RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi :
- Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
- Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
- Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
- Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.
Karakter siswa yang diharapkan
- Disiplin ( Discipline )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
- Adaptasi Makhluk Hidup
- Seleksi Alam
- Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
- Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
- Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
- Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Ada berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
- Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi- Guru: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
- Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
- Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
- Siswa diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: - Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING
Kegiatan Penutup
- Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
- Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
- Siswa dapat menjelaskan ciri ciri mahkluk hidup dan terciptanya variasi
- Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi mahkluk hidup dan tujuannya
- Siswa dapat mendata contoh variasi type paruh burung Finch di Galapagos dan memahami mengapa demikian
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
- Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan makhluk hidup
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
- membantu menyelesaikan masalah
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING
Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Alat dan bahan
Sumber Belajar
- Buku IPA Terpadu
- Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
- http//www.biologigonz.blogspot.com
Mengetahui Jakarta , Juli 2011
Kepala Selo;ah Guru Mapel Biologi
Kepala Selo;ah Guru Mapel Biologi
TEORI
Tumbuhan Xerofit yaitu tumbuhan yang hidup apad aderah yang kekurangan air/minim air. Contohnya
Contohnya adalah
Biasanya termasuk tumbuhan dataran rendah dan dataran tinggi yang meliputi tumbuhan tingkat tinggi.
Ciri adaptasi :
Contoh : pada tanaman bunga Oenothera lamarckiana yang mempunyai 14 kromosom, karena adanya peristiwa gagal berpisah (non- disjungtion) terjadi keturunan dengan 28 kromosom yang kemudian diberi nama Oenothera gigas.
Kedua Oenothera tersebut dibedakan spesiesnya oleh karena pada persilangan antara keduanya akan menghasilkan keturunan yang triploid dan kemudian ternyata steril.
ADAPTASI
- Merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan keadaan lingkungan sekitarnya.
- Masing-masing individu mempunyai cara yang berbeda dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya,
- ada yang mengalami perubahan bentuk tubuh (adapatasi Morfologi)
- ada yang mengalami perubahan proses metabolisme tubuh (adaptasi Fisiologi)
- dan ada juga yang mengalami perubahan sikap dan tingkah laku (adaptasi tingkah laku).
- Adapatasi akan dilakukan oleh makhluk hidup bila keadaan lingkungan sekitarnya membahayakan atau tidak menguntungkan bagi dirinya, sehingga perlu untuk menyelamatkan atau mempertahankan kehidupannya.
Macam Adaptasi :
1. Adaptasi MORFOLOGI
- Merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup yang memperlihatkan perubahan bentuk dan struktur tubuh.
Pada Hewan
Ciri adaptasi hewan darat :
- Kulit tebal dengan lapisan zat tanduk.
- Anggota gerak tubuh disesuaikan dengan habitat.
- Pada daerah tertentu seperti gurun pasir, mempunyai kantung air seperti pada Unta.
- Tubuhnya berbentuk torpedo (stream line).
- Permukaan tubuh licin karena berlendir.
- Anggota gerak tubuh berupa sirip.
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Paruh bentuk sisir, bagian atas agak melengkung pada Pelican, Flamingo untuk menyaring makanan yang berupa algae, udang kecil dan rumput laut.
- Paruh bentuk kecil, runcing dan panjang pada Kolibri untuk menghisap madu.
- Paruh bentuk pendek dan kuat pada Nuri, Pipit, Kakatua, Gelatik untuk memakan biji-bijian.
- Paruh bentuk pendek, besar, kuku dan kuat pada Elang, Rajawali untuk mengoyak mangsanya.
- Paruh bentuk pipih pada Itik, Bebek untuk mengambil makanan yang diperairan (ikan atau udang kecil, algae).
- Paruh bentuk pahat pada Pelatuk untuk memahat batang pohon yang telah lapuk.
- Kaki pencekram dengan cakar bentuk yang kuat, tajam dan pendek pada Elang, Rajawali, burung Hantu untuk mencengkram mangsanya.
- Kaki perenang dengan selaput renang pada Itik, Bebek, Angsa , Pelikan untuk mendayung saat berenang di air.
- Kaki yang kuat pada Kasuari untuk berlari atau berjalan.
- Kaki pemanjat dengan dua jari kearah depan dan dua jari kearah belakang pada Pelatuk untuk memanjat pohon.
- Kaki burung petengger dengan jari yang panjang dan semua jari terletak pada satu bidang datar. Dijumpai pada Kutilang, Kenari, Poksai, Finch, Wambi untuk hinggap diranting-ranting pohon.
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Tipe mulut menggigit dan mengunyah pada Belalang, Jangkrik.
- Tipe mulut menusuk dan menghisap pada Nyamuk.
- Tipe mulut menghisap pada Kupu-kupu.
- Tipe mulut menghisap dan menjilat pada Lebah madu dan Lalat
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Gigi taring (dens caninus) besar dan runcing pada hewan Carnivora untuk menagkap dan mengoyak daging.
- Gigi geraham depan (dens premolare) dan geraham belakang (dens molare) berbentuk lebar dan datar. Dijumpai pada hewan memamah biak (hewan Ruminansia) untuk mengunyah, menggilas dan menghaluskan rumput/daun-daunan.
Tumbuhan Xerofit yaitu tumbuhan yang hidup apad aderah yang kekurangan air/minim air. Contohnya
- Kurma
- Kaktus.
- Batang yang lunak kaya akan air untuk mencukupi kebutuhan air.
- Lapisan lilin/kutikula pada batang yang tebal untuk mengurangi penguapan.
- Akar serabut yang panjang untuk mencari air dan Hara mineral.
- Daun yang kecil berbentuk duri untuk mengurangi penguapan.
- Teratai
- Eceng Gondok (Eicchornia crassipes)
- Kangkung
- Paku air (Azolla pinata)
- Daun yang lebar, tipis dan banyak stomata untuk mempercepat penguapan.
- Akar serabut dan tangkai yang berongga yang kaya akan Oksigen sehingga memungkinkan untuk mengapung.
Contohnya adalah
- Golongan Bryophyta (Lumut)
- Pterydophyta (Paku),
- Talas/Keladi
- Daun lebar dan tipis untuk mempercepat penguapan.
- Memiliki stomata lebih banyak dari golongan Xerofit.
- Memiliki lapisan lilin/kutikula yang tipis.
- Sering melakukan gutasi (yaitu penetesan pada ujung daun melalui celah pada tepi daun yang disebut hidatoda/gutatoda).
Biasanya termasuk tumbuhan dataran rendah dan dataran tinggi yang meliputi tumbuhan tingkat tinggi.
Ciri adaptasi :
- Daun kecil dan tebal.
- Stomata sedikit.
- Kulit luar yang tebal.
Evolusi ialah
proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang
lama. Dikenal 2 macam evolusi:
1. Evolusi progresif : evolusi meonju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive).
1. Evolusi progresif : evolusi meonju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive).
2. Evolusi regresif (retrogreslf) : evolusi
menuju pada kemungkinan menjadi punah.
Teori evolusi
merupakan perpaduan antara ide (gagasan) den fakta (kenyataan). Yang dianggap
sebagai pencetus ide evolusi ialah Charles Darwin (1809-1892)
yang menerbitkan buku mengenai asal mula spesies pada tahun 1859, dengan judul "On
the ofiginof species by means of natural selection" atau "The
preservation of favored races in the struggle for life".
Alfred Wallace
(1823-1913) secara terpisah mengembangkan pemikirannya dan menghasilkan
konsepsi yang sama dengan pendapat Charles Darwin.
Joseph Hooker,
teman Charles Darwin menggabungkan tulisan Alfred Wallace den Charles
Darwin. Judul kedua tulisan tersebut menjadi "On the tendency of
species to from vafieties and on the perpetuation of vafieties and species by
natural means of selection".
Yang dianggap
mengilhami Charles Darwin dengan gagasan evolusinya adalah
1. Jean Baptiste Lamarck (ahli biologi Pera~uis, 1744-1829). Yang idenya mengenai evolusi dituangkan dalam bukunya "Philosophic Zoologique".
Inti isi buku tersebut :
1. Jean Baptiste Lamarck (ahli biologi Pera~uis, 1744-1829). Yang idenya mengenai evolusi dituangkan dalam bukunya "Philosophic Zoologique".
Inti isi buku tersebut :
1. Alam sekitar/lingkungan
(environment) mempunyai pengaruh pada ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan.
2. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (auquired characters) akan diwariskan kepada keturunannya.
3. Organ yang digunakan akan berkembang, sedan" yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran.
2. Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat (auquired characters) akan diwariskan kepada keturunannya.
3. Organ yang digunakan akan berkembang, sedan" yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran.
2. Sir Charles
Lyell (ahli geologi
Inggris, 1797-1875).Yang menerbitkan buku mengenai prinsip-prinsip geologi "Principles
of Geology" (1830) menyatakan bahwa batuan, pulau-pulau dan benua
selalu mengalami perubahan.
3. Thomas Robert Mathus (ahli ekonomi den kependudukan Inggris).
3. Thomas Robert Mathus (ahli ekonomi den kependudukan Inggris).
Pro dan kontra tentang berbagai pendapat tentang masalah evolusi
1. Lamarck vs Weismann :
Weismann (biologiawan Jerman 1834-1912) menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh.
1. Lamarck vs Weismann :
Weismann (biologiawan Jerman 1834-1912) menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh.
Percobaannya
: Dia mengawinkan 2 ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata
keturunannya tetap berekor panjang. Keadaan initetap berlangsung meskipun
dilakukan sampai 20 generasi.
2. Lamarck
vs Darwin :
Mereka berbeda pendapat mengenai "munculnya" jerapah berleher panjang. Menurut Lamarck : semula jerapah berleher pendek karena makanan yang berupa daun makin berkurang maka dari generasi ke generasi leher jerapah semakin panjang untuk menjangkau daun yang semakin tinggi letaknya.
Mereka berbeda pendapat mengenai "munculnya" jerapah berleher panjang. Menurut Lamarck : semula jerapah berleher pendek karena makanan yang berupa daun makin berkurang maka dari generasi ke generasi leher jerapah semakin panjang untuk menjangkau daun yang semakin tinggi letaknya.
Menurut
Darwin : dalam populasi jerapah ada yang berleher panjang dan berleher pendek.
Dalam kompetisi mendapatkan makanan jerapah berleher panjang tetap bertahan
hidup jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan.
3. Spesiasi
atau terjadinya spesies baru:
Ada pendapat spesies baru bisa terjadi dari spesies yang sudah ada karena interaksi antara faktor luar dan faktor dalam. Mekanismenya dapat dijelaskan dengan rumus :
Ada pendapat spesies baru bisa terjadi dari spesies yang sudah ada karena interaksi antara faktor luar dan faktor dalam. Mekanismenya dapat dijelaskan dengan rumus :
F
= G + L,
F
= fenotip,
G = genotip,
L = lingkungan
G = genotip,
L = lingkungan
maka
bila F1 →F2 →F3 →F4 → F5 → .............. F12, dimana F12 mungkin sudah jauh
berbeda dengan F1 sehingga F12 dapat dinyatakan sebagai spesies baru.
Untuk dapat
memahami masalah evolusi, perlu dipahami pengertian-pengertian berikut :
A. Pengertian Spesies
A. Pengertian Spesies
Populasi-populasi
yang masih mungkin mengadakan pertukaran gen dikatakan termasuk dalam satu
spesies.
Variasi atau perbedaan morfologi fisiologi ataupun kelakuan tidak menjadi alasan dipisahkannya dua populasi menjadi dua spesies yang berbeda.
Variasi atau perbedaan morfologi fisiologi ataupun kelakuan tidak menjadi alasan dipisahkannya dua populasi menjadi dua spesies yang berbeda.
B. lsolasi Reproduksi
Barier (hambatan)
geografik dapat memungkinkan terjadinya pemisahan dua populasi (allopatric)
keadaan ini memungkinkan terjadinya isolasi reproduksi meskipun kedua populasi
tersebut berada dalam satu lingkungan kembali (sympatrik).
C. Macam-macam
Isolasi Intrinsik
1.
Mekanisme yang mencegah/menghalangi terjadinya perkawinan:
a. Isolasi ekogeografi
b. Isolasi habitat
c. Isolasi iklim/musim
d. Isolasi perilaku
e. Isolasi mekanik
a. Isolasi ekogeografi
b. Isolasi habitat
c. Isolasi iklim/musim
d. Isolasi perilaku
e. Isolasi mekanik
2. Mekanisme yang
mencegah terjadinya hibrida:
a. Isolasi gamet
b. Isolasi perkembangan
c. Ketidakmampuan hidup suatu hibrida
a. Isolasi gamet
b. Isolasi perkembangan
c. Ketidakmampuan hidup suatu hibrida
3. Mekanisme yang
mencegah kelangsungan hibrida:
a. Kemandulan betina
b. Eliminasi hibrida yang bersifat selektif
a. Kemandulan betina
b. Eliminasi hibrida yang bersifat selektif
D. Spesiasi
Sebagai Akibat Adanya Poliploid
Contoh : pada tanaman bunga Oenothera lamarckiana yang mempunyai 14 kromosom, karena adanya peristiwa gagal berpisah (non- disjungtion) terjadi keturunan dengan 28 kromosom yang kemudian diberi nama Oenothera gigas.
Kedua Oenothera tersebut dibedakan spesiesnya oleh karena pada persilangan antara keduanya akan menghasilkan keturunan yang triploid dan kemudian ternyata steril.
E. Radiasi
Adaptif
Contoh klasik radiasi
adaptif adalah variasi dari burung finch di kepulauan Gallapagos, perbedaannya
pada besar dan bentuk paruh, kebiasaan makan dan pada kelakuan yang lain.
F. Divergensi, Kepunaban, Konvergensi
F. Divergensi, Kepunaban, Konvergensi
Peristiwa radiasi
adaptif merupakan peristiwa dimana dari satu spesies timbul dua atau beberapa
spesies.
Kalau dibuat garis
keturunannya maka terlihat adanya garis-garis yang menyebar (divergen) oleh
sebab itu peristiwa ini disebut divergensi. Banyak sebab-sebab
kepunahan, antara lain karena perubahan alam sekitar yang begitu cepat yang
tidak dapat diikuti dengan adaptasi/ re-adaptasi makhluk hidup tersebut, juga
sebab-sebab biologik, seperti adanya peristiwa kompetisi antara organisme yang
mempunyai kebutuhan sama.
Konvergensi adalah peristiwa dimana dua makhluk atau lebih
menghuni tempat hidup yang sama, tetapi makhluk tersebut memiliki asal-usul
yang berbeda, hubungan yang jauh tetapi kemudian karena berada dalam tempat
yang sama mempunyai organ-organ yang fungsinya serupa.
1. Anatomi
Perbandingan
Dari studi anatomi
perbandingan dapat diketabui bahwa alat-alat fungsional pada pelbagai binatang
dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
a. Homologi
alat tubuh yang mempunyai bentuk yang berbeda dan fungsinya berbeda namun kalau diteliti mempunyai bentuk dasar sama.
b. Analogi
alat-alat tubuh yang mempunyai bentuk dasar yang berbeda namun karena perkembangan evolusi yang konvergen alat-alat tersebut mempunyai fungsi yang sama.
a. Homologi
alat tubuh yang mempunyai bentuk yang berbeda dan fungsinya berbeda namun kalau diteliti mempunyai bentuk dasar sama.
b. Analogi
alat-alat tubuh yang mempunyai bentuk dasar yang berbeda namun karena perkembangan evolusi yang konvergen alat-alat tersebut mempunyai fungsi yang sama.
2. Embriolog
Perbandingan
Embrio hewan bersel
banyak mengalarni kesamaan perkembangan embrio, berawal dari zygot → blastula →
gastrula, kemudian mengalami diferensiasi sehingga terbentuk bermacam-macam
alat tubuh.
Ernest Haeckel,
mengatakan tentang adanya peristiwa ulangan ontogeni yang serupa dengan
peristiwa filogeninya, dia sebut teori rekapitulasi.
Cotoh: adanya
rekapitulasi adalah perkembangan terjadinya jantung pada mamalia yang dimulai
dengan perkembangan yang menyerupai ikan, selanjutnya menyerupai embrio amfibi,
selanjutnya menyerupai perkembangan embrio reptil.
3. Perbandingan
Fisiologi
Telah diketahui ada
kemiripan dalam faal antara pelbagai makhluk mulai dari mikroorganisme sampai
manusia, misalnya :
- kemiripan dalam kegiatan pernafasan.
- pembentukan ATP dan penggunaannya dalam pelbagai proses kehidupan adalah serupa pada hampir semua organisme.
- kemiripan dalam kegiatan pernafasan.
- pembentukan ATP dan penggunaannya dalam pelbagai proses kehidupan adalah serupa pada hampir semua organisme.
4.
Petunjuk-petunjuk Secara Biokimia
Digunakan uji
presipitin yang pada dasarnya adanya reaksi antara antigen-antibodi.
Banyaknya endapan yang terjadi sebagai akibat reaksi tersebut digunakan untuk menentukan jauh-dekatnya hubungan antara organisme yang satu dengan yang lainnya.
Banyaknya endapan yang terjadi sebagai akibat reaksi tersebut digunakan untuk menentukan jauh-dekatnya hubungan antara organisme yang satu dengan yang lainnya.
5.
Petunjuk-petunjuk Peristiwa Domestikasi
Menguhah tanaman
dan hewan liar menjadi tanaman dan hewan yang dapat dikuasai dan
bermanfaat sesuai dengan keinginan manusia adalah akibat dari peristiwa
domestikasi.
Contoh: penyilangan
burung-burung merpati, sehingga dijumpai adanya 150 variasi burung, yang di
antaranya begitu berbeda hingga dapat dianggap sebagai spesies berbeda.
6. Petunjuk-petunjuk dari alat tubuh yang tersisa
6. Petunjuk-petunjuk dari alat tubuh yang tersisa
Alat-alat yang
tersisa dianggap sebagai bukti adanya proses evolusi, alat-alat ini sudah tidak
berguna namun ternyata masih dijumpai.
Contoh : Pada
manusia :
- selaput mata pada
sudut mata sebelah dalam
- tulang ekor
- gigi taring yang runcing
- tulang ekor
- gigi taring yang runcing
7.
Petunjuk-petunjuk Paleontologi
Telah diketabui
bahwa fosil dapat digunakan sebagai petunjuk adanya evolusi.
Contoh : Urutan fosil kuda: dari Eohippus (kuda zaman Eosin) → Mesohippus →Merychippus → Pliohippus → Equas (kuda zaman sekarang).
Contoh : Urutan fosil kuda: dari Eohippus (kuda zaman Eosin) → Mesohippus →Merychippus → Pliohippus → Equas (kuda zaman sekarang).
a. Pendapat
Teilhard de Chardin mengenai proses evolusi
Proses evolusi dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu:
1. Tahap Geosfer:
Tahap ini adalah tahap pra-hidup, tahap perubahan yang terutama menyangkut perubahan tata surya.
Proses evolusi dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu:
1. Tahap Geosfer:
Tahap ini adalah tahap pra-hidup, tahap perubahan yang terutama menyangkut perubahan tata surya.
2. fahap Biosfer:
Kalau ada tahap geosfer yang menjadi masalah adalah adanya "loncatan" dari materi tak hidup menjadi "materi" hidup, maka pada tahap biosfer yang dimasalahkan adalah "loncatan" munculnya manusia.
Kalau ada tahap geosfer yang menjadi masalah adalah adanya "loncatan" dari materi tak hidup menjadi "materi" hidup, maka pada tahap biosfer yang dimasalahkan adalah "loncatan" munculnya manusia.
3. Tahap Nesosfer:
Menurut Teilhard,
yang penting pada makhluk, hidup dalam hal ini manusia adalah terjadinya
evolusi mengenai kesadaran batinnya yang semakin mantap.
b. Penetapan
Umur Fosil
Penetapan umur fosil dapat dilakukan 2 cara:
- Cara tidak langsung : yaitu dilakukan dengan mengukur umur lapisan bumi tempat fosil ditemukan.
- Cara langsung : yaitu dengan mengukur umur fosil itu sendiri.
Penetapan umur fosil dapat dilakukan 2 cara:
- Cara tidak langsung : yaitu dilakukan dengan mengukur umur lapisan bumi tempat fosil ditemukan.
- Cara langsung : yaitu dengan mengukur umur fosil itu sendiri.
Beberapa contoh
penetapan umur fosil :
1. Berdasarkan peristiwa laju erosi
2. Berdasarkan peristiwa laju sedimentasi
3. Kandungan garam
4. Penentuan umur dengan zat radioaktif
c. Evolusi Manusia
Fosil subhuman tertua adalah Australophitecus, wujudnya lebih menyerupai kera daripada manusia, kemudian muncul manusia kera dari Jawa, Pitecanthropus erectusyang hidup pada ± 500.000 tahun yang lalu, sudah lebih menyerupai manusia daripada kera, volume otaknya ± 1000 cc, sedang pada gorilla ± 600 cc dan pada manusia modern ± 1500 cc, subhuman yang lain adalah Homo neanderthalensis,makhluk ini hidup pada pertengahan akhir Pleistocene, ± 500.000 sampai 50.000 tahun yang lalu, orang beranggapan bahwa makhluk ini manusia primitif yang pertama. Secara tepat takdapat diketahui kapan manusia modern ini muncul, tetapi mungkin yang tertua adalah tengkorak Swanscombe yang umurnya 300.000 tahun dan mungkin sekali lebih tua lagi, yaitu sekitar 500.000 tahun yang lalu makhluk ini pun diduga berasal dari Pithecarthropus. Maunusia modern yang mengganti kanHomo neanderthalensis adalah manusia Cro-maguon yang hidup sekitar 50.000 - 20.000 tahun yang lalu.
LATIHAN SOAL
TRY AGAIN
1. Dibawah ini mana yang merupakan definisi dari evolusi adalah ...
1. Berdasarkan peristiwa laju erosi
2. Berdasarkan peristiwa laju sedimentasi
3. Kandungan garam
4. Penentuan umur dengan zat radioaktif
c. Evolusi Manusia
Fosil subhuman tertua adalah Australophitecus, wujudnya lebih menyerupai kera daripada manusia, kemudian muncul manusia kera dari Jawa, Pitecanthropus erectusyang hidup pada ± 500.000 tahun yang lalu, sudah lebih menyerupai manusia daripada kera, volume otaknya ± 1000 cc, sedang pada gorilla ± 600 cc dan pada manusia modern ± 1500 cc, subhuman yang lain adalah Homo neanderthalensis,makhluk ini hidup pada pertengahan akhir Pleistocene, ± 500.000 sampai 50.000 tahun yang lalu, orang beranggapan bahwa makhluk ini manusia primitif yang pertama. Secara tepat takdapat diketahui kapan manusia modern ini muncul, tetapi mungkin yang tertua adalah tengkorak Swanscombe yang umurnya 300.000 tahun dan mungkin sekali lebih tua lagi, yaitu sekitar 500.000 tahun yang lalu makhluk ini pun diduga berasal dari Pithecarthropus. Maunusia modern yang mengganti kanHomo neanderthalensis adalah manusia Cro-maguon yang hidup sekitar 50.000 - 20.000 tahun yang lalu.
LATIHAN SOAL
1. Adaptasi adalah ....
a. kemampuan organisme memenangkan kompetisi di wilayahnya
b. tempat hidup sejenis organisme tertentu
c. kemampuan organisme menyesuaikan diri dengan lingkungannya
d. kemampuan organisme untuk melestarikan jenisnya
2. Makhluk hidup yang mampu beradaptasi akan ....
a. punah
b. langka
c. lestari
d. terseleksi
3. Penyesuaian bentuk dan struktur tubuh dengan
lingkungannya disebut adaptasi ....
a. morfologi
b. fisiologi
c. tingkah laku
d. habitat
4. Kaki itik berbeda bentuknya dengan kaki ayam. Hal ini
termasuk adaptasi ....
a. morfologi
b. fisiologi
c. tingkah laku
d. makan
5. Kelangsungan hidup suatu makhluk hidup dapat dilihat
dari ....
a. tingkah lakunya
b. perkembangbiakannya
c. adaptasinya
d. habitatnya
6. Keturunan baru yang dihasilkan berasal dari bagian
tubuh induknya adalah ciri dari perkembangbiakan secara ....
a. aseksual
b. seksual
c. generatif
d. partenogenesis
7. Organisme yang berkembang biak tidak secara membelah
diri adalah ....
a. ganggang biru
b. bakteri
c. jamur
d. amuba
8. Perkembangbiakan yang menggabungkan sifat-sifat dua
tanaman adalah ....
a. cangkok
b. stek
c. okulasi
d. merunduk
9. Batang yang tumbuh mendatar atau menjalar di dalam tanah
disebut ....
a. umbi batang
b. rhizoma
c. geragih
d. umbi lapis
10. Tempat terjadinya proses penyerbukan adalah ....
a. kepala sari
b. kepala putik
c. tangkai putik
d. tangkai sariTRY AGAIN
1. Dibawah ini mana yang merupakan definisi dari evolusi adalah ...
a. Pewarisan sifat
organisme yang berubah dari generasi ke generasi berikutnya dalam jangka waktu
jutaan tahun.
b. Peroses adaptasi
terhadap lingkungan
c. Variasi dalam keturunan
d. perubaha perubahan
organisme akibat suatu genetika dalam jangka waktu yang pendek.
e. Peroses seleksi alam
2. Dbawah ini yang
merupakan ilmuan ilmuan yang mengemukakan tentang teori evolusi kecuali .....
a. De Lamarck
b. Charles Darwin
c. Lyell
d. August Weismann
e. Machaell Darwin
3. Evolusi merupakan
perubahan pada suatu individu yang disebabkan oleh lingkungan dan bersifat
diturunkan. Pendapat tesebut merupakan gagasan dari ....
a. De Lamarck
b. C.Darwin
c. Lelly
d. Antoni
e. August .W
4. Dibawah ini yang
merupakan pokok pokok pikiran darwin yangh sering kita jumpai dalam kehidupan
sehari – hari kecuali.....
a. Adanya Variasi
b. Adanya adaptasi terhadap
lingkungan.
c. Bertambah banyaknya
suatu populasi
d. Seleksi alam
e. Adanya penemuan posil posil
5. The origin spesies by
natural selection merupapakan buku yang dibuat darwin tentang evolusi..yang
menceritakan bahwa evolusi....
a. Spesies yang hidup
sekarang berasal dari nenek moyang., spesies yang hidup dipengaruhi oleh
seleksi alam , dan variasi.
b. Mahluk hidup berasal
dari benda mati
c. Mahluk hidup berasal
dari benda hidup
d. Spesies sekarang berasal
dari ledakan materi luar angkasa
e. Spesies sekarang berasal
dari bebatuan yang telah melapuk
6. Bapak evolusi adalah...
a. C.Darwin
b. Antonio p
c. Augus w
d. De lamarc
e. Hardy W
7. Isolasi yang diakibatkan
oleh keadaan alam berupa tempat adalah...
a. Isolasi geografis
b. Isolasi musim
c. Isolasi tingkah laku
d. Isolasi habitat
e. Isolasi mekanik
8. Dalam biologi ada 3
tentang asal usul mahluk hidup salah satunya adalah
a. Teori asal usul darwin
b. Teori abiogenesis
c. Teori evolusi
d. Teori pencipta
e. Teori big bang
9. Dibawah ini merupakan
bukti bukti adanya evolusi kecuali..
a. Adanya variasi dalam
keturunan
b. Fosil
c. Homologi organ tubuh
d. Perbandingan embriologi
e. Populasi semakin punah
10. Teori yang menceritakan
bahwa mahluk hidup dan alam diciptakan oleh tuhan....adalah
a. Teori Darwin
b. Teori Lamarck
c. Teori lelly
d. Teori intelligent designt
e. Teori abiogenesis
11. Teori abiogenesis
merupakan teori yang menceritakan asal usul mahluk hidup, yang mengemukakan
bahwa mahluk hidup....
a. Berasal dari benda hidup
b. Berasal dari benda mati
c. Berasal dari luar angkasa
d. Berasal dari ledakan
materi angkasa
e. Berasal dari zat kimiawi
yang telah ada pada masa lalu
12. Dibawah ini yang
menentang teori abiogenesis adalah...
a. F.redy dan Lazaro
S.
b. Darwin dan F Redy
c. Lazzaro dan De Lamarck
d. Antonio dan aristoteles
e. Aristoteles dan Hardy W
13. Francesko Redi
mengemukakan dari hasil penelitiannya bahwa mahluk hidup bersal dari....
a. Mahluk hidup
b. Benda mati
c. Zat kimia
d. Ledakan materi angkasa
e. Nenek moyang
14. Isolasi akibat adanya
penghalang fertilisasi berupa tingkah laku....merupaka isolasi
a. Isolasi gamet
b. Tingkahlaku
c. Geografis
d. Musim
e. mekanik
15. berikut ini merupakan
para ahli yang mengemukakan bahwa asal usul mahluk hidup bersamaan dengan
terbentuknya bumi adalah....
a. A.L Oparin
b. Antonia S
c. Melvin C
d. Stanley M
e. Harold Urey
16. Dari suatu survey pada
500 orang laki laki di suatu daerah, 20 orang menderita buta warna,ferekuensi
gen normal dalam populasi tersebut adalah....
a. 0,04
b. 0,2
c. 0,08
d. 0,96
e. 0,48
17. Diketahui 16% tidak
dapat merasakan pahitnya kertas PTC (tt) maka perbandingan genotif TT : Tt : tt
adalah...
a. 9 :12 : 4
b. 12 : 9 :4
c. 6 : 12 : 6
d. 9 : 4 : 12
e. 4 : 12 : 9
18. Jumlah penduduk kota
serang 90.000 dan terdapat 3600 yang albino,makan ferekuensi genetotif
heterozigot adalah....
a. 0,2
b. 0,04
c. 0,32
d. 0,80
e. 0,64
19. Spesimen apa yang
diginakan F Redy dalam melakukan penelitian tehdapa asal usul mahluk hidup
bahwa mahluk hidup berasal dari mahluk hidup....
a. Jerami
b. Daging segar
c. Kaldu
d. Ikan
e. Burung
20. Siapa yang mendukung
terhadap gagasan aristoteles bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati
adalah.....
a. Nedham
b. Antonio
c. Van L
d. Hardy W
e. Lazzaro S
Jawaban latihan :
1.a 11.b
2.e 12.a
3.a 13.a
4.e 14.b
5.a 15.a
6.a 16.a.
.7.a 17.b
8.b 18.b
9.e 19.b
10.d 20.a
No comments:
Post a Comment