Wednesday, June 8, 2011

SOAL SEL DASAR

Bagi saya nggak masalah soal ini dikerjakan atau .tidak ........dibaca atau tidak dibaca. namun ya udah saya dengan senang hati nemu soal di laci dari pada dibuang tidak bermakna saya Up Load aja siapa tahu berguna hahaha menghibur diri untuk hal yang ngak bermakna hehehe OK deh .....nyerah
SILAHKAN DIKERJAKAN SAMBIL MENUNGGU GURUNYA MASUK KELAS

  1. Terdapat tiga teori mengenai sel, yaitu sel merupakan unit struktural paling dasar dari makhluk hidup; sel adalah unit fungsional dari makhluk hidup; semua sel berasal dari sel lainnya melalui proses pembelahan.
  2. Sel tersusun atas tiga komponen utama, yaitu membran sel, inti sel (nukleus), dan sitoplasma.
  3. Membran sel tersusun atas molekul protein, fosfolipid, air, karbohidrat, dan sedikit kolesterol. Lapisan fosfolipid tersusun atas gugus lipid yang bersifat hidrofobik dan gugus fosfat yang bersifat hidrofilik.
  4. Inti sel (nukleus) merupakan bagian terpenting bagi kehidupan sel sebab nukleus mengendalikan seluruh aktivitas sel. Nukleus dibatasi oleh membran inti yang berfungsi melindungi inti sel dan sebagai tempat pertukaran zat antara materi inti dengan sitoplasma.  Inti sel tersusun atas cairan inti (nukleoplasma), anak inti (nukleolus), dan kromatin.
  5. Sitoplasma merupakan cairan koloid kompleks dari sel. Pada sitoplasma terdapat organel sel dan substansi yang tidak hidup. Di dalam sitoplasma berlangsung beberapa metabolisme sel, misalnya sintesis protein.
  6. Di dalam sel terdapat organel-organel, seperti mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, mikrobodi, dan sentriol.
  7. Terdapat perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Perbedaan tersebut berdasarkan ada atau tidaknya suatu bagian atau organel sel. Misalnya, dinding sel, kloroplas, dan plastida merupakan organel sel yang hanya terdapat pada tumbuhan.
  8. Sel terdiri atas dua tipe, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel prokariotik merupakan tipe sel yang tidak memiliki membran inti. Adapun sel eukariotik adalah tipe sel yang sudah memiliki membran inti.
  9. Sel membutuhkan zat atau molekul untuk menjalankan aktivitas metabolismenya. Kebutuhan tersebut difasilitasi dengan adanya transportasi zat-zat melalui membran sel. Transportasi zat-zat dibagi menjadi dua, yaitu transportasi pasif dan transportasi aktif.
  10. Transportasi pasif berlangsung melalui proses difusi dan osmosis. Adapun transportasi aktif berlangsung melalui proses transpor aktif, eksositosis, dan endositosis

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL