
 
SOAL EKOLOGI DASAR SMP
 
 
1.      Pernyataan berikut yang tidak terkait dengan pengertian ekosistem adalah...
A.     Ekosistem dibangun oleh komponen utama, yaitu komponen energi, abiotik, biotik, dan siklus materi
B.     Dalam suatu ekosistem, terdapat interaksi dan saling berpengaruh antara komponen-komponennya
C.     Saling ketergantungan antar komponen abiotik dengan konsumen bergantung pada produsen
D.     Lingkungan dalam ekosistem akan membentuk suatu hubungan timbal balik

2.      Dalam ekosistem, kingdom Fungi  mempunyai peran sebagai...
A.     Produsen
B.     Konsumen 1
C.     Konsumen 2
D.     Dekomposer

3.      Pernyataan-pernyataan berikut ini yang tidak benar adalah…
A.     Antara ilalang dan gulma lain membentuk hubungan kompetisi
B.     Di alam ada organisme yang tidak membentuk interaksi dengan komponen ekosistem lainnya
C.     Bakteri Escherichia coli memiliki hubungan yang saling menguntungkan dengan manusia
D.     Sesama tumbuhan gulma akan membentuk simbiosis yang saling menguntungkan untuk menyerang tanaman budidaya

4.      Matahari dikatakan sebagai sumber energi utama dari suatu ekosistem karena…
A.     Matahari dapat mempengaruhi perilaku kehidupan
B.     Energi matahari diubah oleh organisme autotrof menjadi bahan organik
C.     Semua organisme heterotrof menggunakan matahari sebagai sumber energi
D.     Organisme autotrof tidak dapat menggunakan energi lampu

5.      Perhatikan komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem berikut:
1)      Ikan
2)      Air
3)      Siput
4)      tanah
5)      Lele
6)      Teratai
7)      Batu
8)      rumput
Komponen yang merupakan komunitas adalah nomor...
A.     1, 2, 3, dan 6
B.     1, 3, 5, dan 6
C.     2, 4, 6, dan 8
D.     2, 4, 5, dan 8

6.      Aktivitas berikut yang merupakan upaya mengurangi pencemaran udara adalah… 

A.     Menanam pohon
B.     Mengkonsumsi produk-produk lokal
C.    Menggunakan produk teknologi canggih
D.    Mendaur ulang bahan-bahan bekas pakai

7.      Perhatikan aktivitas berikut:
1)      Menghindari kerusakan habitat
2)      Menghindari pemanfaatan berlebihan terhadap sumber daya biologi
3)      Menghindari kompetisi spesies lokal dengan luar
4)      Menghindari reboisasi
Upaya mempertahankan keanekaragaman biologi dapat dilakukan dengan cara…
A.     1, 2, dan 3
B.     2, 3, dan 4
C.     3, 4, dan 1
D.     4, 2, dan 1

8.      Pelestarian komodo di pulau komodo merupakan usaha pelestarian secara…
A.     Ex situ
B.     In vivo
C.     In situ
D.     Ex vivo

9.      Berikut yang bukan manfaat pelestarian keanekaragaman biologi adalah…
A.     Mendapatkan sumber makanan baru
B.     Mengetahui asal usul kehidupan
C.     Mendapatkan sumber bahan kerajinan
D.     Mencegah kepunahan

10.  Salah satu cara mengatasi atau mencegah terjadinya pencemaran adalah....

A.     mencegah industrialisasi
B.     mengatur komponen yang masuk dalam suatu ekosistem
C.    mengatur jumlah manusia
D.    menjaga kelestarian lingkungan atau alam

11.  Pertumbuhan penduduk bumi dapat mempengaruhi kesimbangan ekosistem karena…
A.     Bila terjadi kenaikan tingkat kelahiran yang tinggi akan membutuhkan tambahan sumber daya alam yang banyak
B.     Bertambahnya jumlah penduduk akan memerlukan banyak lahan pertanian
C.     Sebagai konsumen puncak jumlah manusia harus lebih sedikit dibanding makhluk hidup lainnya
D.     Dalam ekosistem bumi manusia hanya bersifat sebagai herbivora. Oleh karena itu jumlahnya harus lebih sedikit dari tumbuhan

12.  Manakah berikut ini mungkin terjadi di dalam suatu ekosistem?
A.     Ketika jumlah mangsa menurun, jumlah predator meningkat
B.     Ketika jumlah jumlah mangsa meningkat, predator meningkat
C.     Ketika jumlah mangsa meningkat, jumlah predator menurun
D.     Ketika jumlah mangsa meningkat, jumlah predator tidak terpengaruh

13.  Seorang petani memiliki kebun seluan 10.000 m2. di dalam kebun ditemunkan 200 ekor belalang, 700 ekor cacing, dan 500 rumput ilalang. Kepadatan populasi rumput ilalang per m2 adalah…
A.     50
B.     5
C.     0,5
D.     0,05

14.  Penduduk dapat berkembang pesat karena...
A.     Produksi bahan makanan yang cukup
B.     Kemajuan di bidang kedokteran
C.     Tidak ada peperangan
D.     Banyaknya dukun bayi (banyaknya orang yang membantu proses kelahiran)

15.  Pembukaan hutan karena kebutuhan manusia terhadap lahan pertanian dapat menimbulkan masalah baru bila manusia tidak bijak menjalankannya. Hal-hal dibawah ini adalah akibat negatif dari masalah diatas, kecuali…
A.     Timbulnya erosi dan banjir dimana-mana
B.     Timbulnya longsor dan banjir bandang
C.    Rusaknya habitat makhluk hidup
D.    Terpenuhinya semua kebutuhan manusia

Support web ini

BEST ARTIKEL